ANALISIS KINERJA GURU DALAM KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PAI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MUSI RAWAS

Suwasno Suwasno

Abstract


Berdasarkan data yang diperoleh pada awal observasi dan kunjungan terhadap beberapa guru Pendidikan Agama Islam di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas ditemukan bahwa kinerja guruPendidikan Agama Islam sebagian besar telah memenuhi persyaratan sebagai guru profesional, akan tetapi masih terdapat guru PAI yang memerlukan perhatian khusus dalam upaya peningkatan kinerja melalui wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru Pendidikan Agama Islam, mendeskripsikan kegiatan MGMP PAI pada SMP di Kabupaten Musi Rawas, dan mengukur hasil kinerja guru Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti kegiatan MGMP PAI pada SMP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data-data diper-oleh dari dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa deskriptif. Untuk menetapkan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan keabsahan (trustworthiness) data dilakukan melalui uji kredibilitasdengan cara : triangulasi dan uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji konfirmabilitas atau uji kepastian. Hasil penelitiannya mennjukkan bahwa ada peningkatan kinerja guru PAI pada SMP di Kabupaten Musi Rawas setelah mengi-kuti kegiatan MGMP PAI.Hasil kinerja kegiatan MGMP PAI berupa seperangkat kesepakatan bersama antar guru PAI baik, kebijakan atau hasil kerja berupa pembuatan soal USBK, UKK, perangkat pembelajaran yang disusun oleh Guru PAI. Faktor pendukungnya Kinerja Guru PAI adalah adanya kerja sama yang baik antar guru PAI, Kepala Sekolah, Kepala Kantor Kemen-terian Agama, Dinas Pendidikan dan segenap stakeholder di Pemkab Musi Rawas , sedangkan Faktor penghambat kinerja guru PAI adalah kondisi geografis sekolah, sulitnya transportasi dan komunikasi kemampuan memanfaatan IT.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Teori Aplikasi Pengembangan dan Te-laah Kurikulm PAI di SLTP dan SLTA, IAIN Raden Fatah Press: Palembang, 2008

Abdurrahman,Dudung. Pengantar Metode Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Galang Press : Yogyakarta, 2000

Al-Ghazali, ( terj.), Ihya Ulumuddin, Bintang Cemer-lang : Yogyakarta, 2011

Al-Qur’an al-Karim, 2012. Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 2, Kemenag RI : Jakarta

-------, Tafsir Jalalain Jilid 1, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2011

-------, Tafsir Ibnu Katsir, Gema Insani : Jakarta, 2012

Ametembun,N.A., Supervisi Pendidikan, Suri : Band-ung, 2007

Amstrong, Michael dan Angela Baron. Performance Management. Intitute of

of Personel and development : London, 1998 Anggaran Dasar MGMP PAI SMP Kabupaten Musi

Rawas Tahun 2015

Arief, Armai, Pengantar Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Press : Jakarta, 2012

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Bima Aksara : Jakarta, 1989 Danim, S., Inovasi Pendidikan, CV. Pustaka Setia :

Bandung, 2012

Departemen Agama RI, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Dirjend Kelembagaan Agama Islam : Jakarta, 2004

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka : Jakarta, 1997

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research (Untuk Penulisan Laporan, Skripsi, Tesis

dan Disertasi Jilid 2), Andi Offset : Yogyakarta, 2004 Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, PT. Mentari Uta-

ma Unggul, Jakarta, 2013

Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5371 Ta-hun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Pemenuhan Beban Kerja Guru PAI Yang Bersertifikat Pen-didik

Kementerian Agama RI, Pedoman Penyelenggaraan Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS), Direk-torat Pendidikan Agama Islam : Jakarta, 2011

-------, Pedoman Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah, Direktorat

Direktorat Pendidikan Agama Islam : Jakarta, 2012

Lexi J Moeleong, Lexi J, Metodologi Penelitian Kuali-tatif, Bandung: Remaja Remaja Rosda Karya : Bandung, 2012

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Pergu-ruan Tinggi, PT. Raja Grafindo : Jakarta, 2009

Notoatmodjo, Soekidjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta : Jakarta, 2009

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pen-didikan Agama Islam pada sekolah

Permen PAN RB Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Ja-batan Fungsional Pengawas dan Angka Kredit-nya

Prastowo, Andi. Metodologi Penelitian Kualitatif da-lam Prespektif Rancangan

Penelitian, Ar-Ruzz Media : Yogyakarta. 2012

Shihab, M. Quraish, Menyingkap Tabir Ilahi : Al-As-maul Husnah dalam Perspektif Al-Qur’an, Len-tera Hati : Jakarta, 2006

Sudarmayanti,Sumber Daya Manusia dan Produktifi-tas Kerja, Mandar Maju Bandung, 2009

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Pe-nelitian kuantitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2008

Suharsono, Drajat, Metodologi Penelitian dan Penu-lisan Laporanilmiah, Bandung:Remaja Rosda Karya : Bandung, 1993

Suyitno, et.al. Panduan Penulisan Karya Ilmiah Pro-gram Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, PPs RF : Palembang, 2011

UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU RI Nomer 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Sinar Grafika : Jakarta

Wibowo, Manajemen Kinerja. Rajawali Pers : Jakarta, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.