Media Sosial Sebagai Media Pelayanan Informasi Perguruan Tinggi

Rohmad Fadli, Martina Navratilofa, Yopa Puspitasari

Abstract


Artikel ini membahas terkait media sosial sebagai media pelayanan informasi perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media sosial yang digunakan humas UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dibawah naungan Kementerian Agama sebagai media pelayanan informasi. Metode penelitian yang digunakan adalam field research (penelitian lapangan). Informan penelitian ini adalah redaktur dan admin pengelola media sosial resmi UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Hasil penelitian ini yaitu Humas UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu melakukan fungsinya sebagai humas perguruan tinggi, antara lain : memberikan pelayanan informasi public melalui media sosial (instagram, youtube dan fanspage facebook) dan pusat pelayanan informasi dan dokumentasi serta menajalin hubungan dengan berbagai media (media relations). Serta Pengelola media sosial (instagram, youtube dan fanspage facebook) sebagai media pelayanan informasi publik yang dikelola oleh humas UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu cukup efektif dalam menjaga saluran informasi instansi dengan publik. Terbukti dengan diraihnya peringkat ke 2 webomatric Perguruan Tinggi seProvinsi Bengkulu.

Keywords


Media Sosial, Pelayanan Informasi, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Anggraini M.D & Rochayanti C, (2008), Peran

Humas Pemerintah Kabupaten Sragen

dalam Pengelolaan Isi Informasi Website

pemda sebagai Media Communications

Relations dengan Masyarakat, Jurnal Ilmu

Komunikasi, Vol. 6 No. 2 Agustus

Hutabarat A, (2010), Pengaruh Perkembangan

Masyarakat Informasi Terhadap

Kesejahteraan, Makara Sosial

Humaniora, Vol. 9 No.2 Desember

Indrajid R.E, (2005), Electronic Government:

Implementasi dan Kendalanya, Mediator,

Vol. 6 no. 2 Desember

Matt Haig, (2000), e-PR essential guide to pr on

the internet: the essential guide to public

relations on the internet: the essential guide

to online business communication, USA:

Kogan Page,

Effendy, Onong Uchjana, (2006), Hubungan

Masyarakat suatu Studi Komunikologis,

Bandung: Remaja Rosdakarya

Riady Y, (2014), Mewujudkan Masyarakat

Informasi Indonesia: Dampak Sosial,

Konsekuensi, dan Kemungkinannya,

Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 10 No. 1

Juni

Fadli, R., Gushevinalti, G., & Firmansyah, M.

A. (2021). Strategi Humas Perguruan

Tinggi dalam Membangun Reputasi:

Studi Alih Status IAIN Bengkulu

menjadi UIN Fatmawati Sukarno

Bengkulu. Jurnal Ilmiah Syi'ar, 21(1)

Severin & Tankard, (2005), Teori Komunikasi:

Sejara, Metode, & Terapan di dalam Media

Massa, (5th ed), (S. Harianto,

Terjemahan), New York: Addison

Wesley Longman, Inc

Siti Makhmuda, (2019), Medsos dan Dampaknya

pada Perilaku Keagamaan Remaja,

Nganjuk: Guepedia




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v8i1.2529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors