EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU

Agus Firnadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian evaluatif yang menggunakan model evaluasi Context Input Process Product (CIPP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat ketercapaian penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar (SD) di Kota Bengkulu dilihat dari aspek CIPP; mengetahui faktor-faktor dominan yang mempengaruhi tingkat ketercapaian penyelenggaraan pendidikan inklusif tingkat SD Kota Bengkulu; dan merumuskan rekomendasi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 17 Sekolah Dasar penyelenggara pendidikan inklusif yang diperoleh melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui pengisian instrumen kuesioner berbasis CIPP dengan partisipan 1 orang kepala sekolah dan 4 orang guru yang mengajar dari masing-masing sekolah. Saran dan rekomendasi juga diperoleh melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan perwakilan masing-masing sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pelaksanaan pendidikan inklusif di 17 sekolah sangat bervariatif dengan skor ketercapaian tertinggi adalah 83% skor ketercapaian terrendah adalah 22%. Faktor dominan yang mendasari kurangnya skor ketercapaian antara lain kurangnya ketersediaan Guru Pembimbing Khusus (GPK), kurangnya kompetensi dan kualifikasi GPK yang ada, dan kurangnya pemahaman guru-guru reguler terhadap kebutuhan peserta didik khusus. Faktor yang mengikuti selanjutnya adalah keadaan fasilitas dan alat bantu yang minim pada setiap sekolah, bangunan yang belum aksesibel, kekurangan alokasi dana dalam penyelenggaraan, hingga kurang kerjasama dengan pihak luar terkait kebutuhan pelayanan peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Kata Kinci : Evaluasi, Pendidikan Inklusif, CIPP

 

 

Abstract

This research is an evaluative study using the Context Input Process Product (CIPP) evaluation model. The purpose of this study is to describe the level of achievement of implementing inclusive education in elementary schools (SD) in Bengkulu City from the CIPP aspect; knowing the dominant factors that influence the level of achievement in implementing inclusive education at the elementary school level in Bengkulu City; and formulate appropriate recommendations to improve the quality of implementing inclusive education in Bengkulu City Elementary Schools. This study uses a quantitative method with a descriptive approach. The research sample consisted of 17 elementary schools providing inclusive education which were obtained through a random sampling technique. The data was obtained through filling out the CIPP-based questionnaire instrument with 1 school principal and 4 teachers from each school participating. Suggestions and recommendations were also obtained through Focus Group Discussions (FGD) with representatives from each school. The results showed that the conditions for the implementation of inclusive education in 17 schools varied greatly with the highest achievement score being 83% and the lowest achieving score being 22%. The dominant factors underlying the lack of achievement scores include the lack of availability of Special Guidance Teachers (GPK), the lack of competency and qualifications of existing GPK, and the lack of understanding of regular teachers on the needs of special students. Factors that follow next are the minimal condition of facilities and tools at each school, buildings that are not yet accessible, lack of allocation of funds in implementation, and lack of cooperation with outside parties related to the service needs of students with special needs.

 

Keyword : Evaluation, Inclusive Education, CIPP

 

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainscow, M., Booth, T., & Black-Hawkins, K. Vaughan, M., & Shaw, L., (2000). Index for Inclusion: Developing Learning and Participation in Schools. Bristol, UK: Centre for Studies on Inclusive Education (CSIE)

Alkin, D.C. (1969). Evaluation Theory Development Eduction Comment. New Bury. Dark L.A: Sage

Arikunto, S. (1993). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Arikunto,

S. dan Cepi, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis

Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, dkk. (2018). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ISSN 2338-3372 (print), ISSN 2655-9269 (online)

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang- undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS

Effendi, S. (2014). Metode Penelitian Survei.

Jakarta: LP3ES

Fitzpatrick, dan Jody L., dkk. (2004) Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines, New York : Pearson Education,

Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks. CA: Corwin Press.

Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional Children: An introduction to special education (10th ed.). Boston: Pearson

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

Junanto, S. & Kusna, N. A (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusif dengan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). INKLUSIF : Journal of Disability Studies Vol. V, No 2 Juli – Desember 2018 h. 179 – 194 DOI:

14421/ijds.050202

Kantun, S. (2016). Penelitian Evaluatif sebagai salah satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 10 No 2.

Kaufman, R., & Thomas, S. (1980) Evaluation without fear. New York: New. Viewpoints

Madaus, G.F., Scriven, M.S., dan Stufflebeam, D.

L. (1983) Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing

Marthan, L. K. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Mehta, S., Bastero‐Caballero, R.F., Sun, Y., Zhu,R., Murphy, D.K., Hardas, B. & Koch,G. (2018). Performance of Intraclass Correlation Coefficient (ICC) as a Reliability Index under Various Distributions in Scale Reliability studies. Statistics in medicine. 37 (18): 2734-

Mugiri dan Lestari. (2013). Instrumen Evaluasi Program Dana BOSS Model CIPP.

Journal of Research and Educational Research Evaluation. Vol 2 No 1.

Muhajir. (1993). Analisa Kebijakan Sosial.

Yogyakarta: UGM

Mulyatiningsih, E. (2011). Evaluasi Proses Suatu Program. Jakarta: Bumi Aksara Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Muyasaroh dan Sutrisno (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi CIPP Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 18, No 2 (2014)

NKRI. (2014). Peraturan Wali Kota Surakarta Nomor 25-A Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.

NKRI. (2013). SK Bupati No. 421.2/256 Tahun

tentang Penetapan Sekolah Penyelenggara Inklusif

NKRI. (2014). Keputusan Bupati No. 425.1/106/02/2014 tentang Penetapan Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar Nunnally, & Bernstein, I.H. (1994). Psychometric Theory, Edisi ke 3. New York : McGraw Hill

Owen, J. M. (1993). Program Evaluasi: Forms and Approaches. St. Leonards: Allen & Unwin Pty Ltd

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional. (2009). Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif. Jakarta : DEPDIKNAS

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2010). PP Nomor 17 tahun 2010 Tentang. Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PPRI

Purwanto, dkk. (2007). Pengembangan Modul. Pusat Teknologi Informasi dan. Komunikasi. Jakarta : DEPDIKNAS

Provus, M. (1971). Discrepancy Evaluation for Educational Program Improvement and Assessment. Barkeley, California: Mc Cutchen Pu. Corp.

Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama

Sakni, R. (2008). Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan. Palembang : Rafah Press

Scriven, M. (1967). The Methodology of Evaluation, dalam Perspective of Curriculum Evaluation, AERA l (ed.Tyler, R.et.al), Chicago : Rand McNally and Company.

Stake, R, E. (1967). The Countenance of Educational Evaluation. Teachers. College Record.

Stake, R. E. (1973). 17 PROGRAM EVALUATION, PARTICULARLY RESPONSIVE EVALUATION. (October 1973), 287–288

Stark, J. S., dan Thomas, A. (1994). Assessment and Program Evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.

Stubbs, S. (2008). Inclusive Education: Where there are few resources. Oslo: Atlasalliance

Stufflebeam, D. L. & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation, Theory, Models, and Applications: Second Edition. San Fransisco : Jossey-Bass

Stufflebeam, D. L., dan Shinkfield, A. J. (1986). Systematic Evaluation: A Self- Instructional Guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunaryo. (2009). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa). Bandung: PLB FIP UPI

Sukandarrumidi. (2004). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada

Sutikno & Muzayanah. (2011). Modul kuliah Evaluasi Program. Jakarta

Syahril. (2014). Evaluasi Model CIPP pada Implementasi KTSP Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Sport Pedagogy Vol. 4. No. 1. April 2014

Tarmansyah. (2007). Pendidikan Inklusif. Jakarta : Erlangga

Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

UNESCO. (2005). Guidelines for Inclusion: Ensuring Access to Education for All. France

:UNESCO

Wirawan. (2012). Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakrta : Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i3.3900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.