Peran Program Pembelajaran dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Selatan

Kristanti Olivia, Eem Merani Destiana

Abstract


Abstract: The professionalism of teachers is still low, marked by teachers still not being able to show learning programs such as SILABUS, Semester Program Plan (RPS), Learning Program Plan (RPP), Weekly Program Plan (RPM) and Daily Program Plan (RPH). The purpose of this research is to map and analyze the role of learning programs in improving the professionalism of teachers at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 South Bengkulu. Using descriptive qualitative methods, data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using Huberman's theory. The results of the study show that the existing learning programs are not fully effective in supporting the improvement of teachers' professionalism, due to limited understanding in creating learning programs, including constraints on access to training, limited technology, and lack of coordination between stakeholders. The professionalism of teachers has not been maximized, marked by teachers who have not been able to display learning programs systematically and have not been able to develop the latest curriculum. Thus, it can be concluded that the learning program plays a role in improving the professionalism of teachers, so it can be suggested that to improve the professionalism of teachers, then increase the role of the learning program systematically in the madrasah.

Keywords: Role, Learning Program, Teacher Professionalism, Madrasah Ibtidaiyah.

 

Abstrak: Profesionalitas guru masih rendah, ditandai dengan guru-guru masih belum mampu memperlihatkan program pembelajaran seperti SILABUS, Rencana Program Semester (RPS), Rencana Program Pembelajaran (RPP), Rencana Program Mingguan (RPM) dan Rencana Program Harian (RPH). Tujuan Penelitian ini untuk memetakan dan menganalisis peran program pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Selatan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran yang ada belum sepenuhnya efektif dalam mendukung peningkatan profesionalitas guru, disebabkan keterbatasan pemahaman dalam membuat program pembelajaran, termasuk kendala akses pelatihan, keterbatasan teknologi, dan kurangnya koordinasi antar-stakeholder. Profesionalitas guru belum maksimal, ditandai dengan guru belum mampu menampilkan program pembelajaran secara sistematis dan belum mampu mengembangkan kurikulum terbaru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran berperan dalam meningkatkan profesionalitas guru, sehingga dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan profesionalitas guru, maka tingkatkanlah peran program pembelajaran secara sistematis di madrasah.

Kata kunci: Peran, Program Pembelajaran, Profesionalitas Guru, Madrasah Ibtidaiyah.


Keywords


Keywords: Role, Learning Program, Teacher Professionalism, Madrasah Ibtidaiyah.

Full Text:

PDF

References


Referensi

AISYAH, SITI, ‘Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi’, Jurnal Literasiologi, 2.2 (2019), 17

Amalia, Intan, ‘Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2.2 (2020), 152–55

Amilia, Winanda, ‘Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar’, Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6.1 (2022), 38–48

Asyafah, Abas, ‘MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam)’, TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6.1 (2019), 19–32

Azizah, Fiktrotul; Andi Sulistio, ‘Profesionalisme Guru, Kajian Teiritis Dan Praktis Dalam Pengelolaan Kelas’, Buku, 11.1 (2019), 1–14

Huberman, Michael, ‘Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study’, American Educational Research Journal, 27.2 (1990), 363–91

Khairiah, Khairiah, ‘Peran Fungsi Evaluasi Dalam Lembaga Pendidikan ( Program Pembelajaran )’, XV.1 (2022), 31–39

Khairiah, Khairiah, Zulfi Mubaraq, Asmendri Asmendri, Suswati Hendriani, Dahniar Th Musa, and Adison Adrianus Sihombing, ‘Delegitimization of Leadership in Overcoming Difficulties in Online Learning during the COVID-19 Pandemic’, World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14.3 (2022), 726–39

Khairiah, Khairiah, and Sirajuddin Sirajuddin, ‘The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu’, Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2019), 239–66

Laely Nuriyah, ‘Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7.8 (2021), 397–405

Laudria Nanda Prameswati, Istiana Malikatin Nafi’ah, Prahoro Yudo Purwono, ‘Program Pendampingan Pembelajaran Bagi Siswa’, Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3.1 (2021), 18–24

Mahrus, Mahrus, ‘Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Nasional’, JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3.1 (2021), 41–80

Mas, Sitti Roskina, ‘Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran’, Jurnal Inovasi, 5.2 (2017), 1–10

Maullidina, Kiki, Endang Sri Mulyani, and Cucu Atikah, ‘Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kualitas Pendidikan’, Journal of Education Research, 4.4 (2023), 1731–36

Melania, Maria, Oktaviana Bhena, Maria Stefania Odje, Yovita Maria Pawe, Yosefa Manggus, Program Studi, and others, ‘JURNAL PENDIDIKAN INKLUSI Citra Bakti SEKOLAH DASAR’, 1 (2023), 68–74

Mulyono, ‘Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran Di Abad Global’, Malang: UIN Maliki Press, 1 no 2 (2020), 8

Rabbani, Abd. Rahman, and Khairiah Khairiah, ‘Evaluasi Fungsi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Di Bengkulu’, Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 2.2 (2012), 78

Rachman Putra, Arif, and Rahayu Mardikaningsih, ‘Study on Employee Performance Reviewing from Leadership, Innovative Behavior and Work Engagement’, Management, Engineering, and Technology A.R. Putra & R. Mardikaningsih, 2.1 (2022), 4–10

Ramdani, Nanang Gustri, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa’adah, and others, ‘Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran’, Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2.1 (2023), 20

Rifky, Sehan, Sepling Paling, Opan Arifudin, and Putu Satya Narayanti, ‘Professionalism Of Educators In Learning Development’, International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2.2 (2024), 579–88

Rindiana, Triska, Muh. Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih, ‘Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar’, Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6.1 (2022), 89–100

Risdiany, Hani, ‘Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam’, Seminar Nasional Ilmu …, 3.2 (2021), 197

Roudhatul Jannah; Huriyah, ‘Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Tsaqafatuna, 3.1 (2021), 50–64

Safitri Safitri, Sa’baniah Sa’baniah, and Eko Nursalim, ‘Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kaubun’, ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2.1 (2023), 30–45

Susanti, Aty, and Udin Syaefuddin Sa’ud, ‘Efektifitas Pengelolaan Pengembangan Profesionalitas Guru’, Jurnal Administrasi Pendidikan, 13.2 (2017), 37–51

Sutiono, Dr., ‘Profesionalisme Guru’, Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4.2 (2021), 16–25

Yulmasita Bagou, Dewi, and Arifin Suking, ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru’, Jambura Journal of Educational Management, 1.September (2020), 122–30




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6390

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6390.g4272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kristanti Olivia, Eem Merani Destiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :