Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Mandiri Siswa di SMP Negeri 02 Bengkulu Tengah

Suhirman Suhirman, Friti Sulastri, Hafidzah Nurhasanah, Ai Siti Hodijah

Abstract


Abstract: The use of technology in the process of independent learning is still relatively low, marked by social networks, e-mail or skype, sufing the internet only as communication in cyberspace. This study aims to describe the role of ICT teachers in independent learning in SMP Negeri 2 Bengkulu Tengah. Using a descriptive qualitative method. The results of the study show that the role of ICT teachers in independent learning is very important such as teachers as learning designers, facilitators, managers, demonstrators, supervisors, motivators, and as elevators. ICT teachers think positively and always want to progress in learning ICT, have a high awareness to make changes, read journals, learn independently by exploring to find potential and talents, and participate in training, comparative studies to develop abilities, skills to continue to develop in educating students to learn independently. Independent learning can utilize ICT such as E-Learning, powerpoint, e-mail, youtube, learning videos, websites and various learning applications that can be used independently by teachers and students in gaining knowledge, knowledge and information about learning independently. So it can be concluded that ICT teachers can play a role in improving students' independent learning. Thus, it can be suggested that to increase student independent learning, increase the role of ICT teachers in schools.

Keywords: The Role of Information and Communication Technology Teachers, Student Independent Learning.

 

Abstrak: Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran mandiri masih tergolong rendah, ditandai jejaring sosial, e-mail atau skype, sufing internet hanya sebagai komunikasi di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru TIK dalam pembelajaran mandiri di SMP Negeri 2 Bengkulu Tengah. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru TIK dalam pembelajaran mandiri menjadi sangat penting seperti guru sebagai perancang pembelajaran, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan sebagai elevator. Guru TIK berfikir positif dan selalu ingin maju dalam mempelajari TIK, memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan perubahan, membaca jurnal, belajar mandiri dengan bereksplorasi menemukan potensi dan bakat, ikut pelatihan, studi banding untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan untuk terus berkembang dalam mencerdaskan siswa belajar secara mandiri. Pembelajaran mandiri dapat memanfaatkan TIK seperti E-Learning, powerpoint, e-mail, youtube, video pembelajaran, situs dan berbagai aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri oleh guru dan siswa dalam mendapat ilmu, pengetahuan dan informasi mengenai pembelajaran secara mandiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru TIK dapat berperan dalam meningkatkan pembelajaran mandiri siswa. Dengan demikian, dapat disarankan, untuk meningkatkan pembelajaran mandiri siswa, maka tingkatkan peran guru TIK di sekolah.

Keywords: Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Mandiri Siswa.


Keywords


Keywords: The Role of Information and Communication Technology Teachers, Student Independent Learning.

Full Text:

PDF

References


References

Amalia, Intan, ‘Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2.2 (2020), 152–55

Amilia, Winanda, ‘Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar’, Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6.1 (2022), 38–48

Ananda, Rusydi, Etika Profesi Keguruan, 2019

Andriani, Regita, Ditha Aulia Andriany, and Sifa Kiamul Lailia, ‘Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) Dan Aplikasi Moodle’, Conference Series Journal, 01.01 (2021), 01–06

Camarero, Carmen, and Ma José Garrido, ‘I Nfluence of I Nformation and C Ommunication T Echnologies’, 40.2 (2013), 1–10

Huberman, Michael, ‘Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study’, American Educational Research Journal, 27.2 (1990), 363–91

Jaelani, A J, ‘Literasi Digital Dan Pembelajaran Mandiri’, Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 2022, 1–8

Kamal, Muhiddinur, Guru: Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis (Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja, 2019)

Karyadi, Bambang, ‘Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri’, Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8.2 (2023), 253–58

Khairiah, Alfauzan Amin, Muassomah, Mira Mareta, Sulistyorini, and Mirna Yusuf, ‘Challenges to Professional Teacher Development through Workplace Culture Management’, International Journal of Evaluation and Research in Education , 13.2 (2024), 714–22

Khairiah, Khairiah, ‘Digitalization, Webometrics, and Its Impact on Higher Education Quality During the COVID-19 Pandemic’, Evolutionary Studies in Imaginative Culture, 8.2 (2024), 802–15

Khairiah, Khairiah, Zulfi Mubaraq, Asmendri Asmendri, Suswati Hendriani, Dahniar Th Musa, and Adison Adrianus Sihombing, ‘Delegitimization of Leadership in Overcoming Difficulties in Online Learning during the COVID-19 Pandemic’, World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14.3 (2022), 726–39

Maemunawati, Siti, and Muhammad Alif, Peran Guru, Orang Tua, Metode Dan Media Pembelajaran: Strategi KBM Di Masa Pandemi Covid-19, Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 2020

Maghfiroh, Kholisotum, ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Kesamben Jombang’, Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2021

Mustari, Mohammad, Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Bandung: Gunung Djati, 2023)

Nasution, Abdul Fattah, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: CV.Harfa Creative, 2023)

Oishi, Ivonne Ruth Vitamaya, ‘Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik Di Perguruan Tinggi’, Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4.2 (2020), 50–55

Prita, Kiftian, Irma, Nur Maulida, ‘Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)’, Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3.3 (2022), 225–34

Uno, Hamzah B., and Nina Lamatenggo, ‘Tugas Guru Dalam Pembelajaran’, Bumi Aksara, 2019, p. 198

Warsihna, Jaka, ‘Kompetensi Tik Untuk Guru’, Jurnal Teknodik, XVI (2019), 230–39

Yasuda, Ryohei, and George J. Augustine, ‘TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF’, Brain Cell Biology, 36.1–4 (2008), 1–2




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6389

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6389.g4271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suhirman Suhirman, Friti Sulastri, Hafidzah Nurhasanah, Ai Siti Hodijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :