Eskalasi Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Media Gambar Seri dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Write

Tri Pardiansyah

Abstract


Eskalasi sebagai pendekatan dalam meningkatan keterampilan seseorang, khususnya dalam penguasaan berbahasa dalam bentuk tulisan, merupakan hal baru yang perlu diperhatikan. Penelitian ini memanfaatkan media gambar seri dan model  pembelajaran  kooperatif tipe think pair write yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan seseorang khususnya dalam menulis.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting) yang dilakukan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri dengan model pembelajaran Think Pair Write dapat mengeskalasikan keterampilan menulis siswa khususnya pada keterampilan menulis sebuah karangan. Di mana pada pelaksanaan siklus I, siklus II dan II terjadi eskalasi keterampilan menulis dengan kategori sangat baik.


Keywords


eskalasi, keterampilan menulis siswa dan media gambar seri

Full Text:

PDF

References


Ani, Selvi. 2013. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Write dengan Menggunakan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Tarakanita 2 Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi PGSD UNJ.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 77. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1904

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jajarta: Bumi Aksara.

Arsjad, G. Maidar. 1993. Pembinaan Hasil menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bazerman, M. H. (1994). Judgement in Managerial Decision Making 2 nd Edn, 534–537.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fatmawati, A. (2019). Penggunaan Media Tayangan Film Pendek Dalam. Disastra, 1(September 2018), 15–27. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1461/1252

Kagan, Spencer. 1993. Cooperative Learning. San Juan Capistrano: Kagan Cooperative Learning.

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.

Soeparno. 1988. Media pembelajaran bahasa. Jakarta: PT. Intan Pariwara.

Sudjana, Nana dan Rivai. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suhartono. 2005. Dasar-dasat Menulis Karangan. Bengkulu: FKIP UNIB.

Susanto,Edi. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thnik Pair Write melalui Pemanfaatan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Kelas V SD Negeri 61 Kota Bengkulu”. Skripsi. Bengkulu: PGSD FKIP UNIB.

Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: FKIP UNIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tri Pardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)