Urgensi Kebutuhan Literasi Penguasaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Alumni Program Studi Bahasa Arab IAIN Bengkulu

Falahun Ni'am, Muhammad Hidayaturrahaman, Khosi'in Khosi'in

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi kebutuhan literasi dalam penguasaan media pembelajaran berbasis digital bagi alumni Program Studi Bahasa Arab IAIN Bengkulu. Literasi digital menjadi keterampilan esensial di tengah perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam konteks pendidikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar alumni menghadapi kendala dalam memanfaatkan media pembelajaran digital secara optimal, yang disebabkan oleh kurangnya pelatihan literasi digital serta keterbatasan akses terhadap sumber daya teknologi. Oleh karena itu, penguatan literasi digital perlu menjadi prioritas dalam kurikulum pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran secara efektif. Penguasaan media pembelajaran berbasis digital akan membantu alumni dalam meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Arab di berbagai lembaga pendidikan.

Keywords


kemampuan alumni Bahasa Arab, penguasaan media berbasis digital

Full Text:

PDF

References


Adrian Yudha, Agustina R.L, ‘KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0’, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14.2 (2019), 13–19

Amarulloh, Adhitya, Endang Surahman, and Vita Meylani, ‘Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital’, Metaedukasi, 1.1 (2019), 13–23

Ary, Maxsi, and Rangga Sanjaya, ‘Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Program Studi Menggunakan Analisis Swot (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Ars University)’, Jurnal Tekno Insentif, 14.1 (2020), 1–8

Azis, Taufiq Nur, ‘Strategi Pembelajaran Era Digital’, Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1.2 (2019), 308–18

Effendi, Hansi, and Yeka Hendriyani, ‘Mobile Learning Sebagai Alternatif Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Profesional’, 2018

Fitriyah, Riskha Nur, ‘Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Dan Pelatihan’, 2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call for Papers, 1, 2019, 359–64

Hidayat, Nandang, and Husnul Khotimah, ‘Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran’, JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2.1 (2019), 10–15

Maiza, Zakiya, and Nurhafizah Nurhafizah, ‘Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.2 (2019), 356

Pendidikan, Bidang, and Pengajaran Pembelajaran, ‘Jurnal Kependidikan : Analisis SWOT Pembelajaran Daring Mahasiswa Kebidanan Pada Masa Pandemi Covid-19 Prodi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Kartini Bali * Corresponding Author . Email : Sukmaadnyani@gmail.Com Jurnal Kependidikan : Pendahuluan Pandemi’, 7.2 (2021), 437–45

Priatmoko, Sigit, and Nilna Iqbal Dzakiyyah, ‘Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory’, At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4.1 (2020), 1

Rahman, Arif, and Zalik Nuryana, ‘Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0’, 2019, 34–0

Saleh, Dr. Hannan, ‘فعالية برامج تدريب المعلمين القائمة على تكنولوجيا التعليم والوسائط المتعددة في تحقيق إدارة الجودة الشاملة في التعليم من وجهة نظر المعلمين في دولة الكويت’, مجلة كلية التربية, ٦

Sujoko, Edi, ‘Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis Swot Di Sekolah Menengah Pertama’, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4.1 (2017), 83

Susilawati, Erni, ‘Analisis SWOT Penyelenggaraan Diklat Online Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Bagi Guru (SWOT Analysis of the Implementation of Online ICT Training for Teachers)’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1.3 (2016), 349–64

Yulmasita Bagou, Dewi, and Arifin Suking, ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru’, Jambura Journal of Educational Management, 1.September (2020), 122–30




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v9i2.5297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors