Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 145 Seluma

Aprizal Syafriantoni, Adisel Adisel, Anggi Santika, Reska Norda Lesti, Siti Nabilah

Abstract


Abstract: Teacher performance has not been effective, because the role of the principal's leadership has not been optimal, characterized by the principal finding it difficult to understand the nature or character of teachers and employees, so that teacher performance has not been optimal. The purpose of the study was to map and describe the leadership role of the Principal in improving the effectiveness of teacher work in Sekolah SD Negeri 145 Seluma. Using qualitative descriptive methods with a Purposive Sampling technique approach. The results showed that the principal of SDN 145 Seluma carried out his role as an educator by creating a conducive school climate and providing encouragement and advice; as managers by empowering teachers through collaboration, involving teachers in upgrading, and involving teachers in decision making; as an administrator with administrative and financial management; as a supervisor by supervising and preparing educational supervision programs; as a leader by providing instructions, increasing teacher will, and opening two-way communication; as an innovator by setting an example and developing innovative learning models; As a motivator by providing motivation to teachers, as well as regulating the physical environment and work atmosphere. So it can be concluded that the leadership role of the principal has played a role in improving employee performance, but still finds it difficult to understand the nature or character of teachers and employees, so that teacher performance has not been effective, therefore, the author can suggest, if you want to improve the effectiveness of teacher performance, then increase the leadership role of the principal as if.

Keywords: Leadership Role, Principal, Teacher Work Effectiveness

 

Abstrak: Kinerja guru belum efektif, dikarenakan peran kemimpinan kepala sekolah belum optimal, ditandai dengan kepala sekolah merasa kesulitan dalam memahami sifat atau karakter guru dan pegawai, sehingga kinerja guru belum optimal.  Tujuan penelitian untuk memetakan dan mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di Sekolah Dasar Negeri 145 Seluma. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SDN 145 Seluma melaksanakan perannya sebagai pendidik dengan menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan memberikan dorongan dan nasehat; sebagai manajer dengan memberdayakan guru melalui kerjasama, mengikutsertakan guru dalam penataran, dan melibatkan guru dalam pengambilan keputusan; sebagai administrator dengan mengelola administrasi dan keuangan; sebagai supervisor dengan melakukan pengawasan dan penyusunan program supervisi pendidikan; sebagai pemimpin dengan memberikan petunjuk, meningkatkan kemauan guru, dan membuka komunikasi dua arah; sebagai inovator dengan memberikan teladan dan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif; sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada guru, serta mengatur lingkungan fisik dan suasana kerja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah sudah berperan dalam meningkatkan kinerja pegawai, namun masih merasa kesulitan dalam memahami sifat atau karakter guru dan pegawai, sehingga kinerja guru belum efektivitas, oleh karena itu, penulis dapat menyarankan, jika ingin meningkatkan efektivitas kinerja guru, maka tingkatkan peran kepemimpinan kepala sekolah di seolah.

Kata Kunci: Peranan Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Efektivitas Kerja Guru

Full Text:

PDF

References


aftar Pustaka

Alim, A. N. (2017). Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(01), 59-70.

Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1–11. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/435

Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(1), 43-60.

Hendra, R., Faizah, H., & Gimin, G. (2023). Efektivitas Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Al-Birru Kota Pekanbaru. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Huberman, M. (1990). Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study. American Educational Research Journal, 27(2), 363–391. https://doi.org/10.3102/00028312027002363

Joewono. 2002. Pokok - Pokok Kepemimpinan Abad 21. Balai Pustaka. Jakarta. Hal 150.

Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219–229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p219-229

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The effects of university leadership management: efforts to improve the education quality of state institute for Islamic studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 239-266.

Khairiah, K., & Zakaria, Z. (2019, April). Organizational Culture and the Improvement of Teacher Performance. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 250-253). Atlantis Press.

Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 91-110

Khairiah, K. (2021). Kinerja Guru Dalam Perspektif Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja.

Khairiah, Akbarjono, Zubaedi, Mus Mulyadi, & Irsal. (2023). Misperceptions of Leadership in Education Management in the Metaverse Era . Migration Letters, 20(6), 465–481. https://doi.org/10.59670/ml.v20i6.3498

Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 91-110.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1).

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Hal 105.

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106.

Rusmawati, V. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Negara, 1(2), 1-19.

Saugadi, S. (2020). Efektivitas kinerja guru bersertifikasi. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2604

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2604.g2174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aprizal Syafriantoni, Adisel Adisel, Anggi Santika, Reska Norda Lesti, Siti Nabilah



Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :