IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU

Sri Susanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan manajemen mutu terpadu pada standar
kompetensi lulusan kelas 6 tahun pelajaran 2015/2016 di SDIT IQRA’2 kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah check list, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi dan memberchek. Sedangkan
untuk analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dalam perencanaan manajemen mutu terpadu pada standar kompetensi lulusan kelas 6 tahun
pelajaran 2015/2016 di SDIT IQRA’2 kota Bengkulu, meliputi pembentukan tim yang bertugas untuk (1) Menyusun
Kompetensi Lulusan; (2) Menyusun Kriteria Kelulusan; (3) Menyusun Kriteria Ketamatan; (4) Menyusun Program
Akademik dan Program Ruhiyah; dan (5) Menyusun Program Sosialisasi Sukses US/M kepada Wali Murid Keas 6.
Pada tahap pelaksanaan meliputi kegiatan: (1) Pembelajaran Tuntas Materi semester 1 dan 2 di semester ganjil, dengan
kegiatan Sapasus (sarapan pagi soal ujian sekolah), les, Try Out Internal, dan membuat buku bank soal; (2) Penerapan
pembelajaran dengan menggunakan sistem Moving Class di semester Genap, dengan kegiatan Try Out Eksternal, ujian
praktek, ujian Pra US, dan Ujian S/M serta; (3) Pengumuman Hasil Ujian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh,
pada tahap perencanaan manajemen mutu terpadu pada standar kompetensi lulusan kelas 6 tahun 2015/2016 telah
terlaksana dengan sangat baik (100%). Hal ini berdasarkan pada kriteria Implementasi Manajemen Mutu Terpadu yang
telah ditentukan, dimana tingkat kematangan implementasi dikatakan baik jika persentase mencapai > 81%-100%.
Sedangkan pada tahap pelaksanaan manajemen mutu terpadu pada standar kompetensi lulusan telah terlaksana dengan
sangat baik (85%). Hal ini berdasarkan pada kriteria Implementasi Manajemen Mutu Terpadu yang telah ditentukan,
dimana tingkat kematangan implementasi dikatakan sangat baik jika persentase mencapai > 81%-100%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rinereka Cipta, 2002

David L, Goetsch dan B. Davis, Stanley, Quality Management: Introduction to Total Quality Management for Production, Processing, and Service. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.2000

Departemen Agama RI, Al Quran Tajwid dan Terjemah, Cetakan ke-10; Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2011

Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Depdiknas, 2000

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Konsep dan pelaksanaan. Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2001.

J. Jones James & Donald L.Walters, Human Re source M anage me nt in Educ ati on , (Yogyakarta: Q-Media, 2008

Hardjosoedarmo, Soewarso, Total Quality Management,Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2004

Karwati, Euis dan Juni Priansa, Donni, Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2013

Lisdiya, Efektivitas Kinerja Komite dan Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Edukasi vol(2) Jakarta, 2009

Lubis, Mawardi, dkk, Efektifitas Pengelolaan Remedial Bahasa Arab bagi Mahasiswa IAIN Bengkulu, Bengkulu: Bengkulu Press, 2013

Muhajir, Noeng. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2003

Muhandri, Tjahja ,& Darwin Kadarisman, Sistem Jaminan Mutu Industri Pangan, Bogor: IPB Press, 2006

Mulyasa, Implementasi KTSP Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Mulyasa, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cetakan Ketiga; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007

Nana S yaodih Sukmadinata dkk, Strategi Mening katkan Mutu Pendidikan Dasar Bandung: Maestro Bandung, 2009

Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.