Redesain Layanan Bebas Pinjam Selama Masa Pandemi Covid-19 di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya

Hary Supriyanto

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui redesain layanan bebas pinjam dan perbedaannya dengan layanan bebas pinjam konvensional yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dikarenakan pandemic Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, yakni memahami dan meneliti fenomena tertentu yang terjadi secara mendalam didasarkan pada data-data yang terkumpul untuk selanjutnya dilakukan pengolahan dan analisa agar diperoleh pemecahannya. Hasil analisa menyimpulkan bahwa redesain layanan bebas pinjam adalah perubahan prosedur dari konvensional ke online. Ada dua hal yang membedakan keduanya, yakni (1) prosedur layanan yang biasanya manual dengan kunjungan langsung di gedung perpustakaan digantikan dengan pemanfaatan media sosial dan (2) jumlah file upload yang semakin banyak pada layanan bebas pinjam online. Untuk perbedaan layanan antara bebas pinjam konvensional dan online, ditemukan setidaknya tujuh hal yakni prosedur pelunasan tunggakan pinjaman buku, prosedur pelunasan hutang dan administrasi lainnya, file upload mandiri, proses verifikasi, penerbitan Surat keterangan bebas pinjam, prosedur layanan, dan waktu layanan.


Keywords


Layanan Bebas Pinjam, Repository

Full Text:

PDF

References


Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima: Aplikasi Luring Resmi Badan Pengem bangan Bahasa dan Perbukuan Kemen terian Pendidikan dan Kebudayaan Re publik Indonesia.

Keputusan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Nomor: Un.07/1/KS.01.2/SK/89/P/2016 ten tang Wajib Serah Simpan Karya Ilmiah Sivitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakar-ya.

Prihatsanti, Unika, Suryanto, dan Hen driani, Wiwin. 2018. Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi Vol. 26 No. 2.

Sutarno. 2004. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Samitra Me dia Utama.

Suwarno, Wiji. 2018. Perpustakaan dan Buku: Wacana Penulisan dan Penerbitan. Jog jakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusup, Pawit M. dan Subekti, Priyo. 2010. Teori dan Parktik Penelusuran Informasi: Infor mation Retrieval. Jakarta: Kencana.

http://perpustakaan.upi.edu/bebas-pinjam/

https://covid19.go.id/p/berita/penemuan-obat-covid-19-ali-gufron-membutuhkan-proses-panjang

https://news.detik.com/kolom/d5041462/bertahan-dari-covid-19-dengan-mengubah-pola-hidup

https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/27/170200823/apa-itu-penyakit-zoonosis-penyebab-rabies-sampai-covid-19-?page=all

https://www.merdeka.com/trending/kronologi-munculnya-covid-19-di-indonesia-hingga-terbit-keppres-darurat-kesehatan-kln.html

https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v5i2.2522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors