EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU
Abstract
Rumusan penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana perencanaan program pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah Kota Bengkulu? Kedua, bagaimana pelaksanaan program pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah Kota Bengkulu? Jenis penelitian ini adalah deskriptif ev aluatif. Pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan utama adalah guru akidah akhlak. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa: Pertama, perencanaan program Pembinaan Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah
Kota Bengkulu efektif untuk diimplementasikan sebagai program pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Kota
Bengkulu dengan persentase sebesar 93,33%. Nilai pelaksanaan program Pembinaan Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah Kota Bengkulu sebesar 93,33% terletak pada > 75 % - 99 % dengan katagori efektif menunjukan bahwa
tingkat efektifitas pengelolaan program pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Bengkulu berada pada katagori
efektif dengan persentase sebesar 80%. Kedua, program pembinaan akhlak yang dilaksanakan di MTs Muhammadiyah
Kota Bengkulu antara lain: pertama, warung kejujuran, Tahsin Al-Qur’an, Shalat Dhuha dan Zuhur, kegiatan kultum
dan senyum sapa salam dilaksanakan dalam rangka men anamkan kebiasaan kepada siswa untuk selalu menebarkan
senyum, sapa dan salam.
Full Text:
PDFReferences
Nata Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nata Abuddin. 2007. Akhlak Tasawuf. Jakarta:PT. Grafindo Persada.
Asmaran. 1992. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta:PT Raja Grafindo.
Saebani Ahmad Beni danHamid Abdul. 2010. Ilmu Akhlak, Bandung: Pustaka Setia
Umary Barmawi. 1999. Materi akhlak. Jakarta: bulan bintang
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wahab Rohmalina. 2015.Psikologi Agama, Jakarta:Rajawali Pers
Rosyada Dede. 2004. Paradigma pendidikan demokratis. Jakarta: kencana
widoyoko Eko putro. 2009. Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Waseso Iksan. 2007. Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Iskandar. 2009. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: gaung persada pres
Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Hadi Sutrisno. 2001. Metode Research. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Arikunto Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bima Aksara.
Arikunto Suharsimi. 2012. Evaluasi Program Pendidikan.diposkan oleh Anan Nur pada 14 januari 2012
Arikunto Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan
Wirawan. 2011. Evaluasi teori, model, standar, aplikasi, dan profesi. Jakarta: Rajawali pers
Ilyas Yunahar. 2000 Kuliah akhlak. Jakarta: Rajagrafindo
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.