IMPLEMENTASI MODEL SIUUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DI RA.AL-MUNAWAROH TELAGA MURNI

Musarofah Musarofah, Nyai Mumun, Nihayaturaochmah Nihayaturaochmah, Sri Watini

Abstract


Tujuan penelitian meningkatkan kemampuan anak inklusi menghafal surat-surat pendek menggunakan model SIUUL. Subjek penelitian anak usia 4-6 tahun di RA. AlMunawaroh Telaga Murni Cikarang sebanyak 15 anak. Penelitian dilakukan selama bulan februari-april 2023. Metode dalam penelitian menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tahapan metode ini yakni 1) tahap simak, 2). tahap ucap, 3). tahap ulang. Kegiatan dilaksanakan dengan tiga siklus. Peningkatan hasil yang diteliti menunjukan kemampuan hafalan surat pendek dengan prosentase perolehan siklus I bisa hafal ayat pendek dengan lancar 58,5%, mampu mengingat atau menyebutkan bagian huruf, kata dan kalimat dengan artikulasi yang tepat 47,1%, mampu mengucapkan ketika diperintahkan guru 56,1%, siklus II mampu menghafal ayat pendek dengan lancar 66,7%, mampu mengingat atau menyebutkan bagian huruf, kata dan kalimat dengan artikulasi yang tepat 59%, mampu mengucapkan ketika diperintahkan guru 65,7% dan pada siklus III mampu menghafal ayat pendek dengan lancar 78,9%, mampu mengingat atau menyebutkan bagian huruf, kata dan kalimat dengan artikulasi yang tepat 84,1%, mampu mengucapkan ketika diperintahkan guru 84,3%.

Keywords


Model SIUUL, Mampu Hafalan Surat Pendek, Anak Usia Dini 4-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Ana Rafikayati1, Lutfi Isni Badiah2, B. S.

(2018). PENGARUH IMPLEMENTASI

LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI

SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN

DIRI ANAK BERKEBUTUHAN

KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH

INKLUSIF SMAN 10 SURABAYA.

Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa

Surabaya, 15(26), 151–157.

https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a

Anggia Ayu Sebrina & Dadang Sukirman.

(2018). IMPLEMENTASI

KURIKULUM PADA SEKOLAH

PENYELENGGARA PENDIDIKAN

INKLUSIF. JURNAL PENELITIAN

ILMU PENDIDIKAN, 11(2), 1–23.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/a

rticle/download/19748/11948

Ana Rafikayati1, Lutfi Isni Badiah2, B. S.

(2018). PENGARUH IMPLEMENTASI

LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI

SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN

DIRI ANAK BERKEBUTUHAN

KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH

INKLUSIF SMAN 10 SURABAYA.

Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa

Surabaya, 15(26), 151–157.

https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a

Anggia Ayu Sebrina & Dadang Sukirman.

(2018). IMPLEMENTASI

KURIKULUM PADA SEKOLAH

PENYELENGGARA PENDIDIKAN

INKLUSIF. JURNAL PENELITIAN

ILMU PENDIDIKAN, 11(2), 1–23.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/a

rticle/download/19748/11948

ArdeliaTifani6, A. H. . T. H. N. T. A. S. D.

(2021). PEMBELAJARAN DI MASA

PANDEMI BAGI SISWA

BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD

NEGERI 5 LUBAI. Staima-Alhikam, 1–

https://e-journal.staimaalhikam.ac.id/almudarris/article/downloadSuppFile/695/126

Aslan. (2017). Kurikulum Bagi Anak

Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal

Studia Insania, 5(2), 105–119.

http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Awwad, M. (2015). Urgensi Layanan

Bimbingan dan Konseling Bagi Anak

Berkebutuhan Khusus. Al-Tazkiah:

Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam,

(1), 46–64.

https://doi.org/10.20414/altazkiah.v4i1.7

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan

Inklusif Berbasis Budaya Lokal. In

PRENADAMEDIA GROUP (Edisi Pert,

Vol. 51, Issue 1). PRENADAMEDIA

GROUP (Divisi Kencana).

https://repository.unesa.ac.id/sysop/files/

-10-03_Buku1%20Budiyanto.pdf

Dewi Nugraheni 1, Lena Rosida2, O. I.

(2019). Pendidikan Inklusi Terhadap Anak

Berkebutuhan Khusus.

Https://Www.Academia.Edu/, 20–32.

https://lummens.ulm.ac.id/ojs3/index.php/pro

ceeding/article/view/4

Fauziah, Z. (2020). Pembelajaran al- qur’an

bagi anak berkebutuhan khusus di

sekolah inklusi aluna jakarta.

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bits

tream/123456789/51210/1/11150110000

_ZARA%20FAUZIAH%20-

%20Zara%20Fauziah.pdf

Herawati, N. I. (2016). PENDIDIKAN

INKLUSIF. Jurnal Pendidikan Dasar

Kampus Cibiru 2, 2(1), 1–11.

https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.275

Iip Ripai Azhuri1, Tedi Purbangkara2, N. S.

N. (2021). Survei Motivasi Belajar

Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah

Luar Biasa di Kabupaten Karawang Iip.

Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103.

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4000

Itah Fahitah, S. W. (2021). Meningkatkan

Kemampuan Membaca Pada Anak Usia

-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),

–34. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v5i01.760

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi

Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi

Permasalahan Sosial Anak Penyandang

Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of

Social Science Teaching, 1(1).

http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor

Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal

Pendidikan Anak, 7(2), 40.

http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.

Mariati, S. (2022). MENINGKATKAN

KEMAMPUAN SISWA DALAM

MENGHAFAL SURAT AL-KAFIRUN

MELALUI STRATEGI CARD SORT

DI KELAS VI SDN 2 SELAT HULU.

Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan

(FTIK) IAIN Palangka Raya

MENINGKATKAN, 2(2), 993–1003.

https://e-proceedings.iainpalangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/art

icle/download/1130/1166

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019).

Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.

Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu

Keislaman, 9(1), 49–60.

https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1

.283

Puspitasari, I., & Watini, S. (2022).

PENGEMBANGAN MODEL ATIK

UNTUK MENINGKATKAN

KOMPETENSI MENGGAMBAR PADA

ANAK USIA DINI. 3(2), 221–233.

http://jurnaledukasia.org/index.php/eduk

asia/article/view/87

Sahlia, S., Cahyani, F., & Watini, S. (2023).

IMPLEMENTASI MODEL SIUUL

DALAM PENGEMBANGAN

KETERAMPILAN BERBICARA

MELALUI ROLE-PLAYING CENTER

PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI

SPSN BALE PLAYING ABDI PRAJA.

SCIENTIA, 12(1), 1–8.

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1476

Siti Sahlia1, Yuli herlina2, Fatmi Cahyani3,

Karen Sunandar4, S. W. (2023).

IMPLEMENTATION OF THE SIUUL

MODEL IN DEVELOPING

SPEAKING SKILLS THROUGH

ROLE-PLAYING CENTERS IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS AT

SPSN BALE PLAYING ABDI PRAJA.

SCIENTIA, 12(1), 314–321.

https://doi.org/10.58471/scientia.v12i01.

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi

Model ATIK Dalam Meningkatkan

Kemampuan Bahasa Anak Melalui

Permainan Kartu Bergambar di RA

Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal

Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861.

http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.18

-1872.2022

Ustoyo, L. Z. M. S. V. V. A. (2020). Metode

Tikrari Untuk Meningkatkan Hafalan

Al-Qur’an Di Mi Al-Huda Sidoarjo.

Https://Ejournal.IaiTribakti.Ac.Id/Index.Php/Pgmi Article,

(March).

https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1053

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual

dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains

pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi :

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),

DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2022). Gambar 2 HKI Model

SIUUL No Pencatatan :

EC00202276419 18 Oktober 2022. HKI

Model SIUUL, Nomor Pencatatan :

EC00202276419, 18 Oktober 2022.

WATINI, S. (2022). Model Si-Uul.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v7i1.4402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Musarofah Musarofah, Nyai Mumun, Nihayaturaochmah Nihayaturaochmah, Sri Watini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online