TANGGAPAN PEMUSTAKA TERHADAP PEMASARAN JASA INFORMASI DI PERPUSTAKAAN (Studi kasus di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu)

Nanik Rahmawati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian   ini adalah tanggapan Pemustaka Terhadap Pemasaran Jasa Informasi di Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu”.  Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk mengetahui tanggapan pemustaka terhadap  materi produk  pemasaran informasi   perpustakaan, materi  jasa   pemasaran informasi  perpustakaan serta  kredibilitas  pustakawan- nya.   Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah observasi,  wawancara, studi kepustakaan, serta penyebaran angket kepada 50 responden.  Hasil penelitian  menunjukkan tanggapan pemustaka terhadap  pemasaran jasa informasi  merupakan tolak ukur  keberhasilan kegiatan  perpustakaan.  Kegiatan  pemasaran  jasa  informasi  perpustakaan harus  mencakup aspek kemudahan jasa, biaya jasa, kemampuan pustakawan, perilaku pustakawan, antusiasme pustakawan serta  kemampuan pus- takawan  dalam   menggunakan dan  memanfaatkan jasa informasi perpustakaan berpengaruh terhadap tanggapan pemustaka dalam  memanfaatkan jasa informasi perpustakaan selanjutnya

Keywords


Pemustaka;Pemasaran Jasa Informasi;Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Coote, Hellen. 1994. How to Market Your Library Service Effectively. London. Aslib, The Associa- tion for Management Information House.

Damayanti, Ninis Agustini. 2003. Marketing untuk

Perpustakaan dan Lembaga Informasi: MakalahSeminar Nasional Marketing Informasi (maka- lah). Jayakarta Bandung.

Kotler, Philip. 1994. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: Intermedia

Masir.Moh. 1988. Metode Penelitian. Cet 1 jakarta: Ghalia Indonesia

Mason, Donald. 1978.Information Magament. Eng- land. Peter Peregrinus Ltd.

Selvano, A. 2004. Tanggapan pengguna terhadap Produk dan Jasa Informasi di Perpustakaan. Bandung: UNPAD

Sulistyo_Basuki.1998.Pengantar Ilmu Perpustakaan.

Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v3i1.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors