Fungsi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI AL Ba’ani Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: The quality of education at MI Al Baani is still not optimal, this can be seen from the value of report cards, and student achievement is not optimal, this is related to the role of the clinical supervision function which is still not optimally implemented. This study aims to evaluate the function of clinical supervision in improving the quality of education at MI Al Baani Bengkulu City. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection was carried out through direct observation and collecting data from various sources, both online media and print media related to the research discussed. The results of the evaluation of the clinical supervision function carried out show that clinical supervision greatly determines the quality of education at MI Al Baani Bengkulu City, some teachers have not been able to mobilize, facilitate, influence, motivate their students, and have not been able to create conducive learning, planning that has been planned it turns out that the results have not been achieved according to plan, and there are still gaps in the plan with the achievement of the goals that have been set, so that there is still a gap in the achievement of goals with planning in improving the quality of learning. The school principal as a leader in schools also determines the quality of education. So that researchers can suggest, if you want to improve the quality of education at MI Al Baani, then improve the function of clinical supervision at MI Al Baani Bengkulu City.
Keywords: Function of Clinic Supervision, Education Quality
Abstrak: Mutu Pendidikan di MI Al Baani masih belum optimal, hal ini terlihat dari nilai raport, dan prestasi siswa belum maksimal hal ini berkaitan dengan peran fungsi supervisi klinis masih belum optimal pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fungsi supervisi klinis dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Baani Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lansung dan mengumpulkan data dari berbagai sumber baik media online ataupun media cetak yang berkaitan dengan penelitian yang dibahas. Hasil dari evaluasi fungsi supervisi klinis yang dilakukan menunjukkan bahwa supervise klinis sangat menentukan mutu pendidikan di MI Al Baani Kota Bengkulu, sebagian guru yang belum mampu menggerakkan, memfasilitasi, mempengaruhi, memotivasi, siswanya, dan belum mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif, perencanaan yang telah direncanakan tersebut ternyata hasilnya belum tercapai sesuai rencana, dan masih terjadi kesenjangan rencana dengan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, sehingga masih terjadi kesenjangan pencapaian tujuan dengan perencanaan dalam meningkatkan mutu pembelajaran Program kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah juga sangat menentukan mutu pendidikan. Sehingga peneliti dapat menyarankan, jika ingin meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Baani, maka tingkatkanlah fungsi supervisi klinis di MI Al Baani Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Fungsi Supervisi Klinis dan Mutu Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Azis, Amrullah, ‘Supervisi Pendekatan Klinik’, PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 12.1 (2017)
Fadhli, Muhammad, ‘Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan’, Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1.2 (2017), 215–40
Fitrah, Muh, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Jurnal Penjaminan Mutu, 3.1 (2017), 31–42
Ginting, Rosalina, and Titik Haryati, ‘Kepemimpinan Dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan’, Jurnal Ilmiah CIVIS, II.2 (2012), 1–17
Hanief, Muhammad, ‘Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran’, Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI UNISMA, 10.2 (2016), 1–19
Jarvis, Darryl S L, ‘Regulating Higher Education: Quality Assurance and Neo-Liberal Managerialism in Higher Education—A Critical Introduction’, Policy and Society, 33.3 (2014), 155–66
Kartini, Kartini, and Susanti Susanti, ‘Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4.2 (2019), 160
Khairiah, Khairiah, and Sirajuddin Sirajuddin, ‘The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu’, Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2019), 239–66
Kristiawan, Muhammad, MPd Yuyun Yuniarsih, MPd Happy Fitria, and MPd Nola Refika SPd, Supervisi Pendidikan, 2019
Mustafa, Pinton Setya, ‘Model Discrepancy Sebagai Evaluasi Program Pendidikan’, Palapa, 9.1 (2021), 182–98
Nurcholiq, ‘SUPERVISI KLINIS’, EVALUASI., Vol.1, (2017)
Sabandi, Ahmad, ‘Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan’, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume XII.2 (2013), 87–107
Sholeh, Slamet, ‘ISU-ISU KONTEMPORER PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM Slamet’, Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol., 4.2 (2020), 722–36
Thapa, Tara Bahadur, ‘Thapa 2011’, 1.2003 (2011)
Warto, Warto, and Khairiah Khairiah, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Kabupaten Muko-Muko Provinsi Bengkulu’, Al-Khair Journal : Management, Education, and Law, 2.1 (2022), 1
Widada, M, ‘Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Di Sdn Bojong Menteng Ii Kec’, Jurnal LPPM: PARADIGMA, 1999, 2015, 13–25
Yusmadi, Jamaluddin Idris, and Nasir Usman, ‘Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Sigli’, Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 1.1 (2011), 82–95
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2622
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2622.g2193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fuji Andela, Bambang Haryanto, Sofia Murni, Zipen Apriansyah
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







