Meningkatkan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, J.T. dan Suryati, S. (2023) “Pembelajaran Ear Training Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Musikalitas,” Promusika, 11(1), hal. 50–64. Tersedia pada: https://doi.org/10.24821/promusika.v11i1.8961
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.
Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Badru, Z., & Eliyawati, C. (2010). Media pembelajaran anak usia dini. Bandung: Penerbit Upi. Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jid.v12i1.444
Erwiza, E., Kartiko, S., & Gimin, G. (2019). Factors affecting the concentration of learning and critical thinking on student learning achievement in economic subject. Journal of Educational Sciences, 3(2), 205–215.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Febriani, F., Syafar, S., & Rukiyah, R. (2019). Pengembangan Permainan Pesan Berantai Untuk Konsentrasi Anak Di Kelompok A TK Kartika Ii-1 Palembang. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.36706/jtk.v6i1.8352
Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. 143–148. http://repository.unp.ac.id/11244/
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.
Latifah, K., & Habib, Z. (2014). Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan Guru Mengajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang. Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6375
Binti Khabibah, A. W. (2019). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 174–192. Noto Nagoro, A. W. (2018). Membangun Sosial Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(2), 9–15.
Risma Maula, A. W. (2018). Pengembangan Game Imajinasi Anak Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(2), 129–143.
Siti Cholifatul, A. W. (2019). Mengembangkan Pengetahuan Kognitif Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 241–258.
Siti Khotimah, A. W. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Klasifikasi Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 215–240.
Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3504
Pura, D. N., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi. Early Childhood Research and Practice, 1(01), Article 01.
Setiyani, D. (2023). Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Dengan Metode Percobaan Sains Sederhana Di RA Perwanida XXVI Jatisrono Kabupaten Wonogiri [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo]. https://doi.org/10/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf
Sutari, S. (2023). Metode Eksperimen Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Damhil Education Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1731
Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. PT. Remaja Rosdakarya. //opac.iainlhokseumawe.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D8303
Wathon, A. (2019). Meningkatkan Nalar Siswa Dengan Pembelajaran Animasi. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 1–17.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v8i1.8900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Deri Sukma Wijayanti, Berliana Kusuma Dewi, Alwin Yunsa Nurhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
 






