Keadilan Gender Dalam Sistem Kewarisan Bilateral Hazairin
Abstract
Abstract: Most Muslims understand that the law of inheritance is a law whose formulation cannot be changed so that reforms regarding inheritance law in Islam are not carried out by many Muslims, for example, the formula regarding the division of 1: 2 for men and women which most of them regard as a definite conclusion. This research is a literature study with data analysis techniques using content analysis. Sources of data come from books that discuss inheritance law and scientific journals that are in line with this research. Therefore, the renewal of inheritance law is not much done, this is different from Islamic family law which has undergone many reforms. Even so, it does not mean that all Muslims consider it a rule that cannot be changed, but some figures think that inheritance laws in Islam can change according to existing social conditions. This social condition can have an influence on the enactment of a law, including the law of inheritance in Islam. This can be found in the thoughts of national figures, namely Hazairin, who offers new ideas regarding inheritance law in Islam.
Keywords: Gender Justice, Bilateral Inheritance, Hazairin's Thought
Abstrak: Sebagian besar umat Islam memahami bahwa hukum waris adalah hukum yang tidak dapat diubah, sehingga banyak umat islam yang tidak mereformasi hukum waris islam, misalnya rumus pembagian 1 : 2 untuk pria dan wanita, yang merupakan formula sederhana bagi kebanyakan orang. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka dengan menggunakan teknik analisis data melalui analisis isi. Sumber informasi berasal dari buku-buku tentang hukum waris dan jurnal ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Hasil kajian temuan pada penelitian ini yakni pembaharuan hukum kewarisan ini tidak banyak dilakukan, hal ini berbeda dengan hukum keluarga Islam yang mengalami banyak pembaharuan. Meskipun demikian, tidak berarti semua umat Islam menganggapnya sebagai aturan yang tidak boleh diubah, melainkan sebagai individu meyakini bahwa hukum waris Islam dapat berubah sesuai dengan kondisi sosial yang ada. Kondisi sosial ini dapat mempengaruhi pelaksanaan hukum, termasuk juga hukum kewarisan dalam Islam. Hal ini tercermin dari pemikiran tokoh-tokoh bangsa, khususnya Hazairin, yang mengajukan gagasan-gagasan baru tentang warisan Islam.
Katakunci : Keadilan Gender, Kewarisan Bilateral, Pemikiran Hazairin
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Agus, Wantaka, Rosyid Abdul, and Habibullah Eka Sakti. “Pembagian Warisan Dalam Persfektif Hukum Islam Dan Hukum Adat Jawa (Studi Komparasi).” Prosiding Al Hidayah Ahwal Asy-Syukhashiyah, 2019.
Akbar, Kadengkang. “Hak Waris Dalam Hukum Islam Ditinjau Dari Hak Asasi Manusia.” Lex Et Societatis 5, no. 9 (2017): 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35796/les.v5i9.18329.
Aniroh, Reni Nur. “MEMPERTEGAS IDE KESETARAAN GENDER DALAM SISTEM KEWARISAN BILATERAL : Sistem Waris Bilateral Pasca Hazairin.” Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam 13, no. 2 (2020): 119–38. http://202.0.92.5/syariah/Ahwal/article/view/2190.
Azharuddin, and Tanjung Dhaiaudding. “PEMBAHARUAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA : STUDI PEMIKIRAN HAZAIRIN ( THE RENEWAL OF ISLAMIC LAW IN INDONESIA : A STUDY OF HAZAIRIN THOUGHT ).” Jurnal MEDIASAS: Media Ilmu Syari’ah Dan Ahwal Al-Syakhsiyyah 5, no. 2 (2022): 163–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58824/mediasas.v5i2.495.
Cammack, Mark. “Islamic Inheritance Law in Indonesia: The Influence of Hazairin’s Theory of Bilateral Inheritance.” Studia Islamika 10, no. 1 (2003): 97–122. https://doi.org/10.15408/sdi.v10i1.639.
Chamim Tohari. “Sistem Kewarisan Bilateral Ditinjau Dari Persfektif Hukum Islam.” Istinbath : Jurnal Hukum 15, no. 1 (2018): 63–90. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/istinbath.v15i1.1094.
