PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PROFESIONALISME GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian ini Adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan profesionalisme guru terhadap
prestasi belajar siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif untuk
melihat pengaruh dari masalah yang diteliti.Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket. Angket dalam penelitian ini
menggunakan skala likert, setiap pernyataan mempunyai empat alternatif jawaban, yaitu selalu (SL), sering (SR), kadang-kadang
(KD), tidak pernah (TP) dan jumlah pernyataan kepemimpinan kepala madrasah 25 item, dan profesionalisme guru Akidah
akhlak 25 item sedangkan prestasi belajar siswa diambil dari hasil raport. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel
penelitian adalah dewan guru dan siswa.Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan ganda. Hasil analisis
data dengan menggunakan program SPSS Windows 16.0 menunjukkan bahwa :Pertama,Terdapat pengaruh yang berarti pada
taraf signifikan a = 0,05. dikatakan berarti karena hasil perhitungan tersebut didapat koefisien korelasi r = 0,796 yang jika dilihat
pada tabel interpretasi koefisiensi korelasi terletak diantara 0,60_ 0,799 berarti pengaruh yang kuat antara kepemimpinan kepala
madrasah terhadap prestasi belajar siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Kedua, terdapat pengaruh Dari hasil perhitungan
pada tabel R adalah 0,470 terletak di antara 0,40 – 0,599 merupakan pengaruh yang cukup antara variabel profesionalisme guru
akidah akhlak (X2) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y). Ketiga, terdapat pengaruh Dari hasil perhitungan pada tabel R
adalah 0,470 terletak di antara 0,40- 0,599 merupakan pengaruh yang cukup antara variabel kepemimpinan kepala madrasah
(X1) dan profesionalisme guru akidah akhlak (X2) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y).
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Alhadza, ―Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Perilaku Komunikasi antar pribadi terhadap Efektifitas Kependidikan di SLTP Sulawesi Tenggara‖, Jurnal Pendidikan, 2003
Aris Nurbawani, Definisi Mutu. Semarang: CV Asy-Asyifa, 2009
Arikunto, suharsimi.Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta 2006
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Bandung:Remaja Rosdakarya, 2002
_____, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja,2002
_____, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007
_____, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, danImplementasi.Bandung: PT Remaja Rosda Karya,2002
Dirawat, dkk.Pengantar Kepemimpinan Pendidikan.
Surabaya: Usaha Nasional, 1986 Dedi Supriyadi, Mengangkat Citra dan Martabat
Guru Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1999 Dirawat, dkk.Pengantar Kepemimpinan Pendidikan.
Surabaya: Usaha Nasionan,1986 Djamal, Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SLTP N di Kabupaten Purworejo Yogyakarta: UNJ Pasca Sarjana. 2002
Engkoswara.Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Dirjen Dikti, Jakarta: PT Bumi Pres, 1986
Hartono, SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian, Pekan Baru: Pustaka Pelajar, 2013
Hamzah LPMP NTT. 2011. Manajemen Input-Proses-Output dan Outcome dalam Mengelola Pendidikan Persekolahan. http://hamzahlpmp.blogspot.co.id/2011/09/manajemen-input-
proses-outputdan.html.(akses:20/04/2016)
Kemendiknas.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2007
Mastukki dan Abd. Adhim, Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren (Depertemen Agama RI: Direktorat Madrasah dan PAI pada Sekolah Umum, 2004
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Maliki Press, 2010
M. Toha, Al-Qur’an dan Terjemahannya Al-Hakim Surat At-tharim. Bandung: CV Diponegoro, 2008
Nasution, M. N. Management Mutu Terpadu (Total Quality Management).Edisi ke.2. Bogor:Ghalia Indonesia, 2005
Nur Nazama. Mutu Pendidikan dan Upaya Peningkatannya. akarta:Rineka Cipta, 2012
Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, (Bandung: Alfa Beta, 2010
Sallis, Edward, Total Quality Management In Education, terjemahan Dr. Ahmad M. Ag
Yogyakarta: IRCISOD, 2006 Subagyo, P. Joko. Metode penelitian Dalam Teori dan Praktek. akarta: Rineka Cipta. 2011
Sudijono, Anas.. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Wali Pres. 2006
Sufren, dkk. Mahir menggunakan SPSS secara Otodidak. Jakarta: PT Elek Media Komputindo, 2013
Sumanto, Statistika Terapan .Yogyakarta: CAPS, 2014
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta. 2011 Syafaruddin.Reliabilitas dan Validitas Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005. Jakarta, 2005
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Petunjuk Peningkatan MutuPendidikan Disekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah, 2002
Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu,Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Usman, Husaini, Manajemen teori Praktik & Riset Pendidikan, Jakarta: BumiAksara, 2008, ed II.
Prim Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Jakarta: Raja Grafika, 2002
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.