ARTISTIC SUPERVISION DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN
Abstract
ABSTRACT
The quality of Indonesian learning has decreased, this is due to significant disruption to teaching and learning activities globally. Effective and quality supervision is one of the keys to challenges in the education system. Therefore, artistic supervision aims to make changes, especially in the school environment. Therefore, this research analyzes Artistic Supervision in Improving the Quality of Learning. By using literature methods that focus on artistic supervision, the quality of education and the stages of artistic supervision in improving the quality of learning. This research aims to describe artistic supervision of learning quality and the implementation of artistic supervision in improving the quality of learning. This research concluded that artistic supervision extends to the psychological and geological problems of a teacher. Supervision plays an important role in improving the quality of learning. Improving the quality of learning can be done through developing models of learning activities. Artistic supervision views everything as fun, everything has meaning and can speak. The action that must be taken by the supervisor in determining the composition of the learning arrangement is to determine the strategic steps for implementing an artistic approach according to the function and position of the learning aspect.
Keywords: Supervision, Artistic Supervision, and Learning Quality.
ABSTRAK
mutu belajar Indonesia mengalami penurunan hal ini disebabkan oleh gangguan yang signifikan terhadap kegiatan belajar mengajar secara global. Supervisi yang efektif dan bermutu menjadi salah satu kunci pada tantangan dalam sistem pendidikan. Karenanya supervisi artistik dengan bertujuan untuk melakukan perubahan khususnya di lingkungan sekolah. Karenanya penelitian ini menganalisis mengenai Artistik Supervision dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Dengan mengunakan metode kepustakaan yang berfokus pada supervisi artistik, mutu pendidikan dan tahap-tahap supervisi artistik dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi artistik mutu pembelajaran dan implementasi supervisi artistik dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini disimpulkan bahwa supervise artistik menjangkau hingga ke masalah psikologi dan geologis seorang guru. Supervisi berperan penting dalam peningkatan mutu pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran dapat dilakukan melalui pengembangan model kegiatan pembelajaran. Supervise artistik memandang segala sesuatu menyenangkan segalanya memiliki makna dan dapat berbicara tindakan yang harus dilakukan oleh supervisor dalam menentukan komposisi aransemen pembelajaran adalah menentukan langkah-langkah strategi penerapan pendekatan artistik sesuai fungsi dan posisi aspek pembelajaran.
Kata kunci: Supervisi, Artistic Supervision, dan Mutu Pembelajran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Djailani, Achmad. 2023. Pengantar Supervisi Pembelajaran: Teori dan Implementasi, (Makassar: Nas Media Pustaka.
Elminiarti, Desi. 2017. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Konerja Guru di SMP N 8 Kabupaten Kaur. Jurnal An-Nizom. Vol. 2. No. 1.
Fauzi, Ali, Prim Masrokan, dan Rony Harsono. 2023. Implementasi Pembinaan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Nganjuk. Jurnal SAJIEM. Vol. 4 No. 1.
Febriansyah, Dodi. 2017. Tesis: Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran. STAIN Curup.
https://lestari.kompas.com/read/2023/12/09/130000486/pisa-2022--literasi-membaca-indonesia-catatkan-skor-terendah-sejak-2000. Diakses pada tanggal 13 November 2023. Pukul: 08.30 WIB.
Imron, Ali. 2022. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Iqbal, Moch. "Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu." Madaniyah 13.1 (2023): 84-97. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.608
Iqbal, Moch. "Analisis Posisi Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia." Inspirasi: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial 20.2 (2023): 873-881. 10
Maunah, Binti. 2017. Supervisi Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Yogyakarta: KALIMEDIA.
Ramadina, Evy. 2021. Aktualisasi Supervisi Artistik dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Attractive. Vol. 3 No. 1.
Rodliyah. 2014. Supervisi Pendidilan & Pembelajaran. Jember: STAIN Jember Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i1.5104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.