IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B DI PAUD IT AL-QISWAH PEKAN SABTU KOTA BENGKULU

Nurul Fatoni Ikromah, Evi Silva Nirwana

Abstract


Evaluasi pendidikan inklusif di PAUD al-qiswah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping khusus di PAUD al-Qiswah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai makna data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun rencana berupa program kerja guru asisten khusus yang berisi agenda kegiatan bagi siswa berkebutuhan khusus selama satu tahun. Proses pelaksanaannya melibatkan tenaga kependidikan. Evaluasi pendidikan inklusif di PAUD al-Qiswah dilaksanakan setiap enam bulan sekali sebelum menerima rapor.

Keywords


implementasi, inklusif pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.

Dewi, P. S. D. (2020). PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK RARE BALI SCHOOL). Universitas Pendidikan Ganesha.

Diponegoro, D. A. R. I. (2010). Al Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit.

Giovani, E. (2022). Peran guru dalam melaksanakan pendidikan inklusi di paud alam mahira kota bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis data kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Indonesia, U.-U. D. N. R. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Dalam Satu Naskah. Jdih. Bapeten. Go. Id.

Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter Pra Sekolah). Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Khoyimah, A. N., Khasanah, A., & Kultsum, U. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi di TK Desa Mranggen 01 Sukoharjo. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 291–302.

Kustawan, D., & Meimulyani, Y. (2013). Mengenal pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus serta implementasinya. PT. Luxima Metro Media.

Madyawati, L., & Zubadi, H. (2020). Pelayanan anak berkebutuhan khusus di PAUD Inklusi. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 1–13.

Musfiroh, T. (2008). Memilih, menyusun, dan menyajikan cerita untuk anak usia dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nasional, K. P. (2009). Undang-undang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003. Bandung: Fokus Media.

NIKEN, M. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI PAUD INKLUSI CERIA PAHOMAN BANDAR LAMPUNG. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(2).

Smart, A. (2010). Anak cacat bukan kiamat metode pembelajaran dan terapi untuk ABK [Children with disabilities are not apocalypse learning methods and therapies for ABK]. Yogyakarta: Kata Hati.

Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan baru, beberapa metode pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus.

Wahidin, A., & others. (2018). Dialektika Rasulullah Terhadap Al-Quran. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(02), 185–210.

Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2m Stkip Siliwangi, 4(2), 7–11.

Zubaidah, Z. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Madaniyah, 6(2), 260–275.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v7i2.4992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Fatoni Ikromah, Evi Silva Nirwana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online