Analisis Model Promosi Pada Aplikasi I-Sungai Penuh (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungai Penuh)

Elis Mastura

Abstract


Artikel ini membahas tentang analisis promosi pada aplikasi SungaiPenuh di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungai Penuh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kegiatan promosi aplikasi iSungaiPenuh berdasarkan konsep bauran promosi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungai penuh Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi nonpartisipan, dokumentasi, dan wawancara dengan informan sebanyak 4 (empat) orang staff perpustakaan ditentukan dengan metode purposive. Hasil penelitian ini yang didasarkan pada konsep bauran promosi menunjukkan bahwa sebagian besar sudah berjalan dengan baik. Namun terdapat beberapa kekurangan di dalamnya. Pada kegiatan Personal selling dalam promosi aplikasi iSungaiPenuh yaitu promosi secara langsung antara pustakawan dan pemustaka ketika pemustaka berkunjung ke perpustakaan. Aplikasi iSungaiPenuh sudah dipromosikan melalui advertising dengan pembuatan brosur, stand banner, serta di-posting melalui Instagram, dan Facebook. Public Relation mempromosikan dengan menyebarkan brosur kepada pengunjung dan stand banner yang diletakkan di setiap pameran/ekspo Kota Sungai Penuh. Sales promotion dilakukan dengan menawarkan akses informasi gratis kepada pemustaka sedangkan untuk pemberian rewards belum diterapkan dalam promosi aplikasi iSungaiPenuh dikarenakan keterbatasan anggaran. Direct marketing yang dilakukan untuk mempromosikan aplikasi iSungaiPenuh yaitu melalui sosial media seperti Instagram, WA dan Facebook.

Keywords


Promosi Perpustakaan, Bauran Promosi, Aplikasi iSungaiPenuh

Full Text:

PDF

References


Afriani,n. & yunaldi,y. (2016). Peranan promosi

perpustakaan terhadap kunjungan pemustaka

di perpustakaan umum kota solok. Ilmu informasi perpustakaan dan kearsipan, 1(1), 9–16.

Https://doi.org/10.24036/331-0934

Darmono.(2007). Perpustakaan sekolah :

Pendekatan aspek manajemen dan tata kerja.

Jakarta: Grasindo.

Elva Rahmah. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan : Teori dan Aplikasi. Cet ke-1. (Jakarta: Kencana.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

IFLA. (2020). COVID-19 and the Global Library

Field. Den Haag : IFLA (The International Federation of Library Associations and Institutions).

Retrieved from https://www.ifla.org/covid-19-

andlibraries

Kotler, dan Keller.(2012). Manajemen Pemasaran.

Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. Prinsip –Prinsip Pemasaran Manajemen. (Jakarta : Prenhalindo) . 2000

Kolter, Philip dan Gary Amstrong. (2010). Principles of Marketing. New York : Pearson.

Lasa Hs.(2009). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.

Margana, H. H., & Amir, I. The Relationship between The Promotion of Library Service and Increased Student Visits to School Library. Edulib,

(2), 87–91. 2015. (https://doi.org/10.17509/

edulib.v5i2.4396)

Mathar. Muh Quraisy. (2012). Manajemen dan

Organisasi Perpustakaan. Makassar : Alauddin University Press

Mulyadi. (2014). “Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan”. Vol.14 No.1. Sumber:

jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/

article/view/143> diakses pada: 20 Desember

Philip Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran.

Edisi Millenium. Jilid 2. Jakarta : Prenhallindo.

Qalyubi, Syihabudin, dkk. (2003). Dasar-dasar

ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: jurusan ilmu perpustakaan fakultas Adab

IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

SNI 7495:2009 Perpustakaan Umum Kabupaten/

Kota




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v6i1.2877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors