PERILAKU DISRUPTIF ANAK USIA DINI: PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA
Abstract
Perilaku disruptif pada anak usia dini adalah perilaku anak yang cenderung mengganggu dan/atau berpotensi mengganggu orang lain sebagai perwujudan dari permasalahan mereka. Perilaku disruptif ini dapat terjadi pada anak usia dini khususnya pada jenjang Taman Kanak-kanak. Perilaku ini harus dikendalikan, karena jika terus dibiarkan berpotensi menjadi perilaku yang berulang, permanen dan akan menjadi permasalahan di masa yang akan datang, bahkan dapat terbawa hingga mereka dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang apa, penyebab dan bagaimana mengatasi perilaku disruptif pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik library research. Hasil analisis mendapatkan bahwa perilaku disruptif disebabkan faktor internal, yaitu genetik (keturunan) dan temperamen anak (bawaan), sedangkan faktor eksternal seperti kondisi lingkungan dan pola asuh orang tua. Beberapa metode telah berhasil mengurangi perilaku disruptif pada anak, seperti peran orang tua, program authoritative parenting, penggunaan token ekonomi, penerapan Parent-Child Interaction Therapy (PCIT), dan konseling keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalo, I. G., & Widiastuti, A. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.622
Asizah. (2015). Children Disruptive Behavior Well-being : Pentingnya Hubungan Anak dan Orang Tua. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 46–54.
Chavez-Arana, C., Catroppa, C., Yáñez-Téllez, G., Prieto-Corona, B., de León, M. A., García, A., & Anderson, V. (2020). A parenting program to reduce disruptive behavior in hispanic children with acquired brain injury: A randomized controlled trial conducted in mexico. Developmental Neurorehabilitation, 23(24), 218–230.
Finsaas, C.M., Kessel, E.M., Dougherty, L.R., dkk. (2018). Early Childhood Psychopathology Prospectively Predicts Social Functioning in Early Adolescence. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, 1-12.https://doi.org/,DOI:10.1080/15374416.2018.1504298
Hong, J. S., Tillman, R., & Luby, J. L. (2015). Disruptive behavior in preschool children: Distinguishing normal misbehavior from markers of current and later childhood conduct disorder. Journal of Pediatrics, 166(3), 723-730.e1. https://doi.org/10.1016/j.jpeds.2014.11.041
Ingels, J., Corso, P., Prinz, R., Metzler, C.S.M. (2022). Online-Delivered Over Staff-Delivered Parenting Intervention for Young Children With Disruptive Behavior Problems: Cost-Minimization Analysis. JMIR Pediatri Parent, 5(1), 1–10. https://doi.org/DOI: 10.216/3075
Magelang, M., & Japar, M. (2017). Parents’ Education , Personality , and Their Children’ s Disruptive Behaviour. 10(3), 227–240.
Maharani, E. A., & Puspitasari, I. (2019). Deteksi Gangguan Emosi dan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.566
Mudhar, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meminimalkan Perilaku Disruptif. Wahana, 70(1), 39–45. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i1.1566
Novitasari, R. (2016). Kecenderungan perilaku disruptif pada anak usia prasekolah ditinjau dari stres pengasuhan ibu. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), 61–70.
Paramita, A. D., Hadis, F. A., & Hartiani, F. (2019). Penerapan Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) untuk Menangani Masalah Perilaku Disruptive pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 10(01), 45–54. https://doi.org/10.35814/mindset.v10i01.738
Piquero, A.R., Jennings, W.G., Diamond, B, dkk. (2016). A meta-analysis update on the effects of early family/parent training programs on antisocial behavior and delinquency. J Exp Criminol, 12(June 2016), 229–248. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11292-016-9256-0
Poppert-Cordts, K.M., Wilson, A.C., Riley, R.A. (2020). More than Mental Health: Parent Physical Health and Early Childhood Behavior Problems. J Dev Behav Pediatr, 4(May; 41), 265–271. https://doi.org/doi: 10.1097/DBP.0000000000000755.
Rahman, T. A., & Ningrum, D. S. A. (2021). Program Authoritative Parenting Untuk Mereduksi Perilaku Distruptif Pada Anak. Al-Khidmat, 4(2), 94–100. https://doi.org/10.15575/jak.v4i2.11961
Scattolin, M. A. D. A., Resegue, R. M., & Rosário, M. C. D. (2022). The impact of the environment on neurodevelopmental disorders in early childhood. Jornal de Pediatria, 98, 66–72.
Valero-Aguayo, L., Rodríguez-Bocanegra, M., Ferro-García, R., & Ascanio-Velasco, L. (2021). Meta-analysis of the efficacy and effectiveness of Parent Child Interaction Therapy (PCIT) for child behaviour problems. Psicothema, 33(4), 544–555. https://doi.org/doi: 10.7334/psicothema2021.70
Wiguna, T., Manengkei, P.S.K., Pamela C., Rheza, A. M., & Hapsari, W.A. (2010). Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak danRemaja di Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja RSUPNdr. Ciptomangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sari Pediatri, 12(4), 270–277.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i2.6977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ulya Rahmanita, Nelly Marhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
toto slot
bandar togel
situs togel