Analisis SEM Faktor Pengembangan Life skill dan Manajemen Organisasi Siswa Terhadap Karakter Peserta Didik

Maya Puspitasari, Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo

Abstract


ABSTRACT

 The aim of this quantitative research is to explain the influence of life skill development and student organization management on the character of students at the State Madrasah Tsanawiyah, East Aceh Regency. The research method is quantitative research using the SEM-PLS model on 120 Madrasah Tsanawiyah students with Accreditation A status in East Aceh Regency. The data collection technique was carried out using a questionnaire. The results of the research show that developing life skills influences student character with a t-statistic value of 8.201 and a significant P-value of 0.000 or less than 0.05 and the original sample value of 0.495. Student organization management influences student character, based on the t-statistics table, which is 6.193 with a significance P-value of 0.000 or less than 0.05 and has an original sample value of 0.385. The R-Square value is 0.633, meaning that the Lifeskill Development variable and the Student Organization Management variable are able to explain their influence on the Student Character variable by 63% while the remaining 37% is influenced by other variables outside the model studied.

 

Keywords: Student Character, Lifeskill Development, Student Organization Management

 

                                                 ABSTRAK

Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengembangan life skill dan manajemen organisasi siswa terhadap karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Aceh Timur. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model SEM-PLS terhadap 120 siswa Madrasah Tsanawiyah berstatus Akreditasi A di Kabupaten Aceh Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan life skill berpengaruh terhadap karakter siswa dengan nilai t-statistic sebesar 8,201 dan signifikan P-value sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dan nilai original sample sebesar 0,495. Manajemen organisasi mahasiswa berpengaruh terhadap karakter mahasiswa, berdasarkan tabel t-statistik yaitu 6,193 dengan nilai signifikansi P-value sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 dan memiliki nilai original sample sebesar 0,385. Nilai R-Square sebesar 0,633 artinya variabel Pengembangan Lifeskill dan variabel Manajemen Organisasi Siswa mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel Karakter Siswa sebesar 63% sedangkan sisanya 37 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti.

 

Kata kunci: Karakter Peserta Didik, Pengembangan Lifeskill, Manajemen Organisasi Siswa


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdillah, and J. Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi

Ahmad Abdul Karim, Muhammad Yuda Firdaus, Rizky Kurnia Dewi, Yuliani, Dian Hartati. 2021. Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (SeBaSa) SINTA 4 Vol. 2 No. 2. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3947

Ananto, P. (2019). Life Skills Education Approach untuk Mengembangkan Pendidikan Karakter di SMP. EPIGRAM (e-journal), 16(1).

Anwar. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education), Cetakan Ke-4, Jakarta: Alfabeta

Badan Pusat Statistik. 2022. Aceh Timur in Figures. Kabupaten Aceh Timur

Bastian, D.A. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.

Bungin, Burhan. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Depok: Prenadamedia.

Candra Wijaya, Dr, and Muhammad Rifa’i. Dasar Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien. Perdana, 2016. http://repository.uinsu.ac.id/2836/.

Eko Handoyo dan Tijan. 2010. Model pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman universitas Negeri Semarang, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, Semarang: Widya Karya Press

Erika Maulita Zuliyawati. 2020. Integrasi Pengembangan life skill Dengan Pembelajaran Matematika Untuk Menguatkan Karakter Siswa, Prosiding Seminar Nasional, Pusat Pendidikan Karakter, Bimbingan Konseling dan Layanan Psikologi, Universitas Negeri Surabaya

Ferdinand Augusty. 2006 Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali. 2015 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Hajar, S., Tinus, A., & Budiono, B. 2019. Pembinaan Kesiswaan Untuk Penumbuhan Dan Penguatan Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan OSIS. Jurnal Civic Hukum, 4(1)

Harsanto. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Indah Suraya, Masalah Pendidikan di Indonesia. 2015. https://www.kompasiana.com/indahsuraya/54f5f384a333117a028b46b6/masalah-pendidikan-di-indonesia diakses tanggal 10 Desember 2022

Info, Article. “Development of Life Skills Education as Character Building” 2, no. 1 (2021): 116–35. https://doi.org/10.12928/ijemi.v2i1.3195.

Iswan, & Herwina. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial R.4.0. In Iswan & Herwina (Eds.), Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan, Jogjakarta: Diva Press

Jannah, M, H Latuconsina, and A Widiarti. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Perkembangan Life Skill Peserta Didik Kelas Xi Smk Putra Rifara Kabupaten ….” Jbes, 2021. http://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/2612

John Echols. 2005. Kamus Popular, Jakarta: Rineke Cipta Media




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i1.5100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.