ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BAHAN AJAR KELAS MENYIMAK PROGRAM BIPA IAIN SURAKARTA

Tiya Agustina, Wahyu Oktavia

Abstract


Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) merupakan program yang membahas bahasa Indonesia yang meminta para penutur asing. Bertujuan agar siswa dapat belajar dengan efektif untuk menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Komponen dalam program pembelajaran BIPAerbitkan RPP, silabus, dan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis yang digunakan menggunakan analisis kesalahan (analisis koreksi). Hasil analisis menunjukkan kesalahan pada bahan ajar menyimak IAIN Surakarta ada dalam tataran ejaan, fonologi, sintaksis, dan semantik. Pada klasifikasi tataran, variasi variasi yang digunakan pada huruf kapital, huruf cetak miring, dan tanda baca.Pada klasifikasi tataran fonologi, terjadi beberapa kesalahan pelafalan yang menyebabkan perubahan fonem, menggunakan fonem, dan penghilangan fonem suatu kata. Dari pelafalan huruf vokal, konsonan, gabungan konsonan, dan gugus konsonan. Pada klasifikasi tataran sintaksis, terjadi beberapa kesalahan pada struktur kalimat, estimasi tidak ada predikat, subjek, dan tidak berlebihan. Pada klasifikasi tataran ditemukan beberapa kesalahan pemilihan kata (diksi) dalam suatu kalimat. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya pengaruh bahasa lisan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu faktor internal yang berkaitan dengan pengetahuan pengajar BIPA tentang bahasa, sedangkan faktor eksternal yaitu pelaksanaan program yang merupakan rintisan awal. 

Keywords


bahan ajar, BIPA IAIN Surakarta, kesalahan berbahasa

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, G. (1991). Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.

Kridalaksana, H. (2010). Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lexy J. M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2014). Tata Bentuk Bahasa Indonesia: Kajian ke Arah Tata Bahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasucha, Y., Muhammad R. & Agus B. W. (2009). Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.

Oktavia, W. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bidang Morfologi Terhadap Jual Beli Online di Instagram. J. Jalabahasa, 14(1), 76-86.

Pateda, M. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramlan, M. (2001). Morfologi Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono. .

.(2005). Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Rohmadi, M., Yakub N. dan Agus B. W. (2013). Morfologi: Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Santoso, J. (2003). Diktat Pegangan Kuliah Semantik. Yogyakarta: FBS UNY.

Setyawati. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, H. G. dan Djago T. (2011). Pengajaran AnalisisKesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ullman, S. (2007). Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tiya Agustina, Wahyu Oktavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)