Peran Perpustakaan Dalam Menyediakan Layanan Aksesibilitas Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ni Ketut Ayu Nirmala Dewi, Nina Mariani Noor

Abstract


Penelitian ini mengulas peran strategis perpustakaan perguruan tinggi dalam menyediakan layanan aksesibilitas bagi mahasiswa berkebutuhan khusus, dengan fokus pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinjauan literatur yang berfokus pada pengumpulan, analisis, dan sintesis data dari berbagai sumber ilmiah yang relevan dari basis data akademik seperti google schoolar. Kemudian literatur yang telah dikumpulkan disaring menggunakan metode PRISMA. Melalui pendekatan tinjauan literatur, penelitian ini mengeksplorasi upaya perpustakaan dalam mendukung pendidikan inklusi melalui pengembangan infrastruktur fisik, penerapan teknologi asistif, dan pelatihan pustakawan. Fasilitas seperti Difabel Corner, digital talking books, dan perangkat lunak seperti JAWS telah diimplementasikan untuk mempermudah akses informasi bagi pemustaka difabel. Selain itu, layanan berbasis teknologi, seperti katalog online (OPAC) dengan fitur khusus, menunjukkan komitmen perpustakaan terhadap inklusivitas. Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi selama penelitian, termasuk keterbatasan fasilitas, kurangnya pelibatan mahasiswa difabel dalam evaluasi layanan, serta kebutuhan peningkatan kompetensi pustakawan. Strategi kolaboratif dengan komunitas difabel dan institusi eksternal menjadi kunci dalam mengatasi hambatan tersebut. Hasil analisis menunjukkan pentingnya integrasi pendekatan inovatif dalam desain layanan, pemanfaatan teknologi modern, dan penguatan kerja sama lintas sektor untuk mewujudkan perpustakaan yang lebih inklusif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan agar dapat mendukung keberhasilan akademik mahasiswa difabel dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih setara bagi semua pemustaka.


Keywords


Peran Perpustakaan, Layanan Aksesbilitas, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Afrina Cut. “Mahasiswa Part Time Dan Aksesibilitas Pemustaka Terhadap Koleksi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Cut Afrina.” LIBRIA. Vol. 9, 2017.

Aminudin N. A. “Peranan Guru Sebagai Tenaga Perpustakaan Dalam Pemberdayaan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Luar Biasa Yaketunis Yogyakarta.” . . Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2015, 41–48.

Ariyanto M S. “Majalah SUKA News UIN Sunan Kalijaga: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Menuju Class University Library.” Suka News., 2012.

Arumsari Danisa, and Krismayani Ika. “Analisis Aksesibilitas Gedung Perpustakaan Universitas Brawijaya Oleh Mahasiswa Difabel,” 2018. http://psld.ub.ac.id/in,.

Chaputula Aubrey Harvey, and Mapulanga Patrick Makono. “Provision of Library Services to People with Disabilities in Malawi.” South African Journal of Libraries and Information Science 82, no. 2 (February 2017). https://doi.org/10.7553/82-2-1619.

Cox Kate, Jolly Stephen, Staaij Simon Van Der, and Stolk Van Christian. “Understanding the Drivers of Organisational Capacity,” 2018. www.rand.org/giving/contribute.

Demartoto A. Menyibak Sensivitas Gender Dalam Keluarga Difabel. . Universitas Sebelas Maret Press., 2005.

Ferazona Sepita, and Putri Iffa Ichwani. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Diskusi Kelas Upaya Pencapaian Kompetensi Abad 21.” Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah 8, no. 2 (2020): 59–65.

Hakim Heri Abi Burachman, and Wiyarsih. “Kompetensi Pustakawan Dan Optimalisasi Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pemustaka.” Jurnal Ikatan Pustakawan Indonesia. Vol. 56, 2018.

Handari Budi. “Aksesibilitas Layanan Perpustakaan Bagi Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Banjarnegara: Studi Evaluasi Kinerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah.” Media Pustakawan 26 (2019): 91–97.

Irval By Birgitta, and Nielsen Gyda Skat. “Access to Libraries for Persons with Disabilities - CHECKLIST.” International Federation of Library Associations and Institutions, 2005.

Isrowiyanti. “Pengembangan Layanan Perpustakaan Bagi Pemustaka Difabel Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.” Pustakaloka 6 (2014): 77–90.

Khabib Muh, and Azizah Anik Nur. “Kapasitas Perpustakaan Dalam Mendukung Pendidikan Inklusi Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Media Pustakawan 31, no. 1 (July 31, 2024): 87–101. https://doi.org/10.37014/medpus.v31i1.5132.

Kusanti Eni, and Ulfah Fidayati. “Layanan Online Bahan Perpustakaan Nondigital Di Pustaka.” Media Pustakawan 24 (2017): 16–24.

Lasa H., and Nugrahini K. N. Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan. Ombak, 2017.

Pratama Bagas Agung, Sinaga Dian, and Khadijah Ute Lies Siti. “Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Inklusif Bagi Pemustaka Tunanetra Di Perpustakaan Umum Cikini Jakarta.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 3, no. 4 (2024): 31–38. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.

Purnamayanti Arnila, and Putri Tsamarah Alviarana Utami. “Strategi Peningkatan Minat Baca Kelompok Tunanetra Melalui Media Audiobook (Studi Pada SLB-A Bina Insani Bandar Lampung).” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan Dan Informasi 4, no. 1 (2020): 109–17.

Rahayu Susiana, and Ganggi Roro Isyawati Permata. “Strategi Aksesibilitas Layanan Inklusi Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Selama Study from Home (SfH),” 2024.

Rahmawati Irzalina, and Prabowo Thoriq Tri. “Evaluasi Layanan Difabel Tunanetra Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sleman,” 2019.

Rahmayani A. A. “Kajian Literatur Desain Perpustakaan Ramah Disabilitas.” Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 15, no. 1 (2020): 75–96.

Rinawati, Sri Lestari Elizabeth, and Pramoekti Narendra Albertoes. “Kepuasan Mahasiswa Tunanetra Terhadap Layanan Difabel Corner Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.” INKLUSI Journal of Disability Studies 4, no. 2 (December 3, 2017): 239–70. https://doi.org/10.14421/ijds.040205.

Rosita T, Rochyadi Endang, and Sunardi S. “Teknologi Asistif Dalam Pendidikan Inklusif.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 3, no. 6 (2020): 301–7.

Sastradiharja EE. Junaedi, MS Farizal, and Sutarya Maran. “Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi.” Journal of Islamic Education 2 (2020): 101–18.

Sholikhah Aswi Malik, and Setiyaningsih Heni. “Peranan Pelayanan Perpustakaan Dalam Membantu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Tunanetra: Studi Kasus Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Vol. 6, 2015.

Suherman. Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. MQS Publishing, 2009.

Untari Dwi. “Pengembangan Perpustakaan Digital Bagi Tuna Netra Melalui Kerjasama Lembaga Untuk Mendukung Tercapainya SDGs,” 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v10i2.7655

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors