Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Ibtidaiyah Musi Rawas di Sumatera Selatan

Lilis Merlita, Hermansyah Hermansyah, Vera Nopianti, Kardiyo Kardiyo, Adisel Adisel

Abstract


Abstract: The leadership style of the head of madrasah ibtidaiyah is still difficult to demonstrate the pedagogic competence of teachers, characterized by pedagogic competence is still mechanical and students tend to be dwarfed. The purpose of this study is to map and analyze the leadership style of madrasah heads in improving the pedagogic competence of madrasah ibtidaiyah Musi Rawas Sumatera Selatan. Using a descriptive qualitative method. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique is similar to Hubermen's theory through data reduction, data presentation, and conclusion drawn. The results of the study show that the leadership of the head of the madrasah has applied a democratic leadership style in improving the competence of teachers, such as the leadership style has upheld togetherness, improved teachers' essential skills in learning management, motivated teachers, provided opportunities to participate in further education, training, seminars, and workshops, applied discipline and supervised classes. Therefore, it can be concluded that the leadership style of the head of the madrasah can improve the pedagogic competence of teachers. So it can be suggested, to improve the pedagogic competence of teachers, then improve the leadership style of madrasah heads in madrasas.

Keywords: Leadership Style of Madrasah Heads, Pedagogic Competence of Teachers, Madrasah Ibtidaiyah.

 

Abstrak: Gaya kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah masih sulit mewujukan kompetensi pedagogic guru, ditandai dengan kompetensi pedagogik masih mekanis dan siswa cenderung kerdil. Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru madrasah ibtidaiyah Musi Rawas Sumatera Selatan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mirip teori Hubermen melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah telah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dalam meningkatkan kompetensi pedaogik guru, seperti gaya kepemimpinan telah menjunjung tinggi kebersamaan, meningkatkan keterampilan esensial guru dalam pengelolaan pembelajaran, memotivasi guru, memberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan lanjutan, pelatihan, seminar, dan workshop, menerapkan disiplin dan melakukan supervisi kelas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Sehingga dapat disarankan, untuk meningkatkan kompetensi pedagogic guru, maka tingkatkan gaya kepemimpinan kepala madrasah di madrasah.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru, Madrasah Ibtidaiyah.


Keywords


Keywords: Leadership Style of Madrasah Heads, Pedagogic Competence of Teachers, Madrasah Ibtidaiyah.

Full Text:

PDF

References


Referensi

Akbar, Aulia, ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’, JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2.1 (2021), 23

Arista, Helsi, Ari Mariani, Devi Sartika, Deti Murni, and Emmi Kholilah Harahap, ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Input, Proses Dan Output)’, Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2.1 (2023), 38–52

Dr. Hj. Khairiah, M.Pd, KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA, 2020

Dwi, A Jean, Ritia Sari, and Muhammad Giatman, ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, 5.3 (2021), 329–33

Firdaus, Muhammad Aditya, Umar Rosadi, Universitas Islam, Nusantara Bandung, and Work Ethic, ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI Di Sekolah’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7.4 (2021), 400–411

Hajar, Siti, and Elpri Darta Putra, ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kedisplinan Guru Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.4 (2021), 2256–62

Heryanto, Deny, Haris Supratno, Sujarwanto, and Erny Roesminingsih, ‘Democratic Leadership of the School Principle in Growing Teacher Professionalism’, Journal of Law and Sustainable Development, 11.7 (2023), 1–17

Huberman, Michael, ‘Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study’, American Educational Research Journal, 27.2 (1990), 363–91

Khairiah, Anggraini, Diana, Ulya Rahmanita, and Okda Jumanti, ‘Problematika Kompetensi Di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Di Indonesia Pendahuluan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Di Indonesia Telah Menciptakan Problematika Dalam Kompetensi Di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Sebagaim’, Al Khair; Journal Management EducationManagemen Education, 2021, 87–99

Khairiah, Alfauzan Amin, Muassomah, Mira Mareta, Sulistyorini, and Mirna Yusuf, ‘Challenges to Professional Teacher Development through Workplace Culture Management’, International Journal of Evaluation and Research in Education , 13.2 (2024), 714–22

Khairiah, Khairiah, ‘Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru’, AT-TA’LIM Media Informasi Pendidikan Islam, 19.1 (2020), 91–110

Khairiah, Khairiah, and Sirajuddin Sirajuddin, ‘The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu’, Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2019), 239–66

Megiati, Yunita Endra, and Noor Komari Pratiwi, ‘Persepsi Guru Atas Supervisi Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6.1 (2021)

Mohd Razali, Mohd Norlizam, Aida Hanim A. Hamid, Bity Salwana Alias, and Azlin Norhaini Mansor, ‘The Validity and Reliability of Culturally Responsive Leadership Practice Instruments in Small Schools Peninsular Malaysia’, International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13.1 (2024), 1

Noor, Muslichan, ‘Gaya Kepemimpinan Kyai’, Jurnal Kependidikan, 2019

Paizal, Irfan, Arifuddin Siraj, and Sitti Mania, ‘Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4.1 (2019), 21–37

Rindiana, Triska, Muh. Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih, ‘Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar’, Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6.1 (2022), 89–100

Roudhatul Jannah; Huriyah, ‘Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Tsaqafatuna, 3.1 (2021), 50–64

Safaat, Saat, ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Penerapan Metode Qiraati Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an’, Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 2.1 (2019), 26–35

Ummah, Ulfi Khoirotul, and Akhmad Munir, ‘Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Tegalsari Banyuwangi’, EDUCARE: Journal of Primary Education, 1.1 (2019), 31–48

Vusvitha, Vastha, Zainal Berlian, and Dewi Warna, ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan’, Studia Manageria, 2.1 (2020), 13–26

Warsihna, Jaka, ‘Kompetensi Tik Untuk Guru’, Jurnal Teknodik, XVI (2019), 230–39




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6478

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6478.g4290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lilis Merlita, Hermansyah Hermansyah, Vera Nopianti, Kardiyo Kardiyo, Adisel Adisel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :