EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SD BONTANG
Abstract
ABSTRACT
One indicator of the success of an educational institution is the extent to which evaluation activities are carried out. The purpose of this study was to evaluate the implementation of the Independent Curriculum using the CIPP evaluation model which focuses on context, input, process and product. The sample used was
39 respondents who are class and subject teachers at elementary schools in Bontang City who are implementing the Merdeka Curriculum for the 2022-2023 school year. Sampling used a purposive sampling method, and questionnaires were sent online via the Google form. Based on the research results show that
(1). The implementation of the Independent Curriculum in elementary schools has been running quite effectively and efficiently even though in terms of implementation it is still not optimal; (2). Obstacles in the implementation of the Independent Curriculum are a continuous assessment system and fun learning methods; (3). Some strategies that can be pursued by teachers in overcoming obstacles are (a) designing fun and game-based learning; (b). online-based independent training and technical guidance on the implementation of the Independent Curriculum. The conclusion of this study is that teachers must be role models for students and can inspire students to develop their creativity. In addition, teachers need to upgrade their competence so that they can continue to learn to implement differentiation learning that is fun and pro- student.
Keywords: Curriculum Evaluation, Implementation of Independent Curriculum, CIPP Model.
ABSTRAK
Salah satu indikator keberhasilan suatu lembaga pendidikan adalah sejauh mana kegiatan penilaian (evaluasi) dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan model evaluasi CIPP yang terfokus pada konteks, masukan, proses, dan produk. Sampel yang digunakan berjumlah 39 responden yang merupakan guru kelas dan mata pelajaran di SD di Kota Bontang yang melaksanakan Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2022-2023. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan kuesioner dikirim secara online melalui Google formulir. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1). Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar sudah berjalan cukup efektif dan efisien walaupun dalam segi pelaksanaannya masih belum maksimal; (2). Hambatan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah sistem penilaian asesmen yang berkelanjutan dan metode pembelajaran yang menyenangkan; (3). Beberapa strategi yang dapat diupayakan oleh guru dalam mengatasi hambatan yaitu (a) mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis gameeducation; (b). pelatihan mandiri berbasis online dan bimbingan teknis tentang implementasi Kurikulum Merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru harus dapat menjadi teladan (role model) bagi siswa dan dapat menginspirasi siswa untuk menumbuh kembangkan kreativitasnya. Selain itu, guru perlu mengupgrade kompetensi dirinya supaya dapat terus belajar mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang menyenangkan dan berpihak pada siswa.
Kata kunci: Evaluasi Kurikulum, Implementasi Kurikulum Merdeka, Model CIPP.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Cholily, Yus M. “Unit 3: Model Kurikulum.” Pengembangan Kurikulum SD (2008): 9–39. http://scholar.google.com/scholar?start=120 &hl=en&as_sdt=2005&sciodt=0,5&cites=233 3046083361203433&scipsc=#7.
Isa, Asrosi dkk. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Edukatif: JurnalIlmu Pendidikan 4, no. 3 (2022):
–3423.
Kurniawati, Esti Wahyu. “Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product).” Jurnal GHAITSA Islamic Education Jurnal Volume 2, no. 1
(2021): 24.
Laksono, Tio Ari, and Imania Fatwa Izzulka. “Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan4, no. 3 (2022): 4082–4092.
Makarim, Nadiem. “Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. (2022, February 11). Retrieved April 27,
,” 2022. website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/202 2/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-
untuk-atasi-krisis-pembelajaran.
Maulana, Muhammad Azka, Ubaedillah Ubaedillah, and Zaki Fauzan Rizqi. “Hubungan Level Good Governance Kepala Sekolah Dengan Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” The Academy Of Management and Business 1, no. 3 (2022):
–144.
Muhtifah, Lailial. “Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al-Qalam 22 (2005). https://media.neliti.com/media/publications/2 82993-evaluasi-pendidikan-dalam-perspektif- al-d10d04aa.pdf.
Nurindah, Leni, Lailatul Fitriana, Nur Ahid, Guntur Eko Prasetiyo, and Iin Daratista. “Kebijakan Pokok Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia.” Journal On Teacher Education 4, no. 2 (2022): 1505–
Saufi, Akhmad, and Hambali Hambali. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen PendidikanIslam3, no. 1 (2019): 29–54.
Sovinah, Nurul.dkk. Pengembangan Kurikulum.
Riau: Dotplus, 2022.
Tsani, I, A Arsyadana, S Sufirmansyah, and E Shafira. “Evaluasi Model CIPP Pada Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1), 17–45.” Al-
Tadzkiyyah … 12, no. 1 (2021): 17–45. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ta
dzkiyyah/article/view/8165%0Ahttp://ejourn al.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/arti cle/viewFile/8165/4594.
Turmuzi, Muhammad, I Gede Ratnaya, Syarifa Wahidah Al Idrus, Anak Agung Inten Paraniti, and I Nyoman Bagus Suweta Nugraha. “Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Dan Product).” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022):
–7232.
Zamzam, Fatimah. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadis Rasulallah Saw.” Jurnal
iSablarrasyad11, no. 2 (2017): 72.
Zuhdi, Atabik dan Ahmad. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. VIII. Yogyakarta: Multi Karya Krafika, 1998.
Zuyyinah. “Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka (Hari Ke-327).” Gurusiana. Last modified 2022.
https://www.gurusiana.id/read/zuyyinah/artic le/evaluasi-implementasi-kurikulum-merdeka- hari-ke-327-1449840
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i1.3914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.