Djawas, Mursyid, Khairuddin Hasballah, Soraya Devi, Muntasir A. Kadir, and Yusfriadi Abda. “The Construction of Islamic Inheritance Law: A Comparative Study of the Islamic Jurisprudence and the Compilation of Islamic Law.” Juris: Jurnal Ilmiah Syariah 21, no. 2 (2022): 207–19. https://doi.org/10.31958/juris.v21i2.7495.
Faiz, Faiz. “Filsafat Keadilan Dalam Hukum Waris Islam.” HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam Dan Hukum Ekonomi Islam 4, no. 2 (2020): 122–36. https://doi.org/10.33650/jhi.v4i2.2156.
Fauziyah, Ita Ma’rifatul, and Yunitasari. “Penerapan Waris 1:1 Dalam Yurisprudensi Islam Perspektif Kesetaraan Gender.” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9, no. 4 (2022): 1444–56.
Fikri, Fikri. “Transformasi Nilai Al-Islah Terhadap Keberagaman Konflik: Epistemologi Hukum Islam Dalam Al-Qur’an.” Al-Risalah: Forum Kajian Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan 16, no. 02 (2018): 201–16. https://doi.org/10.30631/al-risalah.v16i02.308.
Habib, Muchlis Samfrudin. “Sistem Kewarisan Bilateral Ditinjau Dari Maqashid Al-Syari’ah.” De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah 9, no. 1 (2017): 30–42. https://doi.org/10.18860/j-fsh.v9i1.4241.
Hamid, Abdul Ghoni. “Kewarisan Dalam Perspektif Hazairin.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 4, no. 1 (2007): 29–67.
Haniru, Rahmat. “Hukum Waris Di Indonesia Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Adat.” The Indonesian Journal of Islamic Family Law 04, no. 30 (2014): 2089–7480.
Islam, Jurnal Hukum, Ki Hajar Deantara, and Indonesia Diterima. “Konvergensi Pembagian Harta Waris Dalam Hukum Islam.” ALHURRIYAH : Jurnal Hukum Islam 02, no. 01 (2017). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/alhurriyah.v2i1.261.
Jamhir. “Hukum Waris Islam Mengakomodir Prinsip Hukum Yang Berkeadilan Gender.” Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak 8, no. 1 (2019): 1–15.
Jamil, Rosidi. “HUKUM WARIS DAN WASIAT (Sebuah Perbandingan Antara Pemikiran Hazairin Dan Munawwir Sjadzali).” Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam 10, no. 1 (2017): 99. https://doi.org/10.14421/ahwal.2017.10108.
Marzuki, Marzuki. “Kajian Tentang Teori-Teori Gender.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 2007. https://doi.org/10.21831/civics.v4i2.6032.
Nurcholis, Muhammad, and Pepe Iswanto. “Konsep Keadilan Dalam Hukum Waris Menurut Hazairin.” Istinbath : Jurnal Penelitian Hukum Islam XII, no. 1 (2017): 79–98.
Ridwan, Jamal. “Kewarisan Bilateral Antara Ahli Waris Yang Berbeda Agama Dalam Hukum Perdata Dan Kompilasi Hukum Islam.” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah 14, no. 1 (2016): 1–23.
Syahdan. “Pembagian Harta Warisan Dalam Tradisi Masyarakat Sasak : Studi Pada Masyarakat Jago Lombok Tengah.” P A L A P A : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2016): 120–38. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v4i2.28.
Tran, Nhung Tuyet. “Gender, Property, and the ‘Autonomy Thesis’ in Southeast Asia: The Endowment of Local Succession in Early Modern Vietnam.” Journal of Asian Studies 67, no. 1 (2008): 43–72. https://doi.org/10.1017/S0021911808000028.
Wahidah. “Pemikiran Hukum Hazairin.” SYARIAH Jurnal Ilmu Hukum 15, no. 1 (2015): 37–50.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2627
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2627.g2198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yusmita Yusmita
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







