Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Bengkulu
Abstract
Abstract: Teacher performance is still relatively low, characterized by the low ability of teachers to meet educational standards, such as pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence both partially and simultaneously. The purpose of this study is to map and analyze the role of leadership management in improving teacher performance. Using descriptive qualitative methods with literature review education. Sources of information are obtained from scientific books, scientific articles both nationally and internationally. The results showed that the role of leadership management became very decisive and very important in improving teacher performance. Leadership has played a role in managing educational institutions, seen changes made by leadership, innovating, playing a role in growing school culture, acting as a work partner, has established cooperation between school residents and has organizational goals. Especially playing a role in improving teacher performance such as always providing guidance, direction to teachers, so that teachers have the ability to carry out their main duties, functions and responsibilities. Such as, compiling lesson plans, implementing learning, evaluating learning outcomes, carrying out follow-up learning achievement results. Thus, it can be suggested to improve teacher performance, hence increase the role of leadership management in madrasas.
Keywords: Roles, Leadership Management, Teacher Performance
Abstrak: Kinerja guru masih tergolong rendah, ditandai dengan rendahnya kemampuan guru dalam memenuhi standar pendidikan, seperti kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan menganalisis peran manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendidikan kajian pustaka. Sumber informasi didapat dari buku-buku ilmiah, artikel-artikel ilmiah baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran manajemen kepemimpinan menjadi sangat menentukan dan sangat urgen dalam meningkatkan kinerja guru. Kepemimpinan telah berperan mengelola lembaga pendidikan, terlihat perubahan yang dilakukan oleh kepemimpinan, melakukan inovasi, berperan dalam menumbuhkan budaya sekolah, berperan sebagai partner kerja, telah menjalin kerjasama antar warga sekolah dan memiliki tujuan organisasi. Khususnya berperan dalam meningkatkan kinerja guru seperti senantiasa memberikan bimbingan, arahan kepada guru-guru, sehingga para guru telah memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya. Seperti, menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi hasil pembelajaran, melaksana tindak lanjut hasil prestasi pembelajaran. Dengan demikian, dapat disarankan untuk meningkatkan kinerja guru, maka tingkatkan peran manajemen kepemimpinan di madrasah.
Kata kunci: Peran, Manajemen Kepemimpinan, Kinerja GuruFull Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Amirotun Sholikhah. 2016. Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif’, Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. 10.2. 342–62 .
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi akademik dan bagaimana kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112.
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Khairiah, K. (2021). Kinerja Guru Dalam Perspektif Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja.
Khairiah, K., & Wijiati, M. (2022). Model Pembelajaran Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAUD. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 1-13.
Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The effects of university leadership management: efforts to improve the education quality of state institute for Islamic studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 239-266. DOI: http://10.14421/jpi.2018.72.239-266
Khairiah, K., Mubaraq, Z., Asmendri, A., Hendriani, S., Musa, D. T., & Sihombing, A. A. (2022). Delegitimization of Leadership in Overcoming Difficulties in Online Learning during the COVID-19 Pandemic. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(3), 726-739.
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219–229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p219-229
Kompas. 2010. Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/05/03121837/Evaluasi.Kinerja.Guru. Bersertifikasi.
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0-5.
Mahananingtyas, E., Lesnussa, A., & Nussy, H. (2021). Peran Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Sd Inpres 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 9(1), 11-26.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106.
Mutadi, Mudofir, & Munadi, M. (2021). Peran Manajemen Kepemimpinan, Pelatihan Dan Supervisi Terhadap Pedagogical Content Knowledge Di Madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 638-647. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2527
Pertiwi, Nunu; Atmaja, Hanung Eka. Literature Review: Peran Kepemimpinan Dalam Manajemen Perubahan Di Organisasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 576-581, dec. 2021. ISSN 2621-4695. Available at: . Date accessed: 05 dec. 2023. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i2.324
Purwanti, S. (2016). Peranan kepala madrasah terhadap kinerja guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 92-102.
Sahabuddin. 2014. Sertifikasi guru, kesejahteraan meningkat tetapi kinerja tetap? http://wacana.siap.web.id/2014/09/sertifikasi-guru-kesejahteraan-meningkat-tetapi-kinerja-tetap.html#.VGNmQVNtOLN, Baca Juga: Sunantri, Merawati. 2013. Kinerja dan Kualitas Guru Sertifikasi Dikeluhkan. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_solo/2013/11/26/181004/Kinerja-dan-Kualitas-Guru-Sertifikasi-Dikeluhkan
Sari, J. D. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846
Siti Suherni, E., Zohriah, A., & Bachtiar, M. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Pada Kajian Manajemen Pendidikan Islam. Journal on Education, 6(1), 2515-2522. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3275
Sumiati, T. (2023). Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 33-41.
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332-338. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Organisasi: Studi Kasus Konflik Internal Partai Demokrat dalam Perebutan Kepemimpinan. Tanah Pilih, 1(2), 91-107.
Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013
Yusrizal, Soewarno S, Zarlaida Fitri. (2011). Evaluasi Kinerja Guru Fisika, Biologi dan Kimia SMA yang Sudah Lulus Sertifikasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/download/ 1097/1149.
Yoki Yusanto. (2020). Various Qualitative Research Approaches. Journal of Scientific Communication (Jsc). 1.1. 1–13.
Zubaidah, Z., Muhajir, A., Barus, J., & Khairiah, K. (2022). Optimalisasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pidie Jaya. Annizom, 7(1), 112-121.
Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2601
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2601.g2172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sarah Wulandari, Errick Avra, Reri Aprizal, Diana Riyanti, Yesi Agustina, Novya Safitri, Pardi Pardi, Elvina Rosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







