Kajian Moral Naskah Babad Dermayu Melalui Pendekatan Hermeneutik dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Cerpen Berbasis Kearifan Lokal di Kelas XI SMA

Krisnalianita Krisnalianita, Emah Khuzaemah, Tato Nuryanto

Abstract


Moral karya sastra adalah makna yang tekandung dalam cerita yang ditunjukkan untuk pembaca. Penelitian yang ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai-nilai moral yang terdapat dalam naskah Babad Dermayu, serta mendeskripsikan implementasi nakah Babad Dermayu sebagai bahan ajar cerpen di kelas XI SMA  Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode analisis naratif dengan teknik studi dokumentasi dan angket dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis konten dengan teknik deskriptif kualitatif. Wujud nilai moral yang terdapat dalam Naskah Babad Dermayu terbagi tiga jenis, (1) hubungan manusia dengan Tuhan yang berwujud keimanan dan akhlak kepada Tuhan, (2) hubungan manusia dengan diri sendiri yang berwujud sifat jujur, bekerja keras, sabar, baik hati, pemberani, rasa hormat, dan percaya diri,(3) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial berwujud kekeluargaan, persahabatan dan menghormati orang lain. Implementasi Naskah Babad Dermayu sebagai bahan ajar cerpen untuk kelas XI SMA dilakukan dengan cara membuat bahan ajar yang berbentuk

Keywords


karya sastra, naskah babad dermayu, moral, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’adun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Khuzaemah, Emah. 2018. Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Babad Cirebon Untuk Membina Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Menulis Kreatif. Dalam http://repositori.kemdikbud.go.id diunduh pada Kamis, 20 Juni 2019 Pukul 18.00 WIB

Kurniasih, Imas dan Berliani Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Surabaya : Kata Pena

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Samani, Muchlis dan Haryanto. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2014. Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wiyatmi, 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuriah, N. 2015. Pendidikan dan Moral Budi Pekerti dalam Perspektif Panduan Menggagas Planform Pendidikan Budi Pekerti Secara Konstektual dan Futuristik. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Krisnalianita Krisnalianita, Emah Khuzaemah, Tato Nuryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)