ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI RASIO PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DI KB MUTIARA KARANGGONDANG

Nur Aini, Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstract


Era globalisai menuntut untuk meningkatkan sumber daya manusia, sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui pendidikan Anak Usia Dini. Proses pembelajaran yang efisien suatu lembaga dapat tercipta salah satunya dari pendidik. Pendidik bermutu akan memenuhi standar-standar yang sesuai dengan kualifikasi akademik dan berkompeten dibidangnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manjemen pembelajaran ditinjau dari rasio pendidik dan peserta didik disatuan pendidikan Anak Usia Dini yang ditinjau dari struktur organisasi dan proses pembelajaran PAUD. Metode penelitian yang diterapkan dalam penulisan ini adalah kualitatif. Manajemen pembelajaran ditinjau dari rasio peserta didik pada KB Mutiara Karanggondang belum sesuai dengan rasio peserta didik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. KB Mutiara kelas PSA1 berusia 4-6 Tahun memiliki 23 peserta didik dengan 1 orang pendidik, yang harusnya maksimal hanya 15 peserta didik dalam 1 kelas. Rasio pendidik pada pelayanan TPA yang harus dipenuhi yaitu 1:4 peserta didik. Layanan (KB) rasio pendidik dan peserta didik yaitu 1:8. Taman Kanak-kanak (TK) dengan usia 4-6 t Tahun memiliki rasio 1:15 dengan arti 1 pendidik maksimal 15 peserta didik. Berdasarkan seluruh rasio yang sudah dijelaskan baik pendidik KB maupun TK sebaiknya tidak melayani lebih dari 15 orang peserta didik, jika terjadi sebaiknya menggunkana pendidik pendamping supaya proses pembelajaran tetap berjalan secara kondusif.

Keywords


manajemen pembelajaran, rasio pendidik, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Azwardi, A. A. (2015). Manajemen Pembelajaran Paud. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9 (1).

Buchari, A. (2018). Peran pendidik dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124

Chugh R, Ledger S, Shields R (2017) Curriculum design for distance education in the tertiary sector. Turk Online J Dist Educ 18:4–15

Hadiati, E., & Fidrayani, F. (2019). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 69-78

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41-48.

Lestariningrum, A., Lailiyah, N., Forijati, R., Wijaya, I. P., Wulansari, W., Iswantiningtyas, V., ... & Dwiyanti, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Bayfa Cendekia Indonesia.

Marjanis, M., Rifma, R., & Syahril, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Inovasi Unggulan Di Masa Pandemi Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 128-135.

Mulholland, M., & O'Connor, U. (2016). Collaborative classroom practice for inclusion: Perspectives of classroom teachers and learning support/resource teachers. International journal of inclusive education, 20(10), 1070-1083.

Nurussama, A. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa. BASIC EDUCATION, 8(5), 510-520.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran pendidik dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Putra, M. R. E., Prananosa, A. G., & Marianita, M. (2018). Manajemen Tenaga Pendidik SDIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(1), 38-47

Radiana, U., & Tursina, N. (2022). Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Rangka Optimalisasi Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah/Sekolah. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 57-72

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209-1220

Sebastian, J., Allensworth, E., & Huang, H. (2016). The role of teacher leadership in how principals influence classroom instruction and student learning. American Journal of Education, 123(1), 69-108

Sibarani, B. (2022). Strategi Meneliti dan Mengajar Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pascal Books.

Sutisna, A. (2016). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada pendidikan kesetaraan program paket c dalam meningkatkan kemandirian belajar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156-168

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran pendidik dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-202.

Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembelajaran Paud Berbasis Kearifan Lokal dalam Perspektif Filosofi Merdeka Belajar. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 123-148




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v7i2.4414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Aini, Muhammad Nofan Zulfahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online