The Function of Institutional Evaluation in the Quality of Madrasah Aliyah Education in Indonesia

Khairiah Khairiah, Shafinar Ismail

Abstract


Abstract: Madrasah Aliyah in Indonesia is still difficult to achieve the quality of education, it is marked that there are still some teachers who have not met the minimum education qualification of S1 / D4, teachers teach not according to their field of expertise, there are still many Madrasah Aliyah with non-civil servant status. The general objective is not only to map the quality of Aliyah madrasah education, but also to evaluate institutional difficulties in achieving the quality of Aliyah madrasah education. Using descriptive qualitative methods to explore primary and secondary data sources. Secondary data from madrasah educational institutions. Primary data includes profiling, motivation, types of difficulties and institutional solutions to each difficulty in achieving the quality of madrasah Aliyah education. The results of the study can be concluded that the evaluation function in the quality of madrasah Aliyah education in Indonesia shows that; (1) there is still a gap between planning and program implementation, marked by the Aliyah madrasah has not been able to implement the planned program; (2) there is still a gap between the status of ability and the standards of the world of work, indicated by there are still teachers who are not able to work according to their field of expertise; and (3) there is still a gap in goals in madrasah educational institutions characterized by socioeconomic disparities in the community, thus affecting education equity, creating prolonged conflicts in society, making educational goals difficult to achieve. So it can be suggested that to achieve the quality of madrasah education, it improves the function of institutional evaluation among Aliyah madrasahs in Indonesia. 

Keywords: Function, Institutional Evaluation, Quality of Education, Madrasah Aliyah Indonesia

 

Abstrak: Madrasah Aliyah di Indonesia masih kesulitan mencapai mutu pendidikan, ditandai masih terdapat sebagian guru belum memenuhi kualifkasi pendidikan minimal S1/D4, guru mengajar belum sesuai bidang keahliannya, masih banyak madrasah Aliyah berstatus non PNS. Tujuan umum selain untuk memetakan bentuk mutu pendidikan madrasah Aliyah, juga mengevaluasi kesulitan kelembagaan dalam mencapai mutu pendidikan madrasah Aliyah. Menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggali sumber data primer dan sekunder. Data sekunder dari lembaga pendidikan madrasah. Data primer mencakup profiling, motivasi, tipe kesulitan dan solusi yang ditempuh kelembagaan atas setiap kesulitan dalam mencapai mutu pendidikan madrasah Aliyah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi evaluasi dalam mutu pendidikan madrasah Aliyah di Indonesia menunjukkan bahwa; (1) masih terdapat kesenjangan antara perencanaan dengan pelaksanaan program, ditandai dengan madrasah Aliyah belum mampu melaksanakan program yang telah direncanakan; (2) masih terdapat kesenjangan antara status kemampuan dengan standar dunia kerja, ditandai dengan masih terdapat guru belum mampu bekerja sesuai bidang keahliannya; dan (3) masih terdapat kesenjangan tujuan dalam lembaga pendidikan madrasah ditandai dengan kesenjangan sosial ekonomi masyarakat, sehingga mempengaruhi pemerataan pendidikan, menciptakan konflik berkepanjangan dalam masyarakat, sehingga tujuan pendidikan sulit tercapai. Sehingga dapat disarankan bahwa untuk mencapai mutu pendidikan madrasah, maka tingkatkan fungsi evaluasi kelembagaan di madrasah Aliyah.  

Kata Kunci: Fungsi, Evaluasi Kelembagaan, Mutu Pendidikan, Madrasah Aliyah Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


Reference

Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi peningkatan mutu lulusan madrasah menggunakan diagram fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 11-22. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.174

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU‎ PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 87-94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037

Akbar, A. A. S., Handoko, W., Nurprojo, I. S., & Perdani, T. (2021). EVALUASI KELEMBAGAAN PENGAWAS DAN SAKSI PADA PILKADES SERENTAK KAB. PURBALINGGA 2018. Prosiding, 10(1).

Ariasa, I. W., Marhaeni, A. A. I. N., & Widiartini, N. K. (2019). Analisis Diskrepansi Pelaksanaan Layanan Tupoksi Bagian Dan Sub Bagian Di Lingkungan Biro Akpk Universitas Pendidikan Ganesha Sesuai Dengan Permenristekdikti Nomor 14 TAHUN 2016. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 70-78. https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i2.2883

Aziz, A. Z. (2015). Manajemen berbasis sekolah: alternatif peningkatan mutu pendidikan madrasah. El-Tarbawi, 8(1), 69-92. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art5

Bond, M. (2021). Schools and emergency remote education during the COVID-19 pandemic: A living rapid systematic review. Asian Journal of Distance Education, 15(2), 191–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.4425683

Chamidi, A. S. (2018). Evaluasi Diri dan Perencanaan Kerja Pendidikan Bagi Peningkatan Mutu Sekolah/Madrasah. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1), 1-39.

Farisuci, R. M., Budiman, B., & Lukmawati, L. (2019). Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Pada Siswa Madrasah Aliyah Di Kota Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 74-82. https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3195

Hamka, D. L., Mantasiah, M., & Mariah, E. Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 1(3), 196-205. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26425

Hanif, M. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Tsanawiyah Dalam Penilaian Higher Order Thinking Skills (Hots) Melalui Pendampingan Berbasis Zonasi Di Kecamatan Songgom Brebes Pada Semester Itahun Pelajaran 2019/ 2020. Jurnal Pendidikan Figur, 5(3), 1-14.

Hanum, R. (2017). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2).

Hidayat, A. (2017). Kesenjangan sosial terhadap pendidikan sebagai pengaruh era globalisasi. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 2(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3341

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.

Jarvis, D. S. L. (2017). Regulating higher education: Quality assurance and neo-liberal managerialism in higher education-A critical introduction. https://doi.org/10.1016/j.polsoc.2014.09.05

Khairiah, K., et al. (2022) Peran Fungsi Evaluasi dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran). Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. P ISSN: 2086-4493. E ISSN: 2684-9542. 15/2 http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v15i1.7629

Khairiah, Khairiah (2021) KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA. IAIN Bengkulu Pres. ISBN 978-623-7558-51-4.

Khairiah, K. (2019). Dari Ruang Kelas: Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam Program Studi manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu.

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266. DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jpi.2018.72.2396

Khairiah, K., Antari, A. R. N., Samsidar, E., Hidayat, A. S., & Mubiarto, A. N. (2021). PRESTASI KERJA PENDIDIKAN TINGGI (PT) MENURUN DALAM MANAJEMEN KINERJA ERA SARS-COVID-19. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.29300/kh.v1i1.5443

Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 91-110. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i1.35

Liem, S. S. (2022, July). Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Kesenjangan antara Dunia Pendidikan dan IDUKA. In Prosiding Seminar Sastra Budaya dan Bahasa (SEBAYA) (Vol. 2, pp. 237-246).

Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Total Quality Management (TQM) Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19-39. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.623

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269

Manda, M. (2016). Fungsi Pengorganisasian dan Evaluasi Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 89-101. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.432

Mustafa, P. S. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan. PALAPA, 9(1), 182-198. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.107

Mirnawati, S. E. (2020). Strategi Pimpinan dalam mempertahankan status akreditasi A di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Riana, I. A., Juliana, I. D., & Kurniawan, K. U. (2015). Evaluasi Program Sekolah terhadap Pelaksanaan KTSP pada Aspek Konteks, Input, Proses, Output, dan Outcome. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Riadi, A. (2017). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(27).

Sari, R. (2019). Analisa Kompetensi Alumni Pendidikan Matematika menggunakan Discrapancy Evaluation Model. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 6(1), 39-51. https://doi.org/10.32505/4519

Saryati, S., & Sakban, A. (2020). Fungsi Controlling dan Evaluasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Lembar Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 139 147. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.290

Setiadiputra, R. Y. P. (2017). Urgensi program pengembangan kompetensi sdm secara Berkesinambungan di lingkungan instansi pemerintah. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 5(1), 16-22. https://doi.org/10.30656/sawala.v5i1.45

Suhartini, E. EVALUASI KEBIJAKAN PENGUATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN POS PELAYANAN TERPADU DI KABUPATEN KUBU RAYA. JPMIS.

Susmiyati, S., & Rifaddin, J. H. Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2266

Sumirat, F. (2019). Analisis Inovasi Kebijakan Daerah dalam Rangka Pengurangan Kesenjangan Wilayah. Bappenas Working Papers, 2(2), 270-293.

Syarifuddin, S., Khairiah, K., (2018). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) PADA MTsN DI KOTA BENGKULU. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 11(1). http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.151

Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). Potret Kesenjangan Pembelajaran Jarak Jauh. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2210

Tulipri, S., Hidayat, R., Hamengkubuwono, H., & Warlizasusi, J. (2020). Evaluasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru MAS Al-Manshuriyah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 244 253. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.17

Ulfah, A. (2022). Model Literasi Digital Dalam Upaya Mengurangi Kesenjangan Digital Untuk Santri Menuju Indonesia Emas 2045. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(1), 1-7. https://doi.org/10.52166/humanis.v14i1.2

Usman, J. (2016). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219-246. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i2.1170

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45-59. http://dx.doi.org/10.21831/jptk.v23i1.934

Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru Pada Pembelaran Biologi Tingkat Madrasah/Sekolah Di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus wilayah Priangan Timur). Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 34-42. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.7

Zubaidah, Z., Muhajir, A., Barus, J., & Khairiah, K. (2022). Optimalisasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pidie Jaya. Annizom, 7(1). http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i1.6733




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2617

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2617.g2187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khairiah, Shafinar Ismail



Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :