الوظيفة التكنولوجيا التربية و الآثارعلى" المعلم اللّغة العربية

Basinun Basinun

Abstract


Guru sebagai orang nomor satu di dalam kelas, bertanggungjawab atas terselenggaranya KBM yang berkualitas, untuk itu  seorang guru harus mampu menampilkan diri sebagai sosok  yang dapat membangkitkan  motivasi  belajar, dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Hal ini menuntut guru untuk memiliki dan menguasai serta mengembangkan ketrampilan tertentu  yang berhubungan dengan  kompetensi dan kapabilitas keilmuan ,termasuk didalamnya pengetahuan tentang tehnologi pendidikan. Pemahaman dan pengetahuan terhadap tehnologi pendidikan bagi guru bahasa Arab , akan sangat mendukung dalam upaya memujudkan  guru bahasa Arab yang professional dengan criteria diantaranya 1)Memiliki kepribadian  dan dapat menampilkan diri sebagai seorang guru bahasa Arab yang dapat diteladani. 2)Memiliki kompetensi dalam bahasa Arab. 3) Menguasai didaktik metodik dalam pembelajaran bahasa Arab. 4) Menguasai manajemen pembelajaran dalam bahasa Arab. Hal tersebut searah dengan  makna luas dari  teknologi pendidikan  yang difahami sebagai suatu proses yang kompleks dan terpadu yang didalamnya mencakup 1) aspek manusia , 2) prosedur, 3)ide, 4) alat, dan 5) organisasi untuk menganalisis masalah serta merancang dan melaksanakan , menilai dan mengelola usaha pemecahan masalah, yang berhubungan dengan segala aspek dari proses belajar mengajar

Keywords


KBM;Aspek manusia;prosedur

Full Text:

PDF

References


AECT Task Force, 1977. Educational Tecnology Devinition and Glossary Terms, Wasington, Asociation for Educational Comunications and Tecnology.

Percival Fred and Henry Ellington. 1984. A Hand book of Educational Tecnology, London, Kogan Page.

Raka Joni, T. 1992. Pokok-pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Jakarta, Konsorsium Ilmu Pendidikan, Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soenarwan. 1991. Pendekatan Sistem Dalam Pendidikan. Surakarta, Sebelas Maret University Press.

Usman, M.U 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Yusuf Somaly. 1998. Al Lughah al-Arabiyah wa Thuruqu Tadrisiha, Beirut., Maktabah ‘Asryah Muhammad Ali, 1992, Pengembangan Kurikulum di sekolah,Bandung, Sinar Baru

Nasution, 1999,Sosiologi pendidikan, Bandung:Sinar Baru

Undang-undang RI. Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, 2006. Jakarta, Dharma Bakti

Fathi Ali Yunis-Mahmud Kamil al-Naqah, 1981 Asăsiyăt Ta’lĭm al-Lughah al-‘Arabiyah Wa al-Tarbiyah al-Dĭniyah, Dăr al-Tsaqafah,Cairo.

Burhanudin salam, 2000, Etika Indifidual, Jakarta, Rineke Cipta, 2000

Nana Syaodih Sukmadinata, 1997 Pengembangan Kurikulum Teori dan praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Omar Hamalik, 1991, Sistem dan Prosedur Pengemangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Bandung, trigenda Karya

Abdul Hamid, dkk., 2008, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, Malang, UIN Malang Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/lughah.v4i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :