TANGGAPAN PEMUSTAKA TERHADAP PEMASARAN JASA INFORMASI DI PERPUSTAKAAN (Studi kasus di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tanggapan Pemustaka Terhadap Pemasaran Jasa Informasi di Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pemustaka terhadap materi produk pemasaran informasi perpustakaan, materi jasa pemasaran informasi perpustakaan serta kredibilitas pustakawan- nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, serta penyebaran angket kepada 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan pemustaka terhadap pemasaran jasa informasi merupakan tolak ukur keberhasilan kegiatan perpustakaan. Kegiatan pemasaran jasa informasi perpustakaan harus mencakup aspek kemudahan jasa, biaya jasa, kemampuan pustakawan, perilaku pustakawan, antusiasme pustakawan serta kemampuan pus- takawan dalam menggunakan dan memanfaatkan jasa informasi perpustakaan berpengaruh terhadap tanggapan pemustaka dalam memanfaatkan jasa informasi perpustakaan selanjutnya
Keywords
Pemustaka;Pemasaran Jasa Informasi;Perpustakaan
Full Text:
PDFReferences
Coote, Hellen. 1994. How to Market Your Library Service Effectively. London. Aslib, The Associa- tion for Management Information House.
Damayanti, Ninis Agustini. 2003. Marketing untuk
Perpustakaan dan Lembaga Informasi: MakalahSeminar Nasional Marketing Informasi (maka- lah). Jayakarta Bandung.
Kotler, Philip. 1994. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: Intermedia
Masir.Moh. 1988. Metode Penelitian. Cet 1 jakarta: Ghalia Indonesia
Mason, Donald. 1978.Information Magament. Eng- land. Peter Peregrinus Ltd.
Selvano, A. 2004. Tanggapan pengguna terhadap Produk dan Jasa Informasi di Perpustakaan. Bandung: UNPAD
Sulistyo_Basuki.1998.Pengantar Ilmu Perpustakaan.
Jakarta: Gramedia
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v3i1.1223
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :





