PENDIDIKAN PRAMUKA PRASIAGA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI: ANALISIS KEBUTUHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa dan program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto terkait pendidikan kepramukaan Prasiaga. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis kebutuhan (training needs assessment). Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa belum mengetahui tentang kegiatan Prasiaga dalam pendidikan anak usia dini. Namun, mereka menganggap materi kepramukaan penting untuk dimasukkan ke dalam kurikulum program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Beberapa rekomendasi diajukan, yaitu: pertama, memasukkan mata kuliah kepramukaan ke dalam kurikulum untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang kepramukaan; kedua, mengadakan pelatihan kursus pembina pramuka untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menjadi pembina pramuka yang kompeten; ketiga, mengadakan kursus orientasi kepramukaan untuk memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip dan nilai-nilai kepramukaan. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan mahasiswa lebih siap mengintegrasikan kegiatan kepramukaan Prasiaga ke dalam pembelajaran anak usia dini, memperkaya pengalaman belajar, serta memperkuat pendidikan karakter dan kemandirian anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A. ., Nofirman, N., & Rukhmana, T. . (2022). Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4303–4311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7307
Ali, A., Abduloh, A. Y., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Pendidikan Akhlak dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia, 2(1), 38-47. https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5310
Ali, M. D. (2020). Prasiaga Sebuah Upaya Kolaboratif untuk Mengembangkan Karakter Kebangsaan bagi Anak Usia Dini Menuju SD Unggul di Masa yang Akan Datang. Deepublish.
Barbazette, J. (2006). Training Needs Assessment: Methods, Tools and Techniques. Pfeiffer.
Briggs, J. L. (1991). Instructional Design: Principle and Application. Educational Technology.
Desmiwati, D., Wulandari, B. A., & Ali, M. (2022). Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Dasar Di Gugus Muhajirin. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 44-59. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19507
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2019). Pedoman Prasiaga Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Wahana Penanaman Karakter Kebangsaan. t.p.
Djaali, D. (2012). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Harususilo, Y. E. (2019, August 14). Hari Pramuka, Gerakan Prasiaga PAUD/TK akan Diresmikan Jokowi Hari Ini. Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/08/14/10125871/hari-pramuka-gerakan-prasiaga-paudtk-akan-diresmikan-jokowi-hari-ini
Hidayati, R. P., Mulyana, E. H., & Elan. (2020). Kebutuhan Dasar Pengembangan Rancangan Rencana Pelaksanaan Latihan Pramuka Prasiaga Untuk Memfasilitasi Sikap Ilmiah Anak. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 242-257. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30444
Hudaeni, H. (2023). Gerakan Pramuka Sebagai Sarana Pendidikan Karakter di MTs NW Benyer Lombok Timur. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 13-22. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/article/view/2500
Manan, A. (2012). Pendidikan Islam: Proses Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 2 (1), 4. https://doi.org/10.36835/hjsk.v2i1.352
Maulana, I. (2019, February 8). Cianjur Pelopor Prasiaga. Pramuka Cianjur. http://www.pramukacianjur.or.id/2019/02/cianjur-pelopor-prasiaga.html
Munastiwi, E. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369-378. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09
Ningsih, W. L. (2023, July 12). Kapan Gerakan Pramuka Indonesia Dimulai?. Kompas.com.
https://www.kompas.com/stori/read/2023/07/12/180000079/kapan-gerakan-pramuka-di-indonesia-dimulai?page=all
Rahayu, M. H. S. (2019). Aktualisasi Pramuka Pra Siaga dan Proses Pembinaannya dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 28 (2): 147-154. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.342
Ridwan, A. & Supriyoko, S. (2014). Pengaruh Prestasi Belajar Kelistrikan dan Prestasi Kewirausahaan Terhadap Minat Bekerja pada Siswa SMK Islam Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Taman Vokasi, 2(II), 216-228.
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter adalah Sebuah Keharusan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113-127. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media.
Supriyadi, S., Susanti, A., Elliza, E., Purwanti, E., Naif, M. M., Nureda, N., Syarifah, R. U., Handayani, D. H., Baby, I., Tanjung, D. P., Nurkamisah, N., Yuliana, N., & Romlah, L. (2023). Evaluasi Program Pramuka Prasiaga. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1839-1847. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1821-1846.2023
Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Prenadamedia Group.
Untung, S. H., Pramono, I. A., Khasanah, L., Awwaluddin, A., Kholis, N., Muddin, M. I., Asnawi, A.R., & Maulana, A. R. M. (2023). The Gold Age of Childhood: Maximizing Education Efforts for Optimal Development. Proceedings of the International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ICIGR 2022), 1, 261-269. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-052-7_30
Waluyo, W., & Listiyowati, L. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Tradisional Jamak. Prenadamedia Grup.
Witkin, B. R. (1984). Assessing Needs in Educational and Social Programs. Jossey-Bass Publisher.
Yunus, M. & Wedi, A. (2019). Konsep Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Keluarga. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran Sepanjang Hayat), 5 (1), 31-37. http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i12018p031
Redaksi Media Koran Nusantara. (2018, August 14). Jokowi Resmikan Gerakan Pramuka Prasiaga Tingkat PAUD di Cibubur. Media Koran Nusantara. https://mediakorannusantara.com/jokowi-resmikan-gerakan-pramuka-prasiaga-tingkat-paud-di-cibubur/.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v8i1.4985
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dewi Ariyani, Ellen Prima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
toto slot
bandar togel
situs togel