Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Siswa Era Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA) di Madrasah Ibtidaiyah Al Baani Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: The value of student character in the era of Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA) has decreased, marked by certain values, such as respect, responsibility, honesty, caring, hard work, sincerity, justice have begun to fade, because character education has not been optimally carried out in schools. The purpose of this study is to map and analyze the role of education in improving student character in the era of Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA). Using qualitative with case study method in MI Al Baani Bengkulu City, with data collection techniques through observation, interviews and documentation, then data analysis techniques using data triangulation. The results of this study show that the role of VUCA era character education at MI Al Baani has been carried out and meets standards that emphasize the learning process centered on habituation and example, but in the era of Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA) which is influenced by advances in science and technology student character values have begun to fade. So it can be recommended to improve student character values, then increase the role of character education in schools.
Keywords: Volatile Era, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA), Character Education
Abstrak: Nilai karakter siswa di era Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA) telah menurun, ditandai dengan nilai-nilai tertentu, misalnya rasa hormat, tanggungjawab, kejujuran, kepedulian, kerjakeras, keikhlasan, keaadilan sudah mulai pudar, dikarenakan pendidikan karakter belum optimal dilakukan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan menganalisis peran pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa di era Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA). Menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus di MI Al Baani Kota Bengkulu, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendidikan karakter era VUCA di MI Al Baani sudah terlaksana dan memenuhi standar yang menitikberatkan proses pembelajaran yang berpusat pada pembiasaan dan keteladanan, namun di era Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA) yang dipengaruhi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi nilai-nilai karakter siswa mulai pudar. Sehingga dapata disarankan untuk meningkatkan nilai-nilai karakter siswa, maka tingkatkanlah peran pendidikan karakter di sekolah.
Kata Kunci: Era Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous (VUCA), Pendidikan KarakterFull Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdul Aziz Hasibuan, Darwyan Syah, and Marzuki Marzuki, ‘Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4.02 (2018), 191 .
Ajat Sudrajat, ‘Mengapa Pendidikan Karakter?’, Jurnal Pendidikan Karakter, 1.1 (2011).
Aka, Kukuh Andri, and Alia Nur Husna Afandi, ‘Urgensi Pendekatan Pembelajaran Tematik-Terpadu Pada Era Vuca: Tantangan Di Sekolah Dasar’, in Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 2023, VI, 2000–2011
AL IRSYAD, FAHRI, ‘HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN ASPIRASI KARIER PADA MAHASISWA’ (Universitas Gadjah Mada, 2018)
Ali Shariati, ‘Tugas Cendekiawan Muslim (Terjemahan M. Amien Rasi)’ (Jakarta: Srigunting, 1996).
Carolina Benito Cox, 21st Century Skills and Principles of Flow in the Foreign Language Classroom (Brigham Young University, 2014).
Cox, Carolina Benito, 21st Century Skills and Principles of Flow in the Foreign Language Classroom (Brigham Young University, 2014)
Eileen Rachman, Dari Start-up Menuju Unicorn (Gramedia pustaka utama, 2019).
Emilda, A., Khairiah, K., & Asiyah, A. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 114-121.
FAHRI AL IRSYAD, ‘HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN ASPIRASI KARIER PADA MAHASISWA’ (Universitas Gadjah Mada, 2018).
Habibah, Maimunatun, and Edi Nurhidin, ‘Profil Pelajar Dalam Kurikulum Merdeka Madrasah Di Era VUCA’, Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13.2 (2023), 211–30
Hasibuan, Abdul Aziz, Darwyan Syah, and Marzuki Marzuki, ‘Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4.02 (2018), 191
Khairiah, K. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan PTAIN. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 8(2).
Khairiah, K., & Wijiati, M. (2022). Model Pembelajaran Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAUD. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 1-13.
Kosim, Mohammad, ‘Urgensi Pendidikan Karakter’, Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 2011, 84–92
Kukuh Andri Aka and Alia Nur Husna Afandi, ‘Urgensi Pendekatan Pembelajaran Tematik-Terpadu Pada Era Vuca: Tantangan Di Sekolah Dasar’, in Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 2023, VI, 2000–2011.
Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (Bantam, 2009)
Maimunatun Habibah and Edi Nurhidin, ‘Profil Pelajar Dalam Kurikulum Merdeka Madrasah Di Era VUCA’, Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13.2 (2023), 211–30.
Mohammad Kosim, ‘Urgensi Pendidikan Karakter’, Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 2011, 84–92.
Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rachman, Eileen, Dari Start-up Menuju Unicorn (Gramedia pustaka utama, 2019)
Rahmanita, U., & Khairiah, K. (2012). Model Pembelajaran Edutaiment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 2(1), 13-23.
Robert K Yin, Case Study Research: Design and Methods (sage, 2009), V.
Salamah Embark Saleh, ‘Critical Thinking as a 21st Century Skill: Conceptions, Implementation and Challenges in the EFL Classroom’, European Journal of Foreign Language Teaching, 2019.
Saleh, Salamah Embark, ‘Critical Thinking as a 21st Century Skill: Conceptions, Implementation and Challenges in the EFL Classroom’, European Journal of Foreign Language Teaching, 2019
Shariati, Ali, ‘Tugas Cendekiawan Muslim (Terjemahan M. Amien Rasi)’ (Jakarta: Srigunting, 1996)
Sudrajat, Ajat, ‘Mengapa Pendidikan Karakter?’, Jurnal Pendidikan Karakter, 1.1 (2011)
Thomas Lickona, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (Bantam, 2009).
Yin, Robert K, Case Study Research: Design and Methods (sage, 2009), V
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2614
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2614.g2185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ali Akbarjono, Sofia Murni, Bambang Haryanto, Zipen Apriansyah, Fui Andela
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







