Dampak Kemiskinan Informasi Masyarakat Dalam Transaksi Berbelanja Online

Adista Nurfitria, Laksmi Laksmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak kemiskinan informasi dalam transaksi berbelanja online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kajian budaya. Literatur yang terjaring dalam artikel ini sebanyak 14 artikel berita yang didapat dari portal berita online yang terbit pada tahun 2021, dan 15 literatur ilmiah dengan periode tahun terbit dari 2007-2020. Adapun hasil dari penelitian ini adanya gap tentang pengertian dari pembelian menggunakan metode pembayaran COD terjadi karena faktor minimnya pengetahuan konsumen akan transaksi berbelanja online. Selain itu kurangnya edukasi yang dilakukan oleh pihak e-commerce kepada konsumen tentang transaksi berbelanja online yang tersedia secara terperinci dan peraturan pemerintah yang belum sempurna dalam melindungi konsumen saat melakukan proses transaksi berbelanja online melalui e-commerce. Kesimpulan menunjukan, kemiskanan informasi terjadi karena adanya kesalahpahaman dari konsumen tentang pengertian metode pembayaran COD yang benar dan ideal. Saran yang dapat diberikan adalah dengan membuat konten edukasi tentang produk dan layanan yang diberikan serta menyempurnakan peraturan tentang transaksi berbelanja online.

Keywords


kemiskinan informasi; masyarakat informasi; e-commerce

Full Text:

PDF

References


Azizah, K., ‘Memaki Dan MENGANCAM KURIR

COD, Ternyata Ini Sosok Asli Emak-Emak

Dalam Video’, Merdeka.Com, 2021

www.merdeka.com/trending/memaki-danmengancam-kurir-cod-ternyata-ini-sosok-asliemak-emak-dalam-video.html?page=1>

Blibli.com, ‘COD (Bayar Di Tempat).’, Blibli.

Com

Britz, Johannes, ‘Information Poverty : The Development of a Global Moral’, 2010, 9–17

Bukalapak.com, ‘Tanya Jawab - Cara Menggunakan Fitur Cash on DELIVERY (COD).’

Chandra, Riki, ‘Heboh! Emak-Emak Di Padang

Maki-Maki Kurir COD, Minta Uang Dikembalikan’, Suara.Com2, 2021

suara.com/read/2021/06/09/162253/hebohemak-emak-di-padang-maki-maki-kurir-codminta-uang-dikembalikan>

Despina, and A. Karayanni, ‘Web-Shoppers and

Non-Shoppers: Compatibility, Relative Advantage and Demographics’, European Business Review, 15.3 (2003), 141–52

doi.org/10.1108/09555340310474640>

Dewi, Amalia Nurma, ‘Kemiskinan Informasi

Pada Komunitas X’, in Integrasi Pustakawan

Menuju Masyarakat Informasi: Suatu Perpektif Sosial-Budaya, ed. by Ike I Lawalanda (Jakarta: Sagung Seto, 2015), pp. 127–44

Farida, U., ‘Pengaruh Aksesibilitas Terhadap

Karakteristik.’, Jurnal Wilayah Dan Lingkungan., 1.1 (2013), 49–66

Febiani, Dominique Hilvy, ‘Viral! Pria Ini Ngamuk

Dan Ancam Memborgol Kurir Saat COD’, Okezone.Com, 2021

com/read/2021/06/16/337/2426362/viralpria-ini-ngamuk-dan-ancam-memborgolkurir-saat-cod.>

Hamed, S., El-Deeb, S., ‘Cash on Delivery as

a Determinant of E-Commerce Growth in

Emerging Markets.’, Journal of Global Marketing, 33.4 (2020), 242-265.

Harahap, Dedy Ansari, and Dita Amanah, ‘Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus’, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9.2 (2018), 193–213

unj/index.php/jrmsi/article/view/6005/5876>

Himayah, ‘Miskin Informasi Merupakan Sebuah

Gap Atau Jarak Antara Masyarakat Yang Terjadi Karena Adanya Penggersaran Era Informasi Yang Diakibatkan Oleh Perkembangan

Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)’, Khizanah Al- Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1.2 (2013),

–21

K, Septiawan Santana, Menulis Ilmiah: Metode

Penelitian Kualitatif, 1st edn (Jakarta: Yayasan

Obor Indonesia, 2007)

Kahfi, M.Andimaz, ‘Tak Ngerti Beli COD, Pria Ini

Ngotot Buka Barang Pesanan Baru Bayar, Setelahnya Ini Yang Terjadi’, Tribun-Medan.Com,

/02/09/ tak-ngerti-beli-cod-pria-ini-ngotot-buka-barang-pesanan-baru-bayar-setelahnyaini-yang-terjadi?page=3>

Kotler, P., and G. Armstrong, Marketing, 6th edn

(New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2003)

Lazada, ‘Pusat Bantuan: Pembayaran: Lazada

ID.’

Mou, Xiaobo, ‘Examining the Factors in Fl Uencing Information Poverty in Western China’,

2019 (2020), 1115–34

org/10.1108/EL-04-2020-0095>

Novianty, Dythia, ‘Pembeli COD Ini Ngamuk Dan

Rendahkan Kurir, Bikin Warganet Emosi’,

Suara.Com, 2021

tekno/2021/09/13/100500/pembeli-cod-iningamuk-dan-rendahkan-kurir-bikin-warganet-emosi>

Patton, Mary Anne, ‘Technologies for Trust in

Electronic Commerce’, Electronic Commerce

Research, 4.1–2 (2004), 9–21

org/10.1023/B:ELEC.0000009279.89570.27>

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma, ‘Banyak Menuao

Masalah, Seberapa Siap Masyarakat Dengan

Sistem COD’, Kompas.Com, 2021

kompas.com/read/2021/06/07/15030077/

banyak-menuai-masalah-seberapa-siapmasyarakat-dengan-sistem-cod-?page=all>

Rahmaliyah, ‘PASUTRI Ini Aksinya Bikin Geram,

Kurir Yang Antar Paket Diusir, Tak Mau Bayar Belanjaan COD’, Palembang.Tribunnews.

Com, 2021

com/2021/11/25/pasutri-ini-aksinya-bikingeram-kurir-yang-antar-paket-diusir-tak-maubayar-belanjaan-cod>

Saragih, Putri Octapia, ‘Terjadi Lagi, Ibu-Ibu Kabur Usai Buka Paket Saat COD, Ngotot Tak

Mau Bayar Karena Sempit’, Indozone.Id,

Sari, N., ‘Pria Di Ciputat Ancam Kurir COD Dengan Pedang Karena Merasa Ditipu, Beli Jam

Tapi Dapat Kardus Kosong.’, Kompas.Com,

Septianie, I. & Wiyata, M.T., ‘Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Secara Onlinepada Platform E-CommerceLazada Indonesia.’, Winter Journal., 1.1

(2020), 73-83.

Shoppe, ‘Shopeehelpcenter’

Sihombing, R., ‘Todong Kurir Barang Pakai Pistol, Pria Di BOGOR DITANGKAP.’, 2021

Simanjuntak, T.R., ‘Marak Kurir COD Diperlakukan Buruk Oleh Pelanggan Adalah Bukti

Masyarakat Belum Paham Transaksi Digital’,

Sudaryono, Metodologi Penelitian: Kuantitatif,

Kualitatif, Dan Mix Method, 2nd edn (Depok:

Rajawali Pers, 2019)

Sugianto, Danang, ‘COD Banyak Masalah, Pertahankan Atau Hilangkan?’, Finance.Detik.

Com, 2021

Sugihartati, R., Perkembangan Masyarakat Informasi Dan Teori Sosial Kontemporer. (Jakarta:

Kencana, 2014)

Suwarno, Wiji, Pengetahuan Dasar Kepustakaan

(Bogor: Ghalia Indonesia, 2010)

Tasmalanda, ‘Marah-Marah Dan Kasar Pada Kurir

COD, Emak Ini Bikin Netizen GeramNo Title’,

Suara.Com, 2021

read/2021/09/03/101708/marah-marah-dankasar-sama-kurir-cod-emak-ini-bikin-netizengeram?page=all>

Tokopedia.com, ‘Tokopedia Care: Syarat Dan Ketentuan Bayar Di Tempat.’

‘Viral, Emak-Emak Di Pasaman Barat Maki Kurir Belanja Online COD.’, 2021

Wedhaswary, I. D., ‘). Kasus Kurir COD Dimaki Konsumen, Apa Yang Harus Diperbaiki?’, 2021

Wuryanta, Eka A G, ‘Literasi Informasi , Masyarakat

Dan Media Baru : Wacana Masyarakat Informasi Dan Dinamika Teknologi Media’, Jurnal

Komunikasi, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v6i2.2901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors