PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM (IAIN) BENGKULU

Rupi Hardaya, Muhammad Yusrizal

Abstract


Permasalahan yang dibahas adalah: Bagaimana persepsimahasiswapendidikan agama islam terhadap pemanfaatan SumberBelajar di Perpustakaan IAIN Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendikripsikan Persepsimahasiswapendidikan agama islam terhadap pemanfaatan SumberBelajar di Perpustakaan IAIN Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)yaitu penelitian mendalam mencakup keseluruhan yang terjadi di lapangan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif melalui prosedur logika induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian ini dikatakan bahwapersepsimahasiswapendidikan agama islam terhadap pemanfaatan SumberBelajar di Perpustakaan IAIN Bengkulu khususnya prodi PAI kurang efektip karena kebanyakan dari para mahasiswa memanfaatkan sumber belajar di perpustakaan ketika ada tugas atau menyusun skripsi. Oleh karena itu dalam pemanfaatan sumber belajar di perpustakaan bagi mahasiswa mulai dikenakan kemampuan membaca pemahaman minat bacanya perluditingkatkan agar para mahasiswa selalu memanfaatkan sumber belajar di perpustakaan secara terusmenerus.

Full Text:

PDF

References


BafadalIbrahim.2008.“PengolahanPerpustakaan

Sekolah”.Bandung: PT BumiAksara.

Walgiono Bimo.2003. “Psikologi Sosial”.Yokyakarta: C.V Andi Offset.

AsroriMohammad. 2009. “PsikologiPembelajaran

.”Bandung: CV Wacana Prima

Shaleh Abdul Rahman. 2010. “Psikologi Suatu

Pengantar Dalam Perspektif Islam”.Yokyakarta: PT Kencana.

WirawanSarwono, 2007. ”Pengantar Umum

Psikologi. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Sultinah Suyanto Bangong, 2011. Metode Penelitian Sosial,Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

JallaludinRahmat. 2005. “PsikologiKomunikasi.

Bandung: RemajaKarya.

SejatiSugeng. 2012. “PsikologiSosial”.DepokSlemanYokyakarta: PercetakanSuksesOffset.

Noor Juliansyah. 2016. “MetodologiPenelitian”.

Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Supriyanto. 2006. “Aksentuasi Perpustakaan Dan

Pustakawa”. Jakarta: Katalok Dalam Terbitan

(KDT)

HardaniWibi.2018. “Psikologi”. Penebit Erlangga:

PT Gelora Aksara Pratama

Hermawan Rachman.2010. “Etika Kepustakawaan”. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Ma’ruf Cahyono. 2016. “Perpustakaan Wakil

Rakyat”. Jakarta: CV Sagung Seto.

Darmono. 2004. “Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah”. Jakarta: PT Grasindo.

Sudar Sono. 2006.“Antologi Kepustakawan

Indonesia”Jakarta: CV Sagung Seto.

Fatmawati Endang. 2013.”Mata Baru Penelitian

Perpustakaan” Jakarta: CV Sagung Seto.

Sudaryono. 2016. “Metode Penelitian Pendidikan” Jakarta: PT Kharisma Putra Utaman.

Bungin Burhan. 2011 “Penelitian Kualitatif” Jakarta: Fajar Inter Pratama Offset.

Satori Djam’an. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta, cv.

Herdiansyah Haris. 2015. “Wawancara,Observasi,

dan Fokus Groups”. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Suwarno Wiji. 2016. “ Dasar-daras Ilmu Perpustakaan”. Yakyakarta: AR-Ruzz Media.

DaulayNurussakinah, 2014 “PengantarPsikologidanPandangan Al-qur’anTentangPsikologi”.

Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

AfiyantiYatidkk, 2014 “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan” Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v4i2.3966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors