Pengaruh Duta Baca Perpustakaan Universitas Bengkulu Sebagai Public Relations Terhadap Minat Baca Mahasiswa

Daryono Daryono

Abstract


Seorang duta baca perpustakaan merupakan publik figur yang senang dengan aktivitas membaca dan dekat dengan dunia perpustakaan. Tugas utama duta baca perpustakaan sebagai motivator peningkatan minat baca terhadap seluruh mahasiswa yang berada di selingkungan Universitas Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh duta baca Perpustakaan Universitas Bengkulu terhadap minat baca mahasiswa Universitas Bengkulu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Universitas Bengkulu tahun ajaran 2018-2019 dengan sampel sebanyak 100 responden dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik cluster random sampling, serta analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana, uji t dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan duta baca sebagai public relation di Perpustakaan Universitas Bengkulu terhadap minat baca mahasiswa Universitas Bengkulu. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan kuisioner dengan hasil analisis linear sederhana diperoleh Y= 21,18 + (-0,008) X dan berdasarkan analisa hasil perhitungan t hitung = -0,089 lebih kecil dari pada ttabel = 1.98447 pada taraf signifikan 5% dan perhitungan t hitung lebih kecil dari pada t tabel. Ini berarti hipotesis kerja (HK) pada penelitian ditolak, dan hipotesis nihil (H0) diterima.

Keywords


Duta baca, Humas, Minat baca, Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Anjani, S. N. Dantes, G. Artawan. (2019).

Pengaruh Implementasi Gerakan

Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca

Dan Kemampuan Membaca

Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II

Kuta Utara. PENDASI: Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.3 No 2,

Agustus 2019. Hal. 74-83.

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam

Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Danu Damarjati. (2019). Benarkah Minat Baca

Orang Indonesia SerendahIni.From

:https://news. detik.com/berita/d4371993/benarkah-minat-bacaorangindonesia-serendah

Deni Hardianto. [s.n]. Studi Tentang Minat

Baca Mahasiswa Fakultas Pendidikan

Universitas Negeri Yogyakarta.

From:http://staffnew.uny.ac.id/uploa

d/132310873/penelitian/Studi+Tentan

g+Minat+Baca+Mahasiswa+FIP+UNY

Diah Handayani,et.al. (2020). Penyakit Virus

Corona 2019. Jurnal Respirologi

Indonesia. Vol 40. No. 2, April 2020.

Perhimpunan Dokter Paru

Indonesia

Effendy.( 2003). Ilmu Teori dan Filsafat

Komunikasi. Bandung : Citra

Aditya Bakti.

Ferry Rinaldo. (2017). Pemilihan Duta

Baca.From:https://basipda.bekasikab.g

o.id/berita-pemilihan-duta-baca.html

Jefkins, Frank.( 2003). Public Relations. edisi

kelima, Jakarta: Gelora Aksara

Normawati, Maryam, S., & Priliantini,

A.(2018). Pengaruh Kampanye "Let's

Disconnect to Connect" Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survei Pada

Followers Official

Account Line Starbucks Indonesia).

Jurnal Komunikasi Media dan Informatika,

Vol. 7, No. 3, 155- 164

Nurhadi. (2007). Membaca Cepat dan Efektif.

Bandung : Remaja Karya.

Nurjaman, Kadar dan Umam, Khaerul. (2012).

Komunikasi dan Public Relations.

Bandung: Pustaka Setia.

Siti Majidah (2021). Pentingnya Duta Baca

Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Jember: INAIFAS. From:

https://inaifas.ac.id/pentingnya- dutaperpustakaanperguruantinggi/#axzz7fIe6QP1G

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif

dan Kualitatif dan R&D.Bandung :

Alfabeta

_________(2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta

Sutarno. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat.

Jakarta : Sagung Seto.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v7i2.2766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors