Evaluasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di MTsN 2 Kota Bengkulu
Abstract
Abstract:
This study aims to evaluate the use of information technology in improving the effectiveness of Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning at MTsN Kota Bengkulu. The use of technology in PJOK learning is considered to be able to help teachers in delivering material interactively and interestingly. The research method used is descriptive qualitative with observation, interview, and documentation techniques. The results of the study indicate that the use of digital media such as learning videos, fitness applications, and online learning platforms has a positive impact on student motivation and understanding. Most teachers have utilized technology in the learning process although there are still some technical obstacles. The obstacles faced include limited facilities, lack of teacher training, and minimal technology infrastructure in schools. However, the use of technology has been proven to be able to increase active student participation in the learning process. The evaluation also shows that technology integration encourages a more collaborative and contextual learning approach. Therefore, improving teacher competence and providing supporting facilities is very necessary. This means that information technology has a significant role in improving the effectiveness of PJOK learning at MTsN Kota Bengkulu.
Keywords: Information Technology, PJOK Learning, Evaluation
Abstak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di MTsN Kota Bengkulu. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran PJOK dinilai dapat membantu guru dalam menyampaikan materi secara interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital seperti video pembelajaran, aplikasi kebugaran, dan platform pembelajaran daring memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Sebagian besar guru telah memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran meskipun masih terdapat beberapa kendala teknis. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan guru, serta minimnya infrastruktur teknologi di sekolah. Namun demikian, penggunaan teknologi terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Evaluasi juga menunjukkan bahwa integrasi teknologi mendorong pendekatan pembelajaran yang lebih kolaboratif dan kontekstual. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru dan pengadaan fasilitas penunjang sangat diperlukan. Ini berarti bahwa teknologi informasi memiliki peran signifikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PJOK di MTsN 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Teknologi Informasi, Pembelajaran PJOK, Evaluasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar pustaka
Abdul Kadir & Terra CH. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Febrianti, Indri, and others, ‘Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan’, Academy of Education Journal, 14.2 (2023), pp. 506–22, doi:10.47200/aoej.v14i2.1763
Husaini, M (1IAIN Raden Intan Lampung Jalan Purnawirawan No. 05 Kedaton Bandar Lampung E-mail: m.husaini78@gmail.com), ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN (E-Education)’, Jurnal Mikrotik, 2.1 (2014), pp. 1–5
Rojali, Wahyu Irfan, and others, ‘Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19’, Jurnal MensSana, 6.1 (2021), pp. 92–99, doi:10.24036/menssana.06012021.24
Saidhi, Ridwan, and others, ‘Perancangan Aplikasi Vidtorga Pada Matapelajaran Pjok Kelas X Di Smkn 1 Ampek Angkek’, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6.2 (2023), pp. 222–46, doi:10.37792/jukanti.v6i2.1004
Septian et al., ‘Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko Melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP)’, Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6.2 (2020), pp. 146–65
Stufflebeam, D. L. (1971). The Relevance of the CIPP Evaluation Model for Educational Accountability. ERIC Clearinghouse.
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP Model for Evaluation. In D. L. Stufflebeam & T. Kellaghan (Eds.), The International Handbook of Educational Evaluation (pp. 31–62). Boston: Kluwer Academic Publishers.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Worthen, B. R., & Sanders, J. R. (1987). Educational Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York: Longman.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8295
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8295.g5659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Khairiah Khairiah, Eem Merani Destiana, Reindo Febrianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







