Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (Tuter Tensi)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Chaedar dan Alwasilah. (2004). Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaingan Global. Bandung: Andira.
Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VII A Smp Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 77–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1904
Efnawarty. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi dengan Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Debat pada Siswa Kelas VIII H Smp Negeri 1 Rejang Lebong. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 78–89. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1903
Gunawan, I. S. E. E. M. H. (2012). Contextual Teaching And Learning Approach To Teaching Writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 2, 10–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17509/ijal.v2i1.70
Ibda, Hamidulloh. (2019). Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Ibda, Hamidulloh; Wahyuningsih, Effi. (2019). Improving Students’ Skill of Writing Scientific Articles Through ‘One Semester One Book’ Writing Program. International Journal of English Education and Linguistics, 1, 10–23. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/ijee/article/view/483/0.
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Jakarta: Gaung Persada.
Pardiyono. (2007). Pasti Bisa!! Teaching Genre Based Writing (1st ed.). Yogyakarta: Andi.
Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6, 1–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v6i1.159.
Peterson, P. W. (2003). Developing Writing Writing Skills: Practice Book for ESL Beginning/Intermediate Level (2nd ed.). Washington, DC: Materials Development and Review Branch The English Language Programs Division United States Information Agency.
Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. (K. Saifuddin, Ed.) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Samad, D. (1997). Dasar-dasar Meresensi Buku (1st ed.). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Soffalina, Y. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/ 2010. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/8439/
Supriyanti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi Menggunakan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pembelajaran 2016-2017. Universitas Mataram. Retrieved from http://eprints.unram.ac.id/3033/1/SUD SUPRIYANTI_E1C013047.pdf.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thalia, L. E. R. N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulisis Imiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13, 178–189. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/4833
Wardani, P. K. (2012). Hubungan Minat Menulis Resensi dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Widya Gama Malang. Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelE4B28BEA6B9F3AA2F0461E3523886590.pdf
Wijanarko, A. G. (2019). Strategi Tua Tuo Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara (Tembang Macapat). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4, 8 – 41. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v4i1.479
Wray, M. W. A. (2011). Critical Reading and Writing for Postgraduates (2nd ed.). London: SAGE Publications Ltd.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hamidulloh Ibda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)