MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS JAALHAQ KOTA BENGKULU

Dahlia Dahlia

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Prosedur pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk menetapkan keabsahan (trustworthiness) data
diperlukan teknik pemeriksaan, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergan-tungan
(dependability) dan kepastian akan data dan hasil penelitian. Teknik analisa data meliputi editing, kategori, mendisplay
data dan penafsiran. Simpulan dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut: Pertama, perencanaan tenaga pendidik
Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu berjalan dengan baik yakni merekrut tenaga pendidik dan
kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu dengan menyeleksi administrasi berkas lamaran
pekerjaan dan tes kemampuan baca al-Qur’an serta tes micro teaching. Kedua, pelaksananaan tenaga pendidik di
Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu melalui pembinaan dari yayasan dua kali sebulan, pelatihan
kurikulum 2013 dan seminar pengembangan mutu guru. Ketiga, kepala sekolah mengontrol tenaga pendidik dengan
cara berkeliling ke ruang belajar selama proses pembelajaran berlangsung, memeriksa absensi tenaga pendidik melalui
finger print, dan jurnal pembelajaran di dalam kelas. Keempat, kepala sekolah menggunakan instrumen angket yang
disebarkan kepada siswa dan kotak saran untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan tenaga pendidik dan
kependidikan.


Full Text:

PDF

References


Anwar Arifin, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-undangSisdiknas. Ja-karta:Depag, 2003

B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT.Asdi Mahasetya, 2004

Crassidy dan Kreitner, Princples of Management. China: Western, 2011

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka, 1990

Hidayati. 2014. Manajemen Pendidikan, Standar Pendidikan, Tenaga Kependidikan dan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Talim Vol. 21

Jhon M. Echols danShadily, Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2010

Maisah, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2013

Muzyanah. 2014. Manajemen Madrasah sebagai Media Strategis Pendiidkan Karakter. Jurnal Analisa Volume 21

Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta:PT Asdi Mahasatya, 2004

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta: Kalam Mulia, 2002 Cet. ke-3

Richard L. Daft, New Era of Management. Canada: South-Western, 2010

Ricky W. Griffin, Management Principles and Practice. United State: South-Western, 2013

Rohiat,Manajemen Sekolah. Bandung:PT.Refika Aditama, 2009

Sadjili, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Pustaka Setia, 2006

Sthepen P. Robbins, David A. Decenzo dan Mary Coulter, Fundamental of Management. United State of America: Pearson, 2011

Undang-undang Guru dan Dosen, RI No. 14 Tahun. 2005. Jakarta: Bumi Aksara, 2005), Cet. ke-1




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i3.1833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.