TRANSFORMASI PEMBELAJARAN: MEWUJUDKAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING

Farida Turohmah, Muhammad Hanif

Abstract


Penelitian ini bermula dari kesadaran akan kekurangan proses pembelajaran yang monoton dan kurangnya variasi dalam pengembangan model pembelajaran, menyebabkan siswa mudah merasa bosan, dan kurangnya semangat serta interaksi yang memadai antara guru dan siswa, yang dapat berdampak pada hasil belajar. Tujuan utama penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini adalah untuk memberikan deskripsi tentang implementasi model pembelajaran Project-Based Learning pada Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan kepala sekolah dan guru SMK Farmasi Majenang sebagai sumber data. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran Project-Based Learning pada Kurikulum Merdeka di SMK Farmasi Majenang telah berjalan dengan baik, melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang mendalam, serta adaptasi dengan profil pelajar Pancasila. Meskipun terdapat kendala kecil, implementasi model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan interaksi di sekolah tersebut.

Keywords


Model Pembelajaran, Project-Based Learning, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2023). Implementasi Kurikulum

Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah.

Andragogi: Jurnal Diklat Teknis

Pendidikan Dan Keagamaan, 11(1).

https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1

.310

Akhyaruddin, A. (2022). Implementasi Project

Based Learning-Case Method (PjBL-CM)

dalam Pembelajaran Morfologi Bahasa

Indonesia. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1).

https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.243

Akhyaruddin, A., & Yusra, H. (2023). Implementasi

Model Project Based Learning (PjBL) dalam

Pembelajaran Sintaksis Bahasa Indonesia.

Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1).

https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.423

Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI

KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH

DASAR IMPLEMENTATION OF

KURIKULUM MERDEKA IN

ELEMENTARY SCHOLL. Jurnal Ilmiah

KONTEKSTUAL, 4(02).

Anas, Ibad, A. Z., Anam, N. K., & Hariwahyuni, F.

(2023). Implementasi Kurikulum Merdeka

Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis

Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022).

Journal of Creative Student Research

(JCSR), 1(1).

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022).

Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam

Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1).

Asmi, A. W., Rahmat, F., & Adnan, M. (2022). The

Effect of Project-Based Learning on

Students’ Mathematics Learning in

Indonesia: A Systematic Literature Review.

International Journal of Education,

Information Technology and Others, 5(4).

Bender, W. N. (2012). Project-Based Learning:

Differentiating Instruction for the 21st

Century. In CORWIN a Sage Company (Vol.

, Issue 5).

Budiantoro, T. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar

Mata Kuliah Bahasa Indonesia melalui

Model Pembelajaran Project Based

Learning. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(1). https://doi.org/10.34128/jht.v5i1.50

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, &

Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan

Kurikulum Merdeka Dalam Satuan

Pendidikan Serta Implementasi

Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran

Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan

Pengajaran, 1(02).

https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Creswell, J., & Poth, C. (2016). Second Edition

QUALITATIVE INQUIRY&

RESEARCH DESIGN Choosing Among

Five Approaches. In SAGE Publications

(Vol. 3).

Didin, W., & Zubaedah Wiji, L. (2020). THE

IMPLEMENTATION OF PROJECTBASED LEARNING APPROACH IN

STUDENTS’ CREATIVITY

PROGRAMS IN INDONESIA.

Humanities & Social Sciences Reviews,

(3).

https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8375

Fadhli, R., Suharyadi, A., Firdaus, F. M., &

Bustari, M. (2023). Developing a digital

learning environment team-based project

to support online learning in Indonesia.

International Journal of Evaluation and

Research in Education, 12(3).

https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.2404

Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., & ...

(2021). Meta Analysis: The Effectiveness

Of Using Project Based Learning

Methods In Vocational Education. Jurnal

Pedagogi ….

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum

Merdeka Di Sekolah Penggerak.

Pahlawan: Jurnal Pendidikan-SosialBudaya, 18(2).

https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas

Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 5(1).

Flemming, Duoghlas. S. (2000). A Teacher’s Guide

to Project-Based Learning. In Charleston.

Fuadin, A., & Fauziya, D. S. (2022).

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT

BASED LEARNING DALAM MATA

KULIAH WAJIB UMUM BAHASA

INDONESIA. Semantik, 11(1).

https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p1

-110

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Kharunnisa, L., Siregar,

W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi

Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak

SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang

Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,

(6).

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika

Guru Dalam Mengimplementasikan

Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan

DIDAXEI, 3(2).

Irmade, O., Sumantri, M. S., & Solihatin, E. (2023).

Project-based learning research trends in

Indonesia: Bibliometric analysis. THE 3RD

INTERNATIONAL CONFERENCE ON

SCIENCE, MATHEMATICS,

ENVIRONMENT, AND EDUCATION:

Flexibility in Research and Innovation on

Science, Mathematics, Environment, and

Education for Sustainable Development,

https://doi.org/10.1063/5.0105771

Joydiana, M. (2023). PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN PROJECT BASED

LEARNING UNTUK MENINGKATKAN

HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

KELAS II SDN 01/IV KOTA JAMBI.

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 9(2).

https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.921

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran

Paradigma Baru Kurikulum Merdeka

Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat UBJ, 5(2).

https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1

Kristiawan, M., Edosomwan, H. S., Oktaria, S.

D., & Viona, E. (2021). Entrepreneurial

skill development in Indonesia and

Nigeria through project-based learning.

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan

Indonesia), 7(3).

https://doi.org/10.29210/020211174

Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis

Kesiapan Guru SMP di Demak dalam

Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal

Cakrawala Ilmiah, 2(6).

Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip,

H. (2022). Pengembangan perangkat

pembelajaran kurikulum merdeka belajar.

Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1).

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar

Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi,

(2).

Miles, M., & Huberman, A. (2014). Miles and

Huberman. In Qualitative Data Analysis:

An expanded sourcebook.

Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S.

(2023). Analisis Implementasi Kurikulum

Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda

Kedungwungu Indramayu). Jurnal

Pendidikan Dan Konseling, 5.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum

Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.

Prosding Seminar Nasional Pendidikan

Dasar, 1(1).

Ngadiso, N., Sarosa, T., Asrori, M., Drajati, N.

A., & Handayani, A. (2021). Projectbased Learning (PBL) in EFL learning:

Lesson from Indonesia. AL-ISHLAH:

Jurnal Pendidikan, 13(2).

https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.558

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk

pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi

Kurikulum, 19(2).

https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Oktaviani, R., & Marliana, N. L. (2021).

PENGEMBANGAN MODEL

PEMBELAJARAN PROJECT BASED

LEARNING PADA MATA KULIAH

PENYUNTINGAN BAHASA

INDONESIA BERBASIS TEKNOLOGI

INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Jurnal

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Metalingua, 6(2).

https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.11

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret

Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka

Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

(4).

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Ramadhan, A., & Sya’ban, M. B. A. (2022).

Pengaruh Model Pembelajaran Project

Based Learning pada Materi Dinamika

Kependudukan di Indonesia terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA

ANGKASA 1 Jakarta Tahun Pelajaran 2021-

Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.

Reni, O. ; N. L. M. (2021). Model, Pengembangan

Project, Pembelajaran Learning, Based

Mata, Pada Penyuntingan, Kuliah Indonesia,

Bahasa Teknologi, Berbasis Dan, Informasi.

Jurnal UTM, 6(2).

Rohmah, Z., Ikhsan, M., & Guntur, S. (2022).

Project Based Learning on Mathematics

Learning in Indonesia: A Systematic

Literature Review. Dirpub.Org.

Rojii, M., Istikomah, I., Aulina, C. N., & Fauji, I.

(2019). DESAIN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (Studi

Kasus di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo).

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen

Pendidikan Islam, 3(2), 49–60.

https://doi.org/10.33650/altanzim.v3i2.667

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan

Karakter dalam Pembelajaran IPS di

Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka.

Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).

Satriani, S. (2022). Rancangan Pembelajaran AlQur’an Hadis Berbasis Project Based

Learning Pada Madrasah Ibtidaiyah.

EDUKATIF : JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 4(3).

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.25

Susilowaty, N. (2020). Pengaruh model

pembelajaran Project based Learning

terhadap peningkatan kemampuan selfregulated learning Mahasiswa Universitas

Advent Indonesia. Jurnal Padegogik,

(1).

https://doi.org/10.35974/jpd.v3i1.2235

Taofik, D. B. I., & Susila, A. A. R. (2022).

Penggunaan Multimedia Presentasi pada

Model Pembelajaran Project Based

Learning (PjBL) untuk Meningkatkan

Kemampuan Menulis Peserta Didik

(Studi Kasus Pada Tema Ekosistem di

Kelas 5 SDN 6 Cikondang). CaXra:

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1).

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1574

Tsania, F. Q. P., & Surawan, S. (2022). Analisis

Kesiapan Dalam Menerapkan Kurikulum

Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah Manbail

Futuh Jenu. Prosiding SNasPPM, 7(1).

Ulfa Laulita, Marzoan, F. R. (2022). ANALISIS

KESIAPAN GURU DALAM

MENGIMPLEMENTASIKAN

ASESMEN DIAGNOSTIK PADA

KURIKULUM MERDEKA. JPIn: Jurnal

Pendidik IndonesiaJurnal Pendidik

Indonesia, 6(2).

Wajdi, F. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT

BASED LEARNING (PBL) DAN

PENILAIAN AUTENTIK DALAM

PEMBELAJARAN DRAMA INDONESIA.

Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra,

(1).

https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.69

Wijaya Saputra, D., & Sofian Hadi, M. (2022).

Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara

Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum

Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1).

Yuliana, M., Ahmad, J., & Hidayati, Y. M. (2022).

Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia

Melalui Model Pembelajaran Project Based

Learning Pada Siswa Kelas III Sekolah

Dasar. Educatif Journal of Education

Research, 4(3).

https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.216.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v7i2.4410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farida Turohmah, Muhammad Hanif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online