Optimalisasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) Bengkulu

Muhammad Shidiq, Vera Nopianti, Kardiyo Kardiyo

Abstract


Abstract: Curriculum management still creates difficulties among teachers, resulting in the quality of learning still not being optimal, indicated by the fact that there are still teachers who are weak in curriculum development, such as developing learning methods and models which are still not yet complete.optimal. The aim of the research is to determine the optimization of curriculum management in improving the quality of education. Using descriptive qualitative methods. Data collection techniques through observation, interviews and documentation studies. The research results show that: (1) Curriculum management at Bengkulu Senior High School (SMA) has carried out planning, organizing, implementing,based on predetermined plans, have implemented learning evaluation, so that the level of learning quality can be known; (2) Quality of learning in Senior High Schools (SMA) in Bengkulu; (3) Optimizing curriculum management can improve the quality of learning in Senior High Schools (SMA) in Bengkulu. So it can be concluded that curriculum management can improve the quality of learning. Thus, it can be suggested that if you want to improve the quality of learning, improve curriculum management in schools.

Keywords: Optimization,Curriculum Management and Learning Quality.

 

Abstrak: Manajemen kurikulum masih menciptakan kesulitan di kalangan guru, sehingga mengakibatkan mutu pembelajaran masih belum optimal, ditandai dengan masih ada guru lemah dalam pengembangan kurikulum seperti pengembangan metode dan model pembelajaran masih belum optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui Optimalisasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan.Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kurikulum di Sekolah Menengah Atas (SMA) Bengkulu telah dilaksanakan perencanaan ,Pengorganisasian, Pelakasanaan, yang berpedoman pada perencanaan yang telah ditetapkan, telah melaksanakan evaluasi pembelajaran, sehingga dapat diketahui tingkat mutu pembelajaran; (2) Mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bengkulu; (3) Optimalisasi manajemen kurikulum dapat meningkatkan mutu pembelajaran di  Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bengkulu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan demikian dapat disarankan jika ingin meningkatkan mutu pembelajaran, maka tingkatkan manajemen kurikulum di sekolah.

Kata Kunci: Optimalisasi, Manajemen Kurikulum dan Mutu Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anshoriyah, Sofiyatul, dkk , (2023), Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember, Jutekbidik : Jurnal Teknologi, Bisnis & Pendidikan Vol.1, No.1, Januari, 128-137

Baehaki, (2023) Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka, C.E.S.

Fadillah, Mardianto, Wahyudin Nur Nasution, (2018) Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smp Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, At-Tazakki : Vol 2 No 1

Fahmi, F. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.60

Hamalik, Oemar, (2005) Kurikulum dan Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar,(2015) ,Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Hidayat, Ayi Najmul, dkk ,(2023) Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung, Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 04, No. 01

Khairiah, K., & Zakaria, Z. (2019, April). Organizational Culture and the Improvement of Teacher Performance. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 250-253). Atlantis Press.

Khairiah, K., Mubaraq, Z., Asmendri, A., Hendriani, S., Musa, D. T. & Sihombing, A. A. (2022). Delegitimization of leadership in overcoming difficulties in online learning during the COVID-19 pandemic. World Journal on Educational Technology: Current Issues. 14(3), 726-739. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i3.7209

Khairiah, K., Mubaraq, Z., Mareta, M., & Musa, D. T. (2023). Discrimination in online learning during the COVID-19 pandemic in indonesian higher education. Journal of Law and Sustainable Development, 11(3), e710-e710.

Mustari,Mohamad, (2014) Manajemen Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution, Inon, Dkk, (2023) Evaluasi program pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Swasta PAB Sampali Medan, MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar, Vol. 4– No. 1, year

Oktaviany, Natasha dkk, (2023), Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Belajar Di Sdn 158/Iii Sungai Abu, Advances In Social Humanities Research, Vol 1 No. 4 Juni

Permatasari, Novia Maharani, Kusnul Khotimah, (2023), Maksimalisasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kurikulum di MTs Al-Hikmah Lamongan, Journal on Education Volume 05, No. 02, Januari-Februari

Rabbani, A. R., & Khairiah, K. (2012). Evaluasi Fungsi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Di Bengkulu. Al-Khair Journal: Management, Education, and Law, 2(2), 83-94. http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i2.9312

Ramadina, Rifda, dkk,(2023) “Peran Supervisi Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan mengajar” . SUBLIM: Jurnal Pendidikan Volume 02, Issue 01 April, https://ummaspul.e-journal.id/Sublim

Ridwan, dkk , (2023), Pengembangan Kurikulum Pesantren Modern Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar, AL-Ilmi Jurnal Kajian Islam & Pendidikan Vol 3 No 2 Tahun.

Rusman, (2012)Manajemen Kurikulum Jakarta: Rajawali Pers.

Saifullah, U., (2012), Manajemen Pendidikan Islam, Pustaka Setia: Bandung,

Setiawan, Farid, dkk, (2022) Manajemen Kurikulum di SMA Negeri 1 Sewon, A N W A R U L Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 2, Nomor 1, Februari

Subhi, I. (2020). Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35-56. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.213

Sulaeman, D., Yusuf, R., Damayanti, W., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71-77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035

Suminah, dkk, (2022) Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Analisis Konsep Dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan), Unisan Journal: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, Vol. 01 No. 04

Sutikno, Yadi, Hosan, dan Irawati, (2022), Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jurnal Maitreyawira, Volume 3, Nomor 2, November

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36.

Wirejati, W. (2019). Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa Kelas IX. A SMPN 7 Pujut pada Materi Sistem Ekskresi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Jurnal Paedagogy, 6(2), 59-65.

Yuliana, Anaas Tri Ridlo Dina dkk, (2023) Pengembangan Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, Vol. (07) (01), (Juni).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2612

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2612.g2182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Shidiq, Vera Nopianti, Kardiyo Kardiyo



Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :