EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU

Eva Setia

Abstract


Rumusan penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana perencanaan program pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah Kota Bengkulu? Kedua, bagaimana pelaksanaan program pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah Kota Bengkulu? Jenis penelitian ini adalah deskriptif ev aluatif. Pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan utama adalah guru akidah akhlak. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa: Pertama, perencanaan program Pembinaan Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah
Kota Bengkulu efektif untuk diimplementasikan sebagai program pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Kota
Bengkulu dengan persentase sebesar 93,33%. Nilai pelaksanaan program Pembinaan Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah Kota Bengkulu sebesar 93,33% terletak pada > 75 % - 99 % dengan katagori efektif menunjukan bahwa
tingkat efektifitas pengelolaan program pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Bengkulu berada pada katagori
efektif dengan persentase sebesar 80%. Kedua, program pembinaan akhlak yang dilaksanakan di MTs Muhammadiyah
Kota Bengkulu antara lain: pertama, warung kejujuran, Tahsin Al-Qur’an, Shalat Dhuha dan Zuhur, kegiatan kultum
dan senyum sapa salam dilaksanakan dalam rangka men anamkan kebiasaan kepada siswa untuk selalu menebarkan
senyum, sapa dan salam.


Full Text:

PDF

References


Nata Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nata Abuddin. 2007. Akhlak Tasawuf. Jakarta:PT. Grafindo Persada.

Asmaran. 1992. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta:PT Raja Grafindo.

Saebani Ahmad Beni danHamid Abdul. 2010. Ilmu Akhlak, Bandung: Pustaka Setia

Umary Barmawi. 1999. Materi akhlak. Jakarta: bulan bintang

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahab Rohmalina. 2015.Psikologi Agama, Jakarta:Rajawali Pers

Rosyada Dede. 2004. Paradigma pendidikan demokratis. Jakarta: kencana

widoyoko Eko putro. 2009. Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Waseso Iksan. 2007. Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Iskandar. 2009. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: gaung persada pres

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hadi Sutrisno. 2001. Metode Research. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Arikunto Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bima Aksara.

Arikunto Suharsimi. 2012. Evaluasi Program Pendidikan.diposkan oleh Anan Nur pada 14 januari 2012

Arikunto Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan

Wirawan. 2011. Evaluasi teori, model, standar, aplikasi, dan profesi. Jakarta: Rajawali pers

Ilyas Yunahar. 2000 Kuliah akhlak. Jakarta: Rajagrafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.