اكتساب و النمو اللغة عند الإنسان فى مرحلة الطفولة
Abstract
Abstrak: Manusia pada umumnya tidak merasakan bahwa menggunakan bahasa merupakan suatu keterampilan yang luar biasa rumitnya. Pemakaian bahasa terasa lumrah karena memang tanpa diajari oleh siapa pun seorang bayi akan tumbuh bersamaan dengan pertumbuhan bahasa. Dari umur satu sampai sampai dengan satu setengah tahun seorang bayi mulai mengeluarkan bentuk-bentuk bahasa yang telah dapat kita identifikasi sebagai kata. Ujaran satu kata ini tumbuh menjadi ujaran dua kata dan akhirnya menjadi kalimat yang komplek menjelang umur empat atau lima tahun. Dari hal tersebut dapat dipahami bahwa Pemerolehan dan perkembangan bahasa manusia pada masa kanak-kanak sangat berkaitan erat dengan perkembangan neuro biologi dan lingkungannya. Karena dalam proses pemerolehan bahasa manusia dapat mempersepsi dan kemudian memahami ujaran orang lain sehingga ia dapat memproduksi ujaran setelah mengetahui aturan-aturan yang harus diikuti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
السيد, فؤاد البهى, 1954 : الأسس النفسية للنمو, بيروت: دار الفكر
الدكتور عبد المجيد سيد أحمد منصور, 1982: علم اللغة النفس رياض: جامعة الملك سعود
الهاشمى, 1972: علم النفس التكوين, دمشق: دار القومية.
Chen ,H,P and Irwin,1964:Infant speech vowel and constant types, journal of speech disorders, 11hal 27-29
Dardjo widjojo, Soejono.2000. Echa: Kisah pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta:Grasindo
Dardjo widjojo, Soejono.2010. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta:Yayasan Obor. Hal 245
Lennberg. 1968. A Biological Perspective of Language in Lenneberg. New York: M.I.T Press
Mc Charty,j., 1964: Language Development in chidren.in Carmichael, LA Manual of child Psychology , hal 476-581
Smith, M.1962. An investigation of the Development of the Sentence and the extent of vocabulary in young children. Hal 3
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/lughah.v1i1.1319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :