Kegiatan Infaq Jumat dalam Meningkatkan Internalisas Nilai-Nilai Karakter Peduli Sosial Siswa di SDN 76 Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: The values of social care character are still difficult to internalize, marked by the fact that it is still difficult to share, help, help and still lack a sense of kinship among students. The purpose of describing Friday infaq activities in increasing the internalization of students' social care character values at SDN 76 Bengkulu City. Using a descriptive qualitative method. The subjects of the research are principals, teachers, and students. Interview, observation, and documentation data collection techniques. Data analysis through data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study show that Friday infaq activities can increase the internalization of students' social care character values, such as devotion, help, family, loyalty, care, democracy, cooperation, discipline, tolerance, empathy, and devotion. Friday infaq activities such as condolence compensation activities, disaster compensation, school mosque renovation construction, holiday event activities, education costs for underprivileged students, and providing compensation to the underprivileged. Par conséquent, on peut conclure que la mise en œuvre des activités d’infusion du vendredi peut augmenter l’intériorisation des valeurs de caractère de l’aide sociale des élèves, de sorte qu’il peut être suggéré d’intérioriser les valeurs du caractère de l’attention des élèves, augmentant ainsi la mise en œuvre des activités d’infaculté du vendredi dans les écoles.
Keywords: Friday Infaq Activities, Internalization, Character Values of Social Care for Students.
Abstrak: Nilai-nilai karakter peduli sosial masih sulit diinternalisasikan, ditandai masih sulit berbagi, menolong, membantu dan masih kurang rasa kekeluargaan di kalangan siswa. Tujuan tulisan ini untuk mendeskripsikan kegiatan infaq jumat dalam meningkatkan internalisasi nilai-nilai karakter peduli sosial siswa di SDN 76 Kota Bengkulu. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan infaq Jum’at dapat meningkatkan internalisasi nilai-nilai karakter peduli sosial siswa, seperti sikap pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, setia, peduli, demokrasi, kerjasama, disiplin, toleransi, empati, dan sikap pengabdian. Kegiatan infaq Jum’at seperti kegiatan santunan duka cita, santunan musibah, pembangunan renovasi masjid sekolah, kegiatan acara hari besar, biaya pendidikan siswa kurang mampu, dan memberikan santunan kepada masyarakat kurang mampu. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan infaq jumat dapat meningkatkan internalisasi nilai-nilai karakter peduli sosial siswa, sehingga dapat disarankan untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter peduli siswa, maka tingkatkan pelaksanaan kegiatan infaq jumat di sekolah.
Kata Kunci: Kegiatan Infaq Jumat, Internalisasi, Nilai-nilai Karakter Peduli Sosial Siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdusshomad, Alwazir. “Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Jurnal Asy-Syukriyyah 19, no. 1 (2018): 31–49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22.
Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163-180.
Afifah, Afifah, and Imam Mashuri. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi Kasus Di Sdi Raudlatul Jannah Sidoarjo Dan Sdit Ghilmani Surabaya).” Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 187–201.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.
Aini, Qurratul Wara Hastuti. Infaq tidak dapat dikategorikan sebagai pungutan liar. ZISWAF, vol. 3, No. 1, Juni 2016.
Alfansyur, Andarusni, and Mariyani. “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan
Alumunium Manado.” Jurnal EMBA 1, no. 3 (2013): 217–24. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2073/1646.
Barokah, Siti. 2016. Penanaman Karakter Kedermawanan Melalui Kegiatan Infaq dan Sedekah di Madrasah Aliyah Plus Nururrahmah Tambaksari Kuwarasan Kebumen. Skripsi. Purwokerto: IAIN.
Batubara, Helmina. “Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Pada Pembuatan Etalase Kaca Dan Alumunium Di Ud. Istana
Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 243-272.
Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2019.
Dasi, Silfiah. 2017. Penerapan program Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) di Dusun Jedong dilakukan dengan cara individu, kelompok atau organisasi. Skripsi. Gresik: UMG.
Dian, N., Mulyasa, M., & Fathurrohman, A. (2021). Kerjasama antara Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Siswa Kelas V Sdn 004 Cisaranten Kulon Kecamatan Arcamanik. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1(2), 39-52.
Dikawati, Ayu Amey. “Kegiatan Infaq Mingguan (Jimpitan) Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Kepedulian Sosial Di Desa Watusumo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri.” IAIN Ponorogo. IAIN Ponorogo, 2019.
Emilda, A., Khairiah, K., & Asiyah, A. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 114-121.
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 85-89.
Fahruddin, Ahmad Afghor, and Mohammmad Syamsi. “Korelasi Antara Strategi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Dengan Terbentuknya Akhlaq Dalam Diri Siswa.” Attaqwa: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2 (2020): 141–50. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
Fatmah, Nirra. “Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan.” Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 2 (2018): 369–87.
Fauzul Mizanul Ahsan, dkk. Analisis Pengumpulan dan Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh di Lazis Muhammadiyah Lamongan. Ahsan, et al/Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 6 No. 12 Desember 2019.
Fitri, E. (2024). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 80/1 Km. 3 Muara Bulian: Social Care Value Education for Class V Students at State Elementary School 80/1 Km. 3 Muara Bulian. JUGI: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 1-16.
Fuad, M. Hadziq. 2013. Fiqih zakat, infaq, dan sedekah. Modul pembekalan ekonomi ziswaf.
Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman karakter siswa sekolah dasar melalui pembiasaan harian dalam perspektif behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145-152.
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14-25.
Hamdan, D. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244-261.
Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Herwati, H., & As' ari, H. (2019). Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Islam dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar (Al-Zarnuji). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 80-106.
Hibatullah, Faishal Arif. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia.” Jurnal Pesona Dasar 10, no. 1 (2022): 1–9. https://doi.org/10.24815/pear.v10i1.24283. Iryana, Rizky Kawasati. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif,” 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/cy9de.
https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-danpedoman-ppk.
Kamaruddin, K. (2024). PERAN MEDIA VIDEO DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN PECAHAN SENILAI DI UPT SD NEGERI 4 BELAWAE. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(4), 256-263. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i4.2678
Kemdikbud. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat
Khairiah, K. (2018). Strategy of Early Childhood Learning Model Development. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 47-53.
Khairiah, D. A., Rahmanita, U., & Jumanti, O. (2021). Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 143-158.
Khairiah, K., Mubaraq, Z., Mareta, M., & Musa, D. T. (2023). Discrimination in online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesian higher education. Journal of Law and Sustainable Development, 11(3), e710-e710.
Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 123-144.
Kusnoto, Yuver. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Sosial 4, no. 2 (2017): 247–56.
La Fua, J., Nurlila, R. U., & Wekke, I. S. (2018, July). Strategy of Islamic education in developing character building of environmental students in Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 175, No. 1, p. 012149). IOP Publishing.
Latifah, Lisna zein. 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran berinfaq pada jama’ah pengajian di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UII.
Lesmana, Indra, Revols D. CH. Pamikiran, and Ivor L. Labaro. “Produksi Dan Produktivitas Hasil Tangkapan Kapal Tuna Hand Line Yang Berpangkalan Di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung.” Jurnal Ilmu Dan Teknologi Perikanan 2, no. 6 (2017): 205–11.
Maulidya, D., Syauqi, A., Taraki, A., Jannah, M., & Purba, W. N. Z. (2023). INTEGRASI PENDEKATAN PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 66-76. menunaikan zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Ziswaf Jurnal Zakat dan Wakaf vol. 5, No. 2.
Ningrum, L. S., Supardi, K. I., Jumaeri, J., & Haryani, S. (2020). Pengembangan karakter religius peserta didik melalui pembelajaran kimia materi hidrokarbon SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2490-2497.
Nur, Nabila Afifah. 2020. Implementasi Kegiatan Infaq dan Shadaqah Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66.
Nurulhaq, D., Fikri, M., Azizah, H. N., Rohmah, F. N., & Sukmara, G. F. (2021). Urgensi Iffah bagi Masyarakat Sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 41-60.
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas?(Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19.
Sari, R. K., Attalina, S. N. C., & Zumrotun, E. (2024). Pembiasaan Pagi di SD Al-Islam: Membangun Generasi Berkarakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4230-4245.
Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan
Setiawan, Bagus. 2015. Infaq dalam Tafsir Al-Qur’an Surat Al- Baqarah Ayat 261, Islamic Banking, Vol. 1 No. 1.
Sosial.” HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 5, no. 2 (2020): 146–50.
Suherun, S. (2024). IMPLEMENTASI MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 LOSARI. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(4), 264-274.
Susanti, A., RAHMATIKA, Z., ISTIANA, A., & ARAFAH, A. L. A. (2024). PENANAMAN NILAI RELIGIUS MELALUI PROGRAM INFAQ. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 25-34.
Syafiq, Ahmad. 2018. Peningkatan kesadaran masyarakat dalam
Tabi’in, Ahmad. “Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial.” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 1, no. 1 (2017).
Umartin, D., Suradi, A., & Khairiah, K. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Era Globalisasi di SMA IT Iqra’ Kota Bengkulu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 10690–10700. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.9135
Wahyuni, I. W. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Moral pada Santri TPQ Al-Khumaier Pekanbaru. Generasi Emas, 1(1), 51-61.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.
Wibowo, T. A. (2022). Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 81-88.
Zaedi, M., & Rizkia, R. D. (2019). Analisis Model Pembelajaran Berkarakter dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 20-39.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6379
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i2.6379.g4266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitri Renaldi Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :