Pengembangan Koleksi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi di Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS)

Arsyad Nuzul Hikmat

Abstract


Pengembangan koleksi di perpustakaan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan oleh semua jenis perpustakaan. Dengan melakukan pengembangan koleksi maka perpustakaan mampu menyediakan koleksi- koleksi yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan serta kebutuhan pemustaka sehingga kebutuhan informasi mereka akan tercukupi. Perpustakaan sekolah sebagai sebuah sarana pendidikan yang mendukung kegiatan belajar mengajar disekolah, dituntut untuk selalu mengembangkan koleksinya agar mampu menunjang kebutuhan informasi siswa, guru, serta para pengelola sekolah. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat mengenai perpustakaan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah kemudian proses dan tahapan yang dilakukan dalam pengembangan koleksi. Outputnya diharapkan pengelola perpustakaan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah mengerti dan memahami langkah-langkah dalam pengembangan koleksi guna memenuhi kebutuhan informasi di sekolah.

Keywords


Pengembangan koleksi, Perpustakaan SekolahMenengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah.

Full Text:

PDF

References


AS, F. Y. (2017). Analisi Pemanfaatan Perpustakaan

Sekolah Dalam Menumbuhkan minat Baca

Siswa Kelas II Di SD Islam Al-Badar

Tulungagung. Malang: Universitas

Muhammadiyah Malang.

Aswar, A. A. (2016). Analisis Sistem Pengembangan

Koleksi Di Perpustakaan SMP Negeri 20 Kab.

Bulukumba. Makassar: Universitas Islam

Negeri Alauddin Makassar.

Aulia, D. F. (2014). Pengembangan Koleksi Di

Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama

Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta:

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Yogyakarta.

Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pengelolaan

Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Edward, E. (2000). Developing Library And

Information Center Collection. Wetsport:

Libraries Unlimited.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan

(Library Research). Malang: Literasi Nusantara

Abadi.

Haqqi, A. (2015). Diktat Mata Pembinaan Dan

Pengembangan Koleksi. Jambi: IAIN Sultan

Thaha Saifuddin.

Hikmat, A. N. (2019). Pengembangan Koleksi

Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama 22

Kota Jambi. Libria.

HS, L. (2002). Membina Perpustakaan Madrasah Dan

Sekolah Islam. Yogyakarta: Adicita.

Indonesia, P. N. (2011). Standar Nasional Perpustakaan

:2011. Jakarta.

Kemendikbud. (2020, April 14). Retrieved from KBBI:

https://kbbi.kemedikbud.go.id/entri/perpustakaan

Peter, C., & G E Gorman. (2001). Managing

Information Resources In Libraries. London:

Library Association.

Rahmah, E., & Makmur, T. (2015). Kebijakan Sumber

Informasi Perpustakaan: Teori Dan Aplikasi.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif,

kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Toha, F. (2016). Sistem Pengembangan Bahan Pustaka

Di Perpustakaan Sekolah Menengnah Pertama

Negeri 7 Alla Kabupaten Enrekang. Makassar:

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

(1989).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun

Tentang Perpustakaan. (2007).

Wartman, & A, W. (1989). Collection Development:

Background And Principles. Chicago: America

Library Association.

Yuk, Y., & Sujana, J. G. (2009). Pengembangan

Koeksi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusuf, M. (2017). Manajemen Pengembangan Koleksi

Di Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Ma'had

Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata

Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Islam

Negeri Alauddin Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v5i1.2500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors