IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI PENGAWAS PENDIDIKAN ISLAM TINGKAT SMA NEGERI DI KABUPATEN KEPAHIANG

Endang Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengawas Pendidikan Agama Islam dalam membina guru agama
tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kepahiang, meliputi perincian tugas pengawas pendidikan Agama
Islam 1. Pengawasan 2. Menasihati 3. Memantau 4. Mengkoordinasi 5. Reporting. Penelitian ini merupakan penelitian
evaluatif (evaluatif research). Responden dalam penelitian ini berjumlah 11 orang, terdiri dari 3 orang pengawas dan 8
orang guru agama Islam. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis
data keseluruhan menunjukan bahwa implementasi tugas dan fungsi pengawas Pendidikan Agama Islam dalam membina
guru agama tingkat SMA Negeri se Kabupaten Kepahiang berada pada kategori tidak baik karena diperoleh skor 21,77%.
Dengan rincian implementasi tujuan pengawas Pendidikan Agama Islam tingkat SMA termasuk kategori tidak baik dengan
perolehan skor 40,90%. Sedangkan implementasi fungsi pengawas Pendidikan Agama Islam tingkat SMA Negeri termasuk
kategori tidak baik dengan perolehan skor 31,66%. Faktor pendukung tujuan dan fungsi pengawas Pendidikan Agama Islam
dalam membina guru agama SMA di Kabupaten Kepahiang adalah sekolah dan guru selalu terbuka menerima kedatangan
pengawas. Sedangkan faktor penghambat supervisi akademik disebabkan kekurangan tenaga kepengawasan sedangkan
sekolah yang harus diawasi lebih banyak dari kuota yang ditugaskan.


Full Text:

PDF

References


Banawi dan Mohamad Arifin. Meningkatkan Kinerja Pengawas Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. 2014.

Depag RI. Profesionalisme Pelaksanaan Pengawas Pendidikan (Upaya Meningkatkan Kinerja Pengawas).

Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya (Semarang, Karya Toha Putra, 2002).

Departemen Agama RI, Petujunuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islamdan Angka Kreditnya.

Departemen Agama RI, Profesionalisme Pelaksanaan Pengawas Pendidikan, (UpayaMeningkatkan Kinerja Pengawas), (Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005).

Hadi Suprayogi, upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan agama islam di mts da’watul khoir kertosono nganjuk.( Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2009).

Kholil, Kontribusi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Di Kabupaten Demak.

(Program Magister Isntitut Agama Islam Negeri (Iain) Walisongo 2010).

Laily Fauziyah, Studi Evaluatif terhadap Profesionalisme Guru PAI Pasca Sertifikasi di SMP N 1 Sewon Bantul(Yogyakarta: UIN Sunan

Kalijaga Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah.2014).

Mawardi Lubis, Efektivitas Pengelolaan Labor Bahasa IAIN Bengkulu, (Bengkulu: IAIN Bengkulu Press, 2015).

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional (Cet.1; Yogyakarta: Presma Sophe, 2004).

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Cet. XI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Nasution, Metodologi Research Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, (Cet. 1; Jakarta: Rineka Cipta, 2000).

Piet A. Sahertian, Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. (Jakarta:RinekaCipta. 2000).

Republik Indonesia, Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Cet.IV; Sinar Grafika, 2003). Resru

Nur Ciptasari, Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta, (Yogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan

Kalijaga, 2009).

Salim Mansyur, Administrasi dan Supervisi pendidikan, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009).

Sudarwan Danim dan Khairil, Profesi kependidikan, (Bandung: CV. Alfabeta, 2012).

Sudjana dkk, Nana.. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemendiknas. 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek, (Jakarta, Rineka Cipta: 2002).

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan; Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Belajar yang Bermutu (Bandung: CV. Alfabeta, 2010).

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesionalisme Guru dan tenaga Kependidikan (Cet. III; Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011).

Udin Syefuddin Saud, Pembangunan Profesi Guru (Cet.I; Bandung: Alfabeta, 2009).

Winarno Surahman, Dasar dan Teknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah, (Bandung:Tarsito, 1989).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.