IMPLEMENTASI MONITORING KEPALA MADRASAH DALAM MENGOPTIMALISASI KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU

Muhammad Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui proses monitoring kepala madrasah dalam mengoptimal-kan kinerja guru di Madrasah Aliyah Pancasila Bengkulu, 2) untuk mengetahui dampak upaya monitoring kepala madrasah dalam mengoptimalkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Pancasila Bengkulu Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah dan guru Madrasah Aliyah Pancasila Bengkulu.Tempat penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Pancasila Bengkulu Adapun metode pengumpulan datanya menggunakanteknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) monitoring yang dilakukan kepala madrasah dalam mengoptimalkan kinerja guru yaitu: a) mengikutsertakan guru dalamdiklat; b) menyediakan fasilitaas yang diperlukan dalam proses pembelajaran; c) menghimbau/ mengingatkan guru untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan; d) memberikan kebebasan kepada guru dalam penggunaan metode pembelajaran; e) menyediakan presensi dan mengecek secara berkala; f) melakukan pengaturan meja guru untuk mempermudah komunikasi; g) melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan pembelajaran; h) memberikan motivasi,arahan dan contoh kepada guru; i) memberikan teguran ke-pada guru yang kurangdisiplin; dan j) kepala madrasah terbuka dan memberikan teladan kepada guru. 2) monitoring tersebut bisa dikatakan efektif dalam mengoptimalkan kinerja guru sebabkinerja guru menjadi lebih baik dan tertib baik mulai dari merencanakan,melaksanakan pembelajaran hingga evaluasi/penilaian pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengem-bangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Ambar Teguh Sulistiani Rosidah. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

A Tabrani Rusyan. Upaya Meningkatkan Budaya Kin-erja Guru. Cianjur: CV Dinamika Karya, 2002.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Burhanudin. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Guru di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Davis, Keith dan John W. Newstrom. Perilaku dalam Organisasi, (Terjemahan Agus Darma). Jakarta: Erlangga, 1995.

Depdiknas Direktorat Pembinaan SMP. Pembakuan Bangunan dan Perabot SMP. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP, 2009.

Dwi Siswoyo, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogya-karta: UNY Press.

E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Fathoni Abdurrahmat. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cip-ta, 2006.

Gomez Meija, D.B. Balkin dan R.L. Cardy. Manajing Human Resources. USA: Prentice Hall, 2001.

H. Hamzah B. Uno. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Husen, Umar. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. Met-odologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Istijanto. Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta :

STIE YPKN, 2005.

Kartini Kartono. Pemimpin dan Kepemimpinan. Ja-karta: PT. Grafindo Persada, 1998.

Luthan, Fred. Organization Behavior (Prilaku Organ-isasi). Yogyakarta: ANDI, 2006.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : PT Remaja Rosda-karya, 2005.

Miftah Toha. Kepemimpinan dalam Manajemen. Ja-karta: PT Raja Grapindo, 2003.

Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2005.

Ngalim Purwanto. Administrasi dan Supervisi Pen-didikan. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002)

Nurul Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial dan Pen-didikan Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Peraturan Pemerintah RI. Standar Nasional Pendidi-kan. Jakarta : CV Eko Jaya, 2005.

Peter Watkin. A critical Review of Leadership Con-cepts and Research: The Implication for Educa-tional Administration. (Geelong: Deakin Univer-sity Press, 2002)

Rahman at all. Peran Strategis Kepala Sekolah da-lam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint, 2006.

Soedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produk-tivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju, 2009.

Siagian, Sondang P. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Jaya, 2002.

Siswanto, Bedjo. Manajemen Tenaga Kerja. Bandung:

Sinar Baru, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta , 2013.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:

PT Bumi Aksara, 2007.

Soekartawi. Monitoring dan Evaluasi Proyek Pendidi-kan. (Jakarta: Pustaka Jaya, 1995)

Wahjosumijo. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakar-ta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Or-ganisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta, 2009.

Wibowo. Manajemen Kinerja, Jakarta: PT Raja Grap-indo Persada, 2007.

Wirartha. Metodologi Penelitian, Andi: Yogyakarta, 2006.

Rusman. Model- Model Pembelajaran Mengembang-kan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Susilo Martoyo. Mamanjemen Sumber Daya Manusia Edisi 3.Yogyakarta: BPFE, 2000.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta:

Rineka Cipta, 2006.

Sulistyo (Ketua PB PGRI) artikel 2013 diakses pada tanggal 10 Februari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v4i1.1884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.