Evaluasi Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pesantren Qur’an Al Fida
Abstract
Abstract: Leadership has experienced difficult roles such as educators, managers, administrators, supervisors, and motivators in improving the quality of education, characterized by difficulties recruiting new students even schools are closed or schools disband. The purpose of this study is to evaluate the role of leadership in improving the quality of education in Pesantren Qur'an Al Fida. Using descriptive-qualitative methods, with a CIPP (Context, Input, Process and Product) model approach. Primary data sources obtained through direct observation in the field, and secondary data obtained through pesantren leadership report documents, representatives, teachers, and pesantren administration personnel through interviews, observations, and documentation. Data analysis using library research, by studying, collecting and processing data from various literature sources, both journals and books. The results of the study concluded that the evaluation of the role of leadership in improving the quality of education in the Qur'an Al-fia Islamic Boarding School. The contex stage has been carried out its leadership role. The input stage of pesantren leaders has a good influence, namely, providing life examples, paying attention, developing the potential of education staff and teachers, through education and training both seminars, workshops, webinars, providing motivation and a better vision and mission for the future. At the stage of the process, pesantren leaders make adjustments between programs that have been planned to improve the quality of education including improving teacher performance, involving students. The product stage, has implemented a teacher performance improvement program, comfortable learning for students, so that students excel both provincially and nationally. So it can be suggested that if you want to improve the quality of Qur'an Al Fida pesantren education, then increase the role of leadership.
Keywords: Evaluation, Leadership Role, Quality of Education, Pesantren Qur'an Al Fida.
Abstrak: Peran kepemimpinan telah mengalami kesulitan sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, dan motivator dalam meningkatkan mutu pendidikan, ditandai dengan sebagian kepemimpinan mampu berperan secara baik, dan sebagian yang lain tidak mampu menjalankan perannya seperti kesulitan merekrut murid baru bahkan sekolah mengalami penutupan atau sekolah bubar. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi peran kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pesantren Qur’an Al Fida. Menggunakan metode deskriptif- kualitatif, dengan pendekatan model CIPP (Conteks, Input, Proses dan Produk). Sumber data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan, dan data sekunder yang diperoleh melalui dokumen laporan kepemimpinan pesantren, para wakil, guru-guru, dan tenaga administrasi pesantren melalui wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan library research, dengan mengkaji, menggumpulkan dan mengolah data dari berbagai sumber literatur, baik jurnal maupun buku. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa evaluasi peran kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pesantren Qur’an Al-fia. Tahap contex telah di laksanakan peran kepemimpinannya. Tahap input pimpinan pesantren memberikan pengaruh baik yaitu, memberikan keteladanan hidup, memperhatikan, mengembangkan potensi tenaga kependidikan dan guru, melalui pendidikan dan pelatihan baik seminar, workshop, webinar, memberikan motivasi dan visi misi kedepan yang lebih baik. Tahap proses, pimpinan pesantren melakukan penyesuaian antara program-program yang telah di rencanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di antaranya adalah peningkatan kinerja guru, melibatkan siswa. Tahap produk, telah melaksanakan program peningkatan kinerja guru, belajar yang nyaman bagi siswa, sehingga siswa berprestasi baik provinsi maupun nasional. Sehingga dapat disarankan jika ingin meningkatkan mutu pendidikan pesantren Qur’an Al Fida, maka tingkatkan peran kepemimpinan.
Kata kunci: Evaluasi, Peran Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, Pesantren Qur’an Al Fida.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abd. Rahman Rabbani, Khairiah, K., (2022). Evaluasi Fungsi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Di Bengkulu. Al-Khair Journal: Management, Education, and Law, 2(2), 78-90
Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11-19.
Aminatul Zahro. (2014). Total Quality management teori & praktik manajemen untuk mendongkrak mutu pendidikan. Yogyakarta Arruz media
Arifin, Z. (2019). Tafsir Ayat-Ayat Manajemen; Hikmah Idariyah Dalam Al-Quran. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam.
ASTUTI, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Bond, M. (2021). Schools and emergency remote education during the COVID-19 pandemic: A living
Djusar, S., Fajrizal, & Asril, E. (2022). Pengembangan Konten Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kota Pekanbaru. J
Eko Subiyanto, (2018). Evaluasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Mangli kabupaten Malang. Kelola: Jurnal Mitra Pendidikan 5(3).
Hafizin, H. (2021). Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 157-175. http://dx.doi.org/10.30868/im.v4i01.1179
Hanum, R. (2017). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2).
Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era pandemi covid 19. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 256-279.
Hasibuan, A. I., Mustapid, M., & Wijaya, C. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Swasta Miftahul Falah Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(2), 201-210.
Imam Machali and Ara Hidayat. (2018). The Hand Book of Education Management. Yogyakarta: Kencana.
Khairiah, Khairiah (2021) KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA. IAIN Bengkulu Pres. ISBN 978-623-7558-51-4
Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266.
Khairiah, K., Anggraini, D., Rahmanita, U., Jumanti, O., Wijiati, M., & Lestari, V. A. (2021). Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Al-Khair Journal: Management, Education, and Law, 1(2), 87-98.
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134-137.
Marzuki mahmu. (2012). Manajemen perguruan tinggi. Jakarta rajawali perrs
Mulyasa. (2011). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta, bumi aksara, h 157-158
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353– 2362.
Rahman, B. (2014). Kepemimpinan multidimensi kepala madrasah dari perspektif guru. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 431-453.
Rusdiana, E. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 231-236.
Said, A. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257-273.
Sari, J. D. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329-333.
Yadi Sutikno. (2022), peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. STAB Maitreyawira Jurnal Maitreyawira, Volume 3
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2620
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2620.g2191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Baihaqi M, Minallahi Ramadhan, Edi Ahmadi
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







