Evaluasi Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MI PlusNur Rahma Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran perpustakaan sekolah sebagai sarana pendukung dalam pembentukan budaya literasi di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan model evaluasi CIPP,dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program perpustakaan yang diterapkan, seperti kegiatan membaca rutin, pojok baca, dan lomba literasi, memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat baca siswa. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan koleksi buku yang relevan dan keterlibatan aktif dari guru dan orang tua. Secara keseluruhan, program perpustakaan di MI Plus Nur Rahma dinilai cukup efektif, meskipun perlu penguatan dalam hal pengelolaan, fasilitas, dan kolaborasi antar pihak sekolah. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk pengembangan program literasi yang lebih optimal di lingkungan sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rasyid Munthe. 2019. Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MAN 1 Medan
Andi, Prastowo. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia, Hal.15
Anis Zohariyah. Manajemen Perpustakaan Dalam meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal : Tarbawi Volume 2/ No. 01 Januari – Juni 2016, Hal. 13
Anis Zohriah. 2016. Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Vol 2 No 1
Darmono. 2017. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen Dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo, Hal 50
Eliza, dkk. 2024. Pinter Literasi dan Numerasi: Panduan Praktis Untuk Guru/Dosen dan Orang Tua. (Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management). Hal.28
Fitriyani, N. (2020). Peran Program Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi dan Pendidikan, 5(2), 88–95.
Haris, A. (2019). Integrasi Program Literasi dan Pembelajaran: Dampaknya Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 45–53.
Ibnu Husein Rahmatullah, dkk. 2022. Sekuntum Essay Pendidikan Dasar. (Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management). Hal.50
Maulida, S. (2019). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 34–42.Wulandari, S. (2020). Efektivitas Program Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Literasi, 6(1), 21–30.
Panca Dewi Purwati, dkk. 2024. Menjadi Generasi Cemerlang, Peran Pojok Baca dalam Pendidikan Anak.( Jawa Tengah: Cahya Ghani Rechovery). Hal. 14
Qalyubi, Syihabuddin. 2017. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab, Hal. 10
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA. Hal. 80
Wartiningsih. 2021. “Evaluasi Kirckpatrick’s Pelatihan Pengelolaan Kampung Keluarga Berencana.” 2021 4. Hal.48
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8254
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8254.g5664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Afindi Afindi, Atik Likai Tanjua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







