Peran Administrasi Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Bengkulu Selatan

Nur Puspasari, Leppe Firmansyah

Abstract


Abstract: Curriculum administration has not played an optimal role in improving the quality of learning, characterized by the lack of teachers' knowledge about curriculum standards and modern learning methods, as well as the limitations of educational facilities and infrastructure that support the learning process. This study aims to describe and analyze the role of curriculum administration in improving the quality of learning in MTsN 2 South Bengkulu. Using descriptive qualitative methods, data collection techniques through observation, interviews, documentation and literature studies. The results of the study show that curriculum administration in MTsN 2 South Bengkulu has not been fully effective in improving the quality of learning. There are several challenges, including the lack of teachers' knowledge of applicable curriculum standards and modern learning methods, as well as the limitations of facilities and infrastructure that support curriculum administration, so that the quality of learning is still not optimal. Thus, it can be concluded that the role of curriculum administration can improve the quality of learning. Therefore, it can be suggested that in policy formulation, school principals, and teachers design more effective strategies in curriculum administration, namely planning, implementation, and evaluation of the curriculum, so as to improve the overall quality of learning in MTsN 2 South Bengkulu.

Keywords: Role, Curriculum Administration, Learning Quality, Madrasah Tsanawiyah.

 

Abstrak: Administrasi kurikulum belum berperan secara optimal dalam meningkatkan mutu pembelajaran ditandai dengan masih kurangnya pengetahuan guru tentang standar kurikulum dan metode pembelajaran modern, serta keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran administrasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Bengkulu Selatan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi kurikulum di MTsN 2 Bengkulu Selatan belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Terdapat beberapa tantangan, termasuk kurangnya pengetahuan guru tentang standar kurikulum yang berlaku dan metode pembelajaran yang modern, serta keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung administrasi kurikulum, sehingga mutu pembelajaran masih belum optimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran administrasi kurikulum dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disarankan bahwa dalam pengambila kebijakan, kepala sekolah, dan guru merancang strategi yang lebih efektif dalam administrasi kurikulum yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran secara keseluruhan di MTsN 2 Bengkulu Selatan.

Kata kunci: Peran, Administrasi Kurikulum, Mutu Pembelajaran, Madrasah Tsanawiyah.


Keywords


Keywords: Role, Curriculum Administration, Learning Quality, Madrasah Tsanawiyah.

Full Text:

PDF

References


Referensi

Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, and Jekson Parulian Harahap, ‘Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka’, COMPETITIVE: Journal of Education, 2.3 (2023), 201–11

Achruh, Andi, ‘Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.6 (2022), 1707–15

Amir, Faizal, ‘Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Studi Kasus Di MTs N 1 Cirebon)’, Tanzhimuna, 3.1 (2023), 57–69

Bali Sastrawan, Ketut, ‘Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran’, Jurnal Penjaminan Mutu, 2.2 (2016), 65

Ezhari, Muhammad Muhsin Saqafi, and Khairiah, ‘Introduction Leadership Is a Very Strategic Component and Authority in an Institution , but Leadership Still Creates Conflicts and Difficulties in the Development of Educational Institutions . As Aryawan , I . W . ( 2021 ) Explains That Leadership Conflic’, Al-Khair Journal Management Education, 2021, 2023, 287–300

Hidayat, Tatang, Endis Firdaus, and Momod Abdul Somad, ‘MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TYLER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH’, POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5.2 (2019), 1–23

Huberman, Michael, ‘Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study’, American Educational Research Journal, 27.2 (1990), 363–91

Jannah, F., T. Irtifa, and P.F.A. Zahra, ‘PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022’, Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4.2 (2022), 55–65

Khairiah, Khairiah, ‘Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis Kkni Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Ptain’, Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 8.2 (2015), 171–85

Rosni, Rosni, ‘Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7.2 (2021), 113

Subhi, Imam, ‘Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Di’, Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Ditengah Pandemi Covid-19, 3.1 (2020), 45–47

Sugiana, Aset, ‘Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Di Indonesia’, EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12.1 (2018), 91–103

Sumarni, ‘PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI MADRASAH MANAGEMENT OF INCLUSIVE EDUCATION IN MADRASA’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 2019

Supriatna, Ucup, ‘Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah’, Ta’Limuna, 10.01 (2021), 42–54

Suryana, S., ‘Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan’, Edukasi, 14.1 (2020)

Turnip1, Helena, Sriwati Sihombing2, Sulastri Lumban Gaol3, Yosafat Timothy, and Limbong4, ‘ADMINISTRASI KURIKULUM’, Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2.2 (2023), 133–38

Umam, Moch Rizal, and Tasman Hamami, ‘Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah’, At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15.1 (2023), 1–16

Uno, Hamzah B., and Nina Lamatenggo, ‘Tugas Guru Dalam Pembelajaran’, Bumi Aksara, 2019, p. 198

Wawan Hermansyah, ‘Tantangan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Kerekeh Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa’, NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 4.2 (2023), 494–99

Yanti, Pebri, Khairlah, and Mindani, ‘Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mensukseskan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdn 04 Muara Pinang’, An-Nizom, 9 (2024), 12–23




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6581

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6581.g4364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Puspasari, Leppe Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :