Literasi Moderasi Beragama (Urgensi dan Implementasi dalam Pendidikan Era 4.0 dan 5.0)

Armin Tedy

Abstract


Fanatisme agama yang tinggi, menjadikan kekerasan sebagai alat radikalisasi dalam mengaktualisasikan ideologi agama. Radikalisme yang mengarah pada terorisme menjadi masalah penting bagi umat islam saat ini. Hal ini diakibatkan karena tidak adanya pondasi berpikir dan berperilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Radikalisme semakin meluas di Indonesia menjadikan agama sebagai alat propaganda untuk perubahan sosial atau reformasi politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Sehingga Literasi moderasi beragama begitu urgen dalam mengcunter faham Radikalisme dan Fanatisme agama yang tinggi yang tidak hanya merebak ditengah masyarakat, tetapi sudah mulai masuk kedalam dunia pendidikan, yang menjadikan kekerasan sebagai alat dalam mengaktualisasikan fahamnya. Sedangkan era globalisasi cukup menjadi penghambat besar dalam mengoptimalisasikan implementasi moderasi dalam pendidikan karena pengaruh arus teknologi yang tidak mampu dikendalikan. Sehingga pendidikan berbasis moderasi beragama sangat urgen dalam diintegrasi revolusi industri 4.0 dan society 5.0

Keywords


Moderasi Beragama, Pendidikan era 4.0 dan 5.0

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Ade Arip dan Mohammad

Erihadiana. 2022. “Strenghening

Religious Moderation as a Hidden

Curriculum in Islamic Religious

Universities in Indonesia”. (Jurnal

Pendidikan Islam, Vol. 5), tersedia

pada:

https://doi.org/10.31538/nzh.v5jl.19

, diakses pada 21 Mei 2022.

Chrisantina, Vita Santa Kusuma. 2021.

“Efektivitas Model Pembelajaran

Moderasi Beragama dengan Berbasis

Multimedia pada Peserta Didik Madrasah

Ibtidaiyah”. (Jurnal Pendidikan dan

Pelatihan Vol. 5), tersedia pada:

http://doi.org/10.37730/edutrained.

vi52.155, diakses pada 20 Mei 2022.

Fatoni, Is Susanto, Heri Okta Pratama, and

Siti Julaiha. 2021. “Multicultural

Inclusive Ecucation in the

Deradicalization of Islamic Education in

Indonesia”. (Jurnal Keguruan dan Ilmu

Tarbiyah, Vol.6), tersedia pada:

24042/tadris.v6i2.10246, diakses

pada 20 Mei 2022.

Ghoffar, M. Abdul (Penerjemah). 2004. Tafsir

Ibnu Katsir Jilid 1. Bogor: Pustaka

Imam Asy‟syafii.

Ghoffur, M. Abdul (Penerjemah). 2003. Tafsir

Ibnu Katsir Jilid 2. Bogor: Pustaka

Imam Asy-syafi‟.

Ghoffur, M. Abdul (Penerjemah). 2005. Tafsir

Ibnu Katsir Jilid 8. Bogor: Pustaka

Imam Asy-syafi‟.

Hanafi, Muchlis (Ed). 2015. Pendidikan,

Pembangunan Karakter, dan

Pengembangan Sumber Daya

Manusia (Tafsir Al-Quran Tematik).

Jakarta: Penerbit Aku Bisa.

Islam, Tazul dan Amina Khatun. 2015.

“Islamic Moderation in Perspective: A

Comparison Between Oriental and

Occidental Scholarships”. (International

Journal of Nusantara Islam, Vol.3),

tersedia pada:

https://doi.org/10.15575/ijni.v3i2.14

, diakses pada 20 Mei 2022.

K, Sampoerna. 2003. Kamus Lengkap Bahasa

Indonesia. Surabaya: Cipta Karya.

Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Quran. 2016.

Tafsir Ringkas Jilid 1. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihah Mushaf AlQuran.

Lase, Delipiter. 2019. “Pendidikan Era Revolusi

Industri 4.0”. (Jurnal Sundermann,

Vol. 1), tersedia pada:

https://jurnal.sttsunderman.ac.id,

diakses pada 19 Mei 2022.

Mulyadi, Mus; Muhammad Azizzullah Ilyas,

dan Ifasyah Putra. 2019. Pembinaan

Moderasi Beragama Melalui TPBIS

(Transformasi Perpustakaan Berbasis

Inklusi Sosial di Desa Agro-Wisata.

Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Nastiti, Faulinda Ely dan Aghni Rizqi Ni‟mal

„Abdu. 2020. “Kesiapan Pendidikan

Indonesia Menghadapi Era Society 5.0”.

(Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan,

Vol. 5), tersedia pada: eISSN 2599-

, diakses pada 19 Mei 2022.

Pohan, Budiman dan Tiara Khoerunnisa.

“Praktik Blended Learning berbasis

Moderasi Islam dalam Pendidikan anak

Usia dini di Masa Pandemi Covid-19”.

(Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 15),

tersedia pada: ISSN 2721-2866,

diakses pada 20 Mei 2022.

Putriani, Dwi Jesika dan Hudaidah. 2021.

“Penerapan Pendidikan Indonesia di Era

Revolusi Industri 4.0”. (Jurnal Ilmu

Pendidikan, vol. 3), tersedia pada:

https://edukatif.org/index.php/edu

katif/index, diakses pada 19 Mei

Qasim, Muhammad. 2020. Membangun

Moderasi Beragama Umat Melalui

Integrasi Keilmuan. Gowa: Alaudin

University Press.

Rahayu, Komang Novita Sri. 2021. “Sinergi

Pendidikan Menyongsong Masa Depan

Indonesia di Era Society 5.0”. (Jurnal

Pendidikan Dasar, Vol. 2), tersedia

pada: ISSN 2721-3935, diakses pada

Mei 2022.

Saifuddin, Lukman Hakim. 2020. Religious

Moderation. Jakarta: Gedung

Kementerian Agama.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah

Volume 14. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah

Volume 2. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. 2019. Wasathiyyah:

Wawasan Islam tentang Moderasi

Beragama. Jakarta: Lentera Hati.

Susilo, Sulistiyono and Reza Pahlevi

Dalimunte. 2019. “Moderate Southeast

Asian Islamic Education as a Parent

Culture in Deradicalization: Urgencies,

Strategies, and Challenges”. (Journal

Religious, Vol. 10), available at:

www.mdpi.com/journal/religious,

diakses pada 18 Mei 2022.

Undang-undang Republik Indonesia tentang

Sistem Pendidikan Nasional. UU No.

Tahun 2003. Republik Indonesia

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran

(Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan Efektif.

Jakarta: Bumi Aksara.

Usmaedi. 2021. “Education Curriculum for

Society 5.0 in the Next Decade”. (Jurnal

Pendidikan Dasar Setiabudhi, Vol. 4),

tersedia pada:

https://stkipsetiabudhi.ejournal.id/jpd, diakses pada 18 Mei

Yasid, H. Abu. 2014. Islam Moderat. Jakarta:

Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v7i2.2765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